MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Wednesday, October 22, 2014

S.C.H.O.O.L: Chemistry

aL Dhimas
236 Halaman
GagasMedia, Januari 2014
Rp. 50.000,-

TANYA:
“Kak Editor, novel S.C.H.O.O.L: Chemistry-nya aL Dhimas ini tentang apa sih?” –Pembaca 

JAWAB:
Tentang seorang adik yang selalu dibayang-bayangi prestasi kakaknya.
Tentang tim olimpiade yang dibentuk oleh sekolah.
Tentang seorang cewek yang merasa paling unggul dibandingkan anggota kelompoknya yang lain.
Tentang gebetan dari klub renang yang terlihat menakjubkan sekali dalam celana renang Speedo-nya.
Tentang cinta pada pelajaran Kimia.

POKOKNYA KAMU HARUS BACA!
(pssst, kalau ada yang penasaran tentang novel ini, bilang aja, “Ceritanya kayak yang pernah terjadi di sekolah kita lho!”)

Enjoy!
—Editor S.C.H.O.O.L.

S.C.H.O.O.L: Chemistry ini buku pertama dari seri S.C.H.O.O.L. alias Seven Complicated Hours Of Our Life. Denger-denger seri ini akan membahas cerita remaja dengan menekankan tiap mata pelajaran yang ada di sekolah. Judul buku yang ini sudah menjelaskan bahwa yang dibahas adalah pelajaran Kimia. Karena puas dengan seri Setiap Tempat Punya Cerita (STPC), aku nggak pikir panjang buat membeli dan mengikuti seri ini. Now, let’s review it :)

"Ya, aku ingin segemilang kakakku – dengan sedikit perbedaan, tentunya. Alisha hebat dalam semua hal dan pelajaran, kecuali Kimia. Itu alasan kenapa aku mencintai pelajaran Kimia. Aku nggak mau disebut sebagai pengikut kesuksesan kakakku, makanya aku fokus mendalami Kimia. Buatku, ucapan semacam; ‘ya iyalah, dia kan, adiknya Alisha’ akan terdengar lebih bagus jika ditambahkan ‘tapi yang ini prestasinya di Kimia’. Aku butuh pengakuan tanpa harus menghilangkan kebanggaan pada kakakku." – halaman 7

Marsha Anandita Hariadie, yang biasa dipanggil Icha, menyukai pelajaran Kimia. Dia bercita-cita masuk tim olimpiade Kimia di Minerva School of Batam yang punya seleksi yang sangat ketat. Keinginan itu didasari prestasi kakak perempuannya, Alisha di berbagai bidang kecuali Kimia. Salah satu teman sekelasnya, Tantri, mengolok-olok tujuan Icha itu. Dia menilai Icha yang mempunyai fisik yang cantik tidak cocok dengan hal-hal yang serius seperti itu.

Icha mempunyai empat teman dekat, Mel, Roro, Alvie dan Sarah yang mendalami hal yang berbeda-beda. Mel dikenal jago basket, Roro pandai memasak, Alvie punya kemampuan akting sedangkan Sarah senang bermusik. Mereka berempat berniat mengikuti seleksi juga untuk menyemangati Icha. Tapi janji jadwal belajar yang mereka sepakati tidak berjalan lancar. Roro dan Alvie ketahuan berbohong demi menghabiskan waktu dengan Martin dan Arga. Ini membuat Mel kesal dan menekankan janji pertemanan mereka dulu. Sementara itu Icha diam-diam sedang dekat dengan Phil, anggota tim renang yang juga tetangganya.  

"Kenapa kita nggak berjanji aja buat selalu mengutamakan persahabatan kita dan nggak mikirin cowok?" – halaman 118

S.C.H.O.O.L: Chemistry menghadirkan cerita remaja ringan yang diselipi beberapa teori Kimia yang bakal berguna di sekolah dan setting kota yang berbeda. Icha dan keempat sahabat ini menghadapi masalah klasik, teman atau cowok/pacar. Masing-masing dari mereka ternyata dekat atau paling tidak mulai memikirkan cowok. Konflik mereka cukup rumit mengingat mereka punya passion berbeda-beda. Konflik itu dibalut analogi dan penjelasan beberapa teori Kimia dengan jelas dan detail. Beberapa teori terdengar menarik dan menyakinkan, membuat aku berpikir penulisnya pasti belajar Kimia dengan serius sebelum menulis ini. Tapi ada beberapa yang aku lewat karena aku males mikir hehehe. Jadinya diskip, deh, beberapa paragraf. Nggak ngaruh ke cerita juga sih ;p Lalu pengambilan setting di Batam memberikan sedikit pengetahuan tentang bagaimana remaja di sana berprilaku. Gaya bahasa mereka yang jauh dari ‘elo-gue’ buatku menarik, juga fakta bahwa mereka lebih dekat ke Singapura. Remaja di sana sepertinya punya tujuan atau fokus yang berbeda dari remaja di atau dekat pulau Jawa.

Sayangnya, aku rasa janji konyol yang Icha dan keempat temannya sepakati membuat pertemanan mereka agak rapuh. Semula adalah janji untuk ‘jangan naksir cowok yang sama’. Lalu Mel berubahnya menjadi ‘teman di atas segalanya, terutama cowok’. Sampai akhir cerita, nggak ada kejelasan alasan Mel mengusulkan hal tersebut. Itu bikin aku berpikir macem-macem. Apalagi didukung karakter Mel yang jago basket, keras kepala dan tidak pernah dikaitkan dengan cowok. Hmmmm. Lalu aku merasa fokus cerita di buku ini terbelah antara keinginan Icha masuk tim olimpiade Kimia dan pertemanannya. Aku nggak berharap teori-teori Kimia terus bermunculan dari awal sampai akhir cerita. Tapi cerita pertemanan Icha ini langsung mendominasi cerita, melupakan ambisi Icha yang digembar-gembor di bab-bab awal. Kurang seimbang dan ‘mengecoh’ menurutku.

sepuluh halaman pertamanya mirip buku tulis jadul

salah satu bagian yang bisa kamu isi sendiri

games school-nya aku isi dulu sebelum baca ceritanya hehehe

Seperti terlihat di foto-foto di atas, S.C.H.O.O.L: Chemistry tidak hanya menawarkan cerita yang berhubungan dengan mata pelajaran tapi juga ada bagian-bagian menarik yang bisa diisi dan identik dengan kehidupan sekolah. Untuk bagian teknis, aku suka dengan gaya bahasanya yang enak dibaca. Mengingat penulisnya terlibat dalam seri Glam Girls, ada beberapa bagian yang memunculkan nama Rashi dan VIS. Untung aja aku udah baca hahahaha. Next, hanya ada satu typo yang kutemukan, nama Roro jadi Rorto di halaman 47. Terus aku sedikit kaget dengan bab berjudul ‘Back to The 0’ di antara bab 10 dan 11. Tenyata itu sedikit flashback tentang janji pertemanan Icha dan keempat temannya. Kirain kesalahan teknis ;p

At last, cerita remaja di S.C.H.O.O.L: Chemistry ini memang sederhana tapi cukup bagus menjadi seri membuka S.C.H.O.O.L.. Bagi yang kesulitan atau malah benci di pelajaran Kimia, novel ini bisa membantu kamu untuk mengerti dan jadi nggak terlalu benci lagi hehehe. Terhibur iya, belajar iya. Aku nggak sabar buat baca seri S.C.H.O.O.L. selanjutnya. Aku menanti pelajaran IPS ;D

No comments:

Post a Comment

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...