The Great Gatsby

by - 1:48 PM

Genre:
Drama
Director:
Baz Luhrmann
Writer:
Baz Luhrmann and Craig Pearce
Cast:
Leonardo DiCaprio, Tobey Maguire, Carey Mulligan, Joel Edgerton, Elizabeth Debicki, Isla Fisher, Jason Clarke, Amitabh Bachchan, Jack Thompson, and Adelaide Clemens


Nick Carraway berada dalam perawatan khusus karena ketergantungannya terhadap alkohol. Dokternya bertanya mengenai masa lalunya, yang bisa menjadi penyebab masalah Nick. Dia menyarankan Nick untuk menulis. Lalu Nick menuliskan cerita tentang keputusannya untuk pindah dan bekerja di New York setelah Perang Dunia I usai. Nick mengunjungi sepupunya, Daisy Buchanan dan suaminya, Tom yang tinggal di sebrang. Dia berkenalan dengan Jordan Barker, teman Daisy. Daisy ingin mereka menjadi sepasang kekasih.

Tetangga Nick adalah Jay Gatsby, adalah seorang yang misterius yang sering mengadakan pesta besar-besaran. Banyak isu-isu beredar mengenai identitas dan sumber kekayaan Gatsby. Suatu hari dia diundang ke salah satu pesta dan bertemu langsung dengan Gatsby. Darinya, Nick mengetahui sejarah Gatsby dan Daisy. Gatsby memintanya membawa Daisy menemuinya. Nick menurutinya dan mulai menyimpan hubungan gelap tersebut. Sama seperti dia menyembunyikan bahwa Tom berselingkuh dengan istri pemilik bengkel, Myrtle.



Dengan visual yang luar biasa, The Great Gatsby ini membantuku mengerti keadaan New York di zaman tersebut. Aku baru nyadar kalau selesainya Perang Dunia I memunculkan banyak hal. Tidak hanya perbaikan dan pembangunan tapi juga orang kaya baru. Mereka berpikiran dangkal, hanya mementingkan harta dan berpesta. Kasihan sekali Gatsby di tengah-tengah orang seperti itu. Dia hanya ingin mendapatkan cinta lamanya kembali. Dan film ini juga membantuku menangkap pesan dari cerita yang gagal aku tangkap dari novelnya. Aku agak bingung bagian akhir di novel yang aku rasa terlalu cepat dan kurang jelas. Kerasa sih tragedinya tapi aku masih bertanya-tanya. Sekarang aku mengerti dan sekali lagi aku merasa sangat kasihan sama Gatsby dan kehidupannya yang malang.

Book VS Movie
Ini adalah film adaptasi The Great Gatsby pertama yang aku nonton. Tidak banyak perubahan untuk alur cerita. Hanya ada tambahan beberapa bagian Nick membuka cerita dan pesta vulgar Tom dan Myrtle. I guess. Karena aku nggak inget ada bagian itu di buku. Lalu untuk bagian cast, aku kurang setuju dengan Leonardo DiCaprio. Dia memang aktor yang hebat. Tapi perannya di Wolf of the Wall Street membayangi pikiranku dan menganggu usahanya menjelma jadi Gatsby. Tapi aku setuju dan suka banget dengan Carey Mulligan sebagai Daisy!

My favorite scene: Gatsby begitu tegang sebelum bertemu Daisy. Dia menyelinap keluar, kehujanan dan akhirnya masuk rumah Nick lagi hahahaha. Watch it here ;p

You May Also Like

0 comment(s)

Thanks for leave your comment :D