Petit Gâteau De Velours Rouge

by - 1:34 PM

Resep keenam tahun ini adalah Red Velvet Cupcake, yang resepnya aku dapet dari YouTube channel, Kokiku TV. Resep ini terbilang istimewa karena aku membuat sesuatu yang selama ini aku hindari, baik untuk dimasak atau dimakan, yaitu kue! Hmm, kira-kira aku berhasil nggak ya? Let's get cooking :D


Bahan adonan kering:
160 gram tepung
1/4 sdt garam
1 sdm cocoa powder

Bahan adonan basah:
57 gram mentega tawar
96 gram gula pasir
1 telur besar
1/2 sdt ekstrak vanilla (karena susah didapat, aku pake vanilla powder)
1/2 cup susu
5 sdt pewarna makanan warna merah
1/2 sdt cuka apel (nggak pake karena mahal banget, sedangkan dipakenya cuma dikit)
1/2 sdt baking soda

Cream Cheese Icing:
200 gram krim keju
32 gram gula halus
1/4 sdt ekstrak vanila

Cara membuat cupcake:
1. Campurkan bahan adonan kering di mangkuk. Sisihkan.


2. Siapkan bahan adonan basah di mangkuk terpisah. Aduk rata mentega dan gula pasir dengan mixer.


3. Tambahkan ekstrak vanila, susu, telur, pewarna makanan merah, cuka dan baking soda, lalu aduk rata dengan mixer.


4. Campurkan adonan kering dan basah dengan mixer sampai rata.


5. Tuang adonan ke dalam baking cup sebanyak 3/4 penuh. Jangan terlalu penuh karena adonan akan mengembang.


6. Masukkan adonan ke dalam oven dengan panas 170 derajat selama 15 menit.


Cara membuat icing:
1. Campurkan semua bahan cream cheese icing dan aduk rata dengan mixer. Jangan terlalu lama mengaduk karena adonan akan mencair.


2. Masukkan adonan icing ke dalam plastik pipa untuk memudahkan proses menghias.

Langkah terakhir:
Keluarkan cupcake dari oven dan hias dengan cream cheese icing.


UUUUPPPPS, aku gagal di proses terakhir ini huhuhuhu


Kesulitan dalam memasak:
Menghias cupcake dengan cream cheese icing. Kayaknya aku kurang lama ngemix cream cheesenya deh. Soalnya krimnya susah keluar dari plastik pipa. Yang ada krimnya malah keluar dari belakang dan belepotan gitu (nggak sempet aku foto karena suasananya agak chaos)

Komentar:
Kata orang rumah sih, kuenya lumayan oke. Tapi aku ngerasa kuenya kurang manis dan belum mengembang sempurna, belum lagi proses menghiasnya gagal total.

Why should I cook next? Apa aku harus nyoba lagi resep ini atau nyoba resep lain, yang jauh banget dari kue-kuean? Sound it on the comment box :)

You May Also Like

0 comment(s)

Thanks for leave your comment :D