The More The Merrier

by - 3:09 PM

Setelah signed up buat ikutan Hotter Potter dan Books on France, aku sekarang ikutan tiga reading challenge baru :)

1. 2013 Indonesian Romance Reading Challenge hosted by Lust & Coffee. Here's the little FAQ :)


Kapan?
Mulai 1 Januari 2013 sampai 31 Desember 2013.

Siapa saja yang boleh ikutan?
Semua orang boleh ikutan, yang penting usia sudah memenuhi syarat untuk membaca novel dengan unsur roman.

Buku apa yang harus dibaca?
Tentu buku romance karya penulis Indonesia. Boleh dari penerbit mana pun, baik terbitan major publisher atau self-published.

Boleh nggak baca buku romance terjemahan?
Tidak. Buku yang dianjurkan untuk dibaca adalah buku berbahasa Indonesia yang ditulis oleh orang Indonesia

Aku udah pernah baca buku romance “A”. Boleh nggak aku baca ulang?
Nggak masalah. Yang penting genrenya romance dan ditulis oleh penulis Indonesia.

Aku suka buku sastra klasik. Boleh nggak aku baca buku karya Pramoedya Ananta Toer, Putu Wijaya, dll?
Sah-sah aja. Yang penting mengandung unsur roman.

Boleh nggak sih aku baca buku antologi?
Tentu boleh, yang penting ada unsur romance-nya.

Kalau aku nggak suka buku yang kubaca dan ga selesai baca tapi tulis review, apa kehitung?
Nggak boleh. Semua buku harus selesai dibaca dan tulis review, baru kehitung untuk challenge ini.

Terus, habis baca bukunya ngapain lagi dong?
Tulis review buku yang kamu baca. Boleh di blog atau goodreads, boleh juga reply di sini. Untuk yang nulis review di blog/goodreads, jangan lupa kasih link ya, biar dishare ke peserta yang lain.

Kalau aku udah lulus level First Date dan waktunya masih cukup, boleh nggak ikutan baca buku lagi supaya level naik?
Sure! Semakin banyak buku yang dibaca, tentu semakin baik

Ada hadiah nggak untuk peserta yang ikut tantangan ini?
Ada. Thanks to para sponsor

Sign up by click here ;)

Yang bikin aku tertarik untuk ikutan tantangan ini adalah 'buku yang dianjurkan untuk dibaca adalah buku berbahasa Indonesia yang ditulis oleh orang Indonesia'. Hmmm, aku emang jarang baca buku lokal karena kebanyakan baca textbook kuliahan dan ebook luar. Jadi ini saatnya aku balik lagi ke negeri sendiri :)

Untuk levelnya, kayaknya aku coba ngambil level Fling (1-3 buku) dulu deh. Nanti mungkin kalo bisa, lanjut ke level First Date (4-7 buku) :)


2. Receh for Books 2013, hosted by Dear Readers. Berbeda dengan tantangan sebelumnya, disini bukan tantangan untuk membaca buku tertentu, tapi menabung untuk bisa membeli buku yang diinginkan atau jadi hadiah buat orang lain. Unik kan? :)


Peraturannya, yang dirangkum dari sini dan sini, sebagai berikut:

1. Siapkan satu buah celengan, kaleng bekas biskuit atau permen.
2. Masukkan tiap receh yang kamu punya.
3. Receh ini dikumpulkan dari tanggal 1 Januari 2013-31 Desember 2013. Gak boleh dihitung sampai akhir tahun 2013
4. Hanya receh yang boleh dimasukkan, gak boleh uang kertas, nominalnya bebas, dari 50 rupiah sampai 1000 rupiah.
5. Pas sudah 31 Desember 2013, hitung uangnya. Belikan buku, entah buku buat kamu sendiri, atau buat orang lain :)
6. Kalau mau ikut, bikin posting mengenai challenge ini di blog masing-masing (tidak harus blog buku) kemudian masukkan link dari postingan kamu di mr.linky di blog Dear Readers 
7. Pasang banner Receh for book(s)

Untuk tantangan ini, aku siapin botol air mineral bekas untuk dijadikan 'celengan'. Tadinya mau beli celengen asli baru, tapi sayangkan uangnya. Mending masukin ke 'celengan' dadakan ini :D

3. 2013 Book to Movie Challenge hosted by Doing Dewey


"Your mission, should you choose to accept it, is to review books and the movies which they’ve been made into. It’s a tough job, but someone has to let us book lovers know which movies are going to fulfill our dreams of watching our favorite books come to life and which movies are going to ruthlessly shatter those dreams!"

Aku sebenernya pernah ikutan reading challenge yang serupa tiga tahun lalu, tapi gagal dipenuhi. Kenapa pengen ikutan lagi? Karena membandingkan buku dan film adaptasi itu emang asyik dan untungnya reading challenge yang satu ini memperbolehkan aku milih jumlah bukunya. I'll go with Movie Fan (read 3 books and watch their movies) ;)

Gimana? Tertarik gak buat ikutan salah satu reading challenge ini? Atau kamu udah ikutan challenge yang tak kalah menarik? Let me know ;)

You May Also Like

2 comment(s)

  1. Thun depan ada lagi kan? tahun depan ikutaaan aa ~~

    ReplyDelete
  2. Kenapa harus nunggu tahun depan? Aku aja baru ikutan. Ayooo semangat :D

    ReplyDelete

Thanks for leave your comment :D