MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Tuesday, August 21, 2012

Perahu Kertas


Perahu Kertas
Genre:
Drama
Director:
Hanung Bramantyo
Cast:
Maudy Ayunda, Adipati Dolken, Sylvia Fully R, Fauzan Smith, Tyo Pakusadewo,
Elyzia Mulachela, Reza Rahadian, Ben Kasyafani, Kimberly Ryder

Perahu Kertas menceritakan tentang Kugy, seorang gadis yang unik dan bercita-cita menjadi penulis dongeng. Tapi dia tetap mencoba realistis karena profesi tersebut tidak menjanjikan masa depan yang bagus di negeri ini. Saat memulai kuliahnya di Bandung, dia bertemu dengan Keenan. Keenan juga mempunyai masalah yang sama dengan Kugy, dia ingin menjadi pelukis tapi ayahnya memaksanya untuk kuliah Ekonomi. Kugy merasa cocok dengan Keenan karena hal tersebut. Kugy bahkan mengangkat Keenan menjadi salah satu “agen Neptunus”, satu hal dari sekian imajinasi Kugy. Mereka diam-diam saling jatuh cinta tapi takdir memisahkan mereka. Kugy memendam perasaannya karena sudah mempunyai pacar sedangkan Keenan menimba ilmu melukis ke Bali dalam rangka membuktikan bahwa melukis adalah segalanya. Mereka bertemu lagi saat teman mereka, Eko dan Noni menikah. Beberapa tahun sudah terlewati dan mereka jauh berbeda.



Perahu Kertas adalah film yang beda dan membawa suasana fresh. Pada awalnya film ini agak susah dicerna karena belum ada konflik yang terlihat dan juga penyesuaian dengan setting dan jajaran pemainnya yang luar biasa. Hal itu juga terjadi saat aku mulai baca novelnya tahun lalu. Tapi kemudian perlahan film ini bisa dinikmati. Apalagi konfliknya mengemukakan tentang mimpi vs realita, sebuah persoalan yang sering dijumpai kalangan muda.

Aku pribadi sangat tertarik karena profesi yang diangkat adalah penulis fiksi/dongeng. Mimpi membuat kita berusaha dan bersemangat menjalani hidup tapi realita selalu membawa kita kembali berpijak ke tanah dan berpikir realistis. Inilah yang terjadi pada Kugy dan Keenan. Walaupun kehidupan mereka diceritakan dari zaman yang berbeda, tahun 1999-2000an, tapi persoalan dan kendala yang dihadapi masih sama. Ketidaksetujuan orangtua, pengakuan yang kurang dari masyarakat dan profesi lain yang lebih menjanjikan dari segi ekonominya. Tinggal cara menghadapinya yang berbeda dari setiap pribadi dan hasil yang akan dicapai bisa terlihat dari sana. Saking complicatednya, satu film tidak cukup untuk merangkum semua perjuangan dan lika-liku Kugy dan Keenan. Perahu Kertas bagian kedua akan berlayar dua bulan kemudian J

Selain plot cerita yang menarik, Perahu Kertas menawarkan jajaran pemain yang luar biasa. Perpaduan pemain muda seperti Maudy Ayunda, Adipati Dolken dan juga pemain yang sudah berpengalaman seperti Tio Pakusadewo, Titi DJ hingga penulisnya sendiri, Dee.

Rasanya susah menilai sesuatu yang masih sepotong-potong seperti film Perahu Kertas ini. Humor segar yang ada dipenghunjung film membuat aku penasaran dengan kelanjutannya. Mari kita tunggu saja bagian keduanya sekitar bulan Oktober-November. Bocoran dari @HanungBramantyo, Perahu Kertas versi film akan mempunyai ending yang berbeda dengan versi novelnya. Happy ending atau sad ending? Kita tunggu saja J


1 comment:

  1. blognya bagus deh:} mind to follow me back? thank you:}}

    ReplyDelete

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...