Tips dan Trik Buat Menuhin Goodreads Reading Challenge Dalam 2 Bulan!

by - 9:47 PM

Photo by Andrew Le on Unsplash

Tahun 2019 tinggal 2 bulan lagi. Gimana reading challenge kamu? Kalo aku, tahun ini baru baca 14 buku dari target 100 buku.  Yaks!

Menurut Goodreads, aku masih bisa menuhin challenge 100 buku itu kalo setiap harinya aku baca 1.5 buku. Gimana caranyaaa? Ada beberapa tips dan trik yang sepertinya bakal ngebantu. 




READING EVERYWHERE!!
Kenapa buku yang dibaca baru dikit? Karena ngerasa gak ada waktu buat baca. Padahal kalo disempetin, kamu bisa baca buku di mana aja. Di kendaraan umum, pas ngantri boba milk tea, dan lainnya. Aku sendiri pernah nyoba baca buku di angkot pas berangkat kerja dan bisa baca sekitar 80 halaman. Pergi pulang bisa dapet 160 halaman dan dalam seminggu bisa beresin 1-2 buku.

Kalo rajin dilakuin, dalam 2 bulan, bisa beresin 16 buku. Lumayan kan. Tapi, segitu ada gak cukup.



BACA MANGA/KOMIK/GRAPHIC NOVEL
Manga, komik, dan graphic novel biasanya gak terlalu tebel. Isinya juga kebanyakan gambar, eh, gambar semua. Maka dari itu, proses bacanya pun bisa lebih singkat daripada baca novel yang isinya tulisan semua. Kalo niat dan nekat, kamu bisa baca lebih dari 5 manga/komik/graphic novel. Nah, coba dikaliin 10 hari?

Di tahun-tahun sebelumnya, aku pernah ngelakuin ini buat ngecapai target baca. Kayaknya bakal ngelakuin juga tahun ini hehehe. Ada saran seri manga yang rame buat dibaca?

BACA BUKU TIPIS SEPERTI NOVELA ATAU KUMPULAN CERPEN/PUISI
Kalo kamu ngerasa tips baca manga/komik/graphic novel agak ‘curang’, kamu bisa baca novel tipis yang biasa disebut novella. Buku kumpulan cerpen dan puisi juga bisa dicoba karena biasanya tipis. 

Ketika baca buku kumpulan cerpen, kamu bisa dapetin banyak cerita dalam satu buku. Kadang ada 1 cerita yang rame banget, tapi gak jarang ada 1 cerita yang agak ngebingungin.  



BACA BUKU YANG SUDAH DIADAPTASI KE FILM 
Sebagian pembaca lebih milih baca bukunya dulu sebelum nonton film adaptasinya. Sedangkan aku masuk ke pembaca yang lebih suka nonton filmnya dulu, terutama tanggal rilisnya kurang dari 6 bulan, lalu baca deh bukunya. Kenapa? Dengan nonton filmnya, aku bakal tau apakah ceritanya menarik dan apakah worth it buat baca bukunya. Selain itu, aku bakal lebih mudah dan cepat baca versi bukunya karena udah tau garis besar ceritanya.


Lah, nanti kan endingnya udah ketauan? Percayalah, film adaptasi gak selalu sama persis dengan bukunya. Pasti masih banyak cerita menarik yang tersimpan di bukunya.

Kalo filmnya belum rilis, nonton trailer, yang official atau fan made, sangat ngebantu. Contohnya aku yang dulu hampir nyerah baca The Girl on the Train. Aku nonton trailernya dan semangat lagi buat beresin bukunya.

IKUT READATHON 
Buat nambah semangat baca buku, kamu bisa ikutan readathon yang sering diadain sama para booktuber. Readathon biasanya punya tema dan challenge menarik. Ada yang ngewajibin kamu baca genre tertentu, ada yang khusus buku tebel yang di atas 500 halaman, dan lainnya. Setiap readathon juga punya jangka waktu yang beragam. 2 minggu, 1 minggu, bahkan 24 jam. Kamu bisa ikutan readathon yang cocok dengan selera dan kebutuhan kamu.


2 video readathon yang bakal aku ikutin di bulan November 2019

Gak cuma nantang baca buku dalam waktu terbatas, kamu juga gak bakal ngerasa berjuang sendiri karena entah di negara atau kota mana, ada yang lagi ikutan readathon yang sama kayak kamu.

Nah, itu dia 5 tips dan trik yang bisa dilakuin buat menuhin Goodreads Reading Challenge atau target baca lainnya. Poin yang reading everywhere dan baca buku yang diadaptasi ke film udah aku lakuin dari kemaren-kemaren dan bakal lebih digas sekarang hahaha. Aku juga bakal nyoba 3 poin lainnya. Doain semoga aku berhasil beresin buku sesuai target!

Perlu diinget, yang terpenting bukan cuma target, tapi pengalaman dan hal positif yang didapat dari proses membaca dan bukunya sendiri. Jangan dibawa stress. Kalo reading challenge-nya gak kecapai, kan bisa coba tahun depan.

Kalo kamu gimana? Apa yang kamu lakuin supaya target baca kamu terpenuhi? Tulis tips dan triknya di kolom komentar di bawah, ya!

You May Also Like

1 comment(s)

  1. kalo gak kekejar, kurangi jumlah target buku di GRC 🙈 tapi biasanya sih lebih ke banyakin baca manga 😁

    ReplyDelete

Thanks for leave your comment :D