MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Tuesday, June 3, 2014

Follow Your Passion: Be a Writer

Dr. Saifur Rohman
152 halaman
Grasindo, April 2014
Rp. 36.000,-

Ikutilah kata hati Anda, sebab hasrat atau passion itu akan memberikan energi yang besar untuk setiap tindakan yang Anda pilih. Jika passion mengatakan bahwa Anda harus jadi penulis:
LAKUKANLAH TANPA RAGU!

Siapa bilang profesi penulis itu tidak menjanjikan?
SIapa bilang jadi penulis itu berarti siap miskin?
Sebaliknya, jika Anda digerakkan oleh passion, menulis pun akan jadi lumbung uang Anda.

Tidak perlu ragu. Temukan tuntunan dan panduan yang praktis, mencakup seluruh bidang penulisan di buku ini. Selain memaparkan berbagai tips di berbagai jenis tulisan, buku ini juga menuntun Anda untuk menjajagi berbagai profesi yang berkaitan dengan kepenulisan. Tunggu apa lagi: FOLLOW YOUR PASSION : BE A WRITER
!

Buku non fiksi jarang aku lirik, kecuali kalo pembahasannya tentang tulis menulis. Seperti buku Follow Your Passion: Be a Writer ini. Aku nggak ngerencanain untuk beli buku ini. Tapi begitu ngeliat judulnya dan mengintip tulisan di sampul belakangnya, aku langsung membawanya ke kasir dan diayar deh. Hmm, kira-kira isi bukunya bagus gak? Apa bedanya dengan buku-buku tentang tulis menulis yang aku baca sebelumnya? Let’s find out :D

Pembahasan dalam buku Follow Your Passion: Be a Writer ini terdiri dari delapan bab, ‘Besar karena Menulis’, ‘Berawal dari Niat’, ‘Memahami Bentuk Tulisan’, ‘Strategi Menulis Artikel Populer’, ‘Strategi Menulis Artikel Ilmiah’, ‘Strategi Menulis Fiksi’, ‘Strategi Menulis Novel’, dan ‘Peluang Kerja dengan Menulis’. Khusus di bab-bab yang membahas tentang strategi menulis, ada bagian untuk latihan di akhir babnya. Bentuk latihannya seperti membandingkan dua buah tulisan dari media yang berbeda, membedah dan menelaah sebuah tulisan yang sudah terbit, dan lainnya. Lalu di bagian paling akhir buku, bagian ini tidak tercantum di daftar isi, ada pembahasan singkat tentang proses penerbitan buku.

"Perbedaan antara si ahli dan si awam hanya terletak pada pengetahuan tentang peraturan sederhana. Sebuah tulisan memiliki aturan tertentu yang harus diketahui oleh setiap penulis yang hendak sukses. Latihan akan menyempurnakan pengetahuan itu." – halaman 9 (Bab ‘Besar karena Menulis’)

Follow Your Passion: Be a Writer ini buku yang menarik. Walaupun tidak seceria buku tentang penulisan lain, mungkin karena buku lain benar-benar fokus pada tulisan kreatif, aku suka, bisa menikmati dan tentunya dapet banyak pengetahuan baru. Gaya penulisannya mengalir, enak dibaca dan terselip humor-humor kecil (aku sih ngerasa itu lucu dan ketawa. Nggak tau deh kalian). Ada tiga bagian yang paling aku suka. Satu, bab kedua yang diberi judul ‘Berawal dari Niat’. Penjelasan penulis tentang pentingnya sebuah niat, dan mengucapkannya dengan lantang, sangat menggungah dan menaikan semangat. Penulis juga dengan baik memperlihatkan perbedaan antara niat dan keinginan. Dua, di bab ‘Peluang Kerja dengan Menulis’, penulis memberikan daftar pekerjaan penulis dalam dua kategori, formal dan informal. Jadi, bagi kamu-kamu yang selama ini ragu untuk menjadi penulis karena takut cap penulis itu tidak menghasilkan uang, coba liat deh daftar ini. Ternyata penulis itu sangat menghasilkan, tergantung apa pilihanmu dan bagaimana kamu menjalaninya. Dan tiga, bagan sederhana tentang proses penerbitan buku, yang dipakai oleh Penerbit Grasindo :)

Proses penerbitan di Penerbit Grasindo

Sayangnya, buku ini punya beberapa kekurangan. Salah satu kekurangannya bahkan terbilang memalukan, yaitu typo alias salah ketik. Kesalahan seperti menggunakan imbuhan ‘di’, huruf tertukar, ejaannya belum sempurna, banyak sekali ditemukan dari bab ketiga ‘Memahami Bentuk Tulisan’ sampai buku selesai. Lalu di bab ketiga itu, aku agak bingung di bagian pembahasan ’40 Bentuk Tulisan yang Dapat Dipasarkan’. Dari nomor 1 sampai 32, penjelasannya mengenai artikel, resensi, feature, laporan perjalanan, laporan investigasi, esai, novel populer, novel serius, puisi, biografi dan seterusnya. Namun di nomor 33 tiba-tiba pembahasan melenceng. Penulis malah membahas menerbitkan tulisan sendiri,menjadi agen naskah, mengolah kembali tulisan dan seterusnya sampai nomor 40. Lalu, di bagian awal bab 4 ‘Strategi Menulis Artikel Populer’, ada kalimat "foto-foto di bawah ini merupakan contoh ruang untuk artikel populer", Tapi fotonya nggak ada sama sekali. Loh, koq gitu, ya?

At last, Follow Your Passion: Be a Writer ini memacu semangat dan pikiran positif untuk tidak menyepelekan passion menulis kita. Namun, aku berharap isinya, terutama typo itu, diperbaiki dan disempurnakan di cetakan selanjutnya. Bagi kalian-kalian yang ingin menjadi penulis, fiksi atau non fiksi, wajib baca buku ini ;)

5 comments:

  1. buku yang wajib dimiliki para penulis nih berarti ya, namun kalo dilihat dari sampulnya kok agak kurang menarik ya hehhe, tapi paling ga, reviewnya udah membuatku cukup mengerti apa isi di dalamnya

    thanks ya

    salama

    ReplyDelete
  2. Hmm buku kepenulisan yang masih banyak typonya ya. Hmm..

    ReplyDelete
  3. Aku udh punya dua buku yg temanya mirip seperti ini. Tapi kelihatannya buku ini lebih "berat" dari buku sejenisnya. Tp review-nya bikin kita galau. Mau beli bukunya, tapi... *lirik dompet* Tiga bintang itu cukup menjanjikan, hmm

    ReplyDelete
  4. hm dibaca dari judulnya sudah agak terlihat isinya sih.. menurutku buku kayak gitu sudah bisa ditebak kebanyakan didalamnya ada bagian yang OOT (Out Of Topic).. tapi ada juga yang bagus2 buku kayak gitu, yang mahal :D

    ReplyDelete
  5. Covernya unik kayak cover buku terjemahan gitu...

    Saya punya buku sejenis ini, recommended buat dibaca oleh penulis awam seperti saya. Buku ini kayaknya recommended juga tapi sayangnya kebanyakkan typo padahal kan ini buku kepenulisan (?)
    Sayang aja...

    ReplyDelete

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...