MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Tuesday, February 4, 2014

Tips Tuesday #1: How to Handle Spicy Food

Tips Tuesday adalah tempat aku memberikan tips yang sudah terbukti keampuhannya. Kenapa aku begitu berani menjaminnya? Karena tips tersebut berasal dari pengalamanku dan aku tentunya sudah mencobanya sendiri. Kini saatnya membagikannya ke orang lain. But, warning, tipsnya mungkin agak gak jelas dan gak penting hehehehe :p HowtoHandleSpicyFood by DhynHanarun

Untuk Tips Tuesday edisi perdana, aku mau ngebahas makanan kesukaanku, anything spicy! Kalian mungkin juga suka makan yang pedas-pedas atau kalian malah benci banget makanan pedas dan selalu menghindarinya. Tapi lama-lama kamu penasaran juga dengan makanan itu dan pengen nyoba. You know what? Don’t be afraid because you can handle it! Just follow my tips below :D


Sebelum Makan
HowtoHandleSpicyFood by DhynHanarun
Know Your Body. Apa reaksi yang diberikan tubuhmu (terutama perut) kalau kamu makan sesuatu yang pedas? Bibir memerah dan serasa membengkak, keringetan mengucur deras di dahi, atau sakit perut sampai bolak-balik ke kamar mandi? Berapa lama jeda reaksi itu muncul setelah kamu selesai makan? Kamu harus tahu semua itu sebelum kamu memutuskan menyantap makanan pedas. Dengan begitu kamu tahu tingkat kepedasan yang bisa kamu terima sekaligus mengendalikan reaksinya. Contohnya, wajahku selalu berkeringat bahkan sampai pilek saat makan sesuatu yang pedas. Karena itulah aku selalu menyiapkan tisu di tempat yang gampang diraih. HowtoHandleSpicyFood by DhynHanarun

Know Your Place and Time. Setelah tahu reaksi tubuhmu, sekarang perhatikan sekitarmu dan ingat-ingat apa kesibukanmu selanjutnya sehabis menghabiskan sesuatu yang pedas. Apakah kamu makan di luar dan perjalanan ke rumah memakan waktu lebih dari sejam? Apakah besok ada presentasi penting di kampus? Apakah besok kamu harus pergi ke luar kota? Dengan melihat hal-hal seperti itu, kamu akan lebih mudah mengatur tingkat pedas dan reaksi yang akan muncul. Aku punya pengalaman soal itu. Setelah melewati Ujian Nasional hari pertama, aku makan seporsi nasi padang lengkap dengan lalapan dan sambel ijonya. Aku lahap sendirian. Padahal besoknya aku masih ada jadwal ujian dan mata pelajarannya adalah Matematika. Guess what, aku keringetan sebadan-badan dan sulit untuk berkonsentrasi. Untungnya aku lulus. Semenjak itu aku selalu berhati-hati. HowtoHandleSpicyFood by DhynHanarun

Know Your Food. Pengen cobain keripik yang pake level-levelan? Ada level apa aja? Seberapa besar perbedaan rasa pedas di setiap levelnya? Dengan tahu kepedasan yang akan kamu terima, kamu bisa mempersiapkan dan bahkan ‘memperkebal’ perutmu. Misalnya kamu pengen makan keripik singkong Maicih. Karena ini kali pertama, kamu milih level paling rendah, level 3. Bagimu, keripiknya terasa begitu pedas. Setiap kamu mau makan keripik itu, kamu pasti memilih level 3. Lama kelamaan, rasa pedas di level 3 akan terasa ‘biasa’ di lidah kamu. Setelah itu kamu bisa mencoba ke level yang kepedasannya lebih tinggi. HowtoHandleSpicyFood by DhynHanarun
Saat Makan
HowtoHandleSpicyFood by DhynHanarun
Don’t Stop Believin’. Suapan pertama nasi padang terasa pedas, suapan kedua apalagi, suapan ketiga, suapa keempat, suapan kelima . . ah, nggak kuat pedasnya. Hey, don’t stop! Kamu mungkin berpikir untuk berhenti sejenak untuk ‘mengistirahatkan’ lidahmu dan melanjutkannya lagi setelah rasa pedas itu agak hilang. Padahal itu membuat rasa panas di lidah kamu malah makin terasa. Lidah yang sudah ‘diistirahatkan’ akan berhadapan lagi dengan makanan pedas sebagai lidah yang ‘baru’ (kata-katanya aneh banget ya -.-). Tentunya agak sulit. Coba bayangkan kalau kamua mengerjakan sesuatu yang sama tapi terus diulang-ulang dari awal. Nah, itulah yang lidah kita rasakan. Lebih gampang jika kita terus memakan makanan pedas tanpa berhenti sehingga lidah akan terbiasa dengan rasa pedas. Teruskan saja, santap semuanya sampai tak tersisa. Toh, rasa pedas suapan pertama dan kesepuluh sebenarnya sama saja. HowtoHandleSpicyFood by DhynHanarun
Seriously, Drink Less. Dikit-dikit, minum air. Pedes dikit, minum lagi. Terakhirnya minum segelas penuh. Eh, pake nambah lagi. Yang ada perut kamu jadi kembung sementara lidah kamu tetap terasa tertimpa bara. Sebaiknya minum saat kamu benar-benar sudah beres menyantap makanan pedas tersebut dan  jangan cuma minum air putih. Kenapa? Pernah liat minyak menyatu dengan air? Nggak, kan. Padahal itu yang terjadi pada lidahmu (really, Dhyn?). Air putih tidak sepenuhnya menyapu rasa pedas yang sarat kandungan minyak. Cobalah minum susu atau makan es krim yang mengandung susu. Rasa pedas dijamin lebih cepat hilang. HowtoHandleSpicyFood by DhynHanarun
Distraction. Saat menyantap makanan pedas, cobalah untuk tidak terlalu fokus pada rasa pedasnya. Alihkan perhatianmu dengan mengobrol dengan teman. Tapi hati-hati, jangan sampai tersedak. Untuk yang makan sendirian, kamu bisa mengamati tempat makannya, orang-orang yang berlalu lalang atau kamu bisa membiarkan pikiran kamu terbang kemana-mana. Siapa tahu dapet ide atau inspirasi baru yang tak terduga. Untuk yang makannya di rumah, kamu bisa menyetel TV atau menonton film lewat laptop. Saat credit title muncul, isi bungkus keripik pedas kamu mungkin sudah habis, hehehe.

Setelah makan
HowtoHandleSpicyFood by DhynHanarun
Kiss the pain away. Disinilah tubuhmu mulai menunjukan reaksi terhadap makanan pedas yang kamu santap, terutama sakit perut dan bolak-balik ke kamar mandi.  Seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, daripada minum air putih bergelas-gelas, cobalah minum susu atau es krim yang mengandung susu dan makan nasi putih. Iya, nasi putih. Menurut pengalamanku, nasi putih mencegahku mengalami diare. Entah apa yang dilakukan nasi di lambung. Aku tak tahu pasti. Mungkin rasanya yang tawar menyerap minyak atau mengurasi lambung terasa perih saat menghancurkan makanan pedas. Entahlah. Tapi aku serius. Nasi putih! HowtoHandleSpicyFood by DhynHanarun
Don’t Push Yourself. Reaksi tubuh kamu ternyata lebih parah dari yang kamu perkirakan. Susu dan nasi putih tidak terlalu membantumu. Itu tandanya kamu harus mengurangi tingkat kepedasan yang kamu makan. Istirahatkan perut kamu selama beberapa hari sebelum makan sesuatu yang pedas lagi. HowtoHandleSpicyFood by DhynHanarun

Nah, itulah tips dariku untuk kamu-kamu yang mau makan makanan pedas. Sila dicoba dan kasih tahu aku kalau ada tips yang gagal hehehe. Kamu juga bisa kasih tips lain yang berhubungan dengan bahasan di atas. Tulis di bagian komentar ya. See you in the next Tips Tuesday! :D

No comments:

Post a Comment

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...