MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Saturday, November 29, 2014

Aceh Nouille

Halooo, di bulan ini aku masak Mie Aceh. Resepnya aku dapat dari Youtube channel-nya Kokiku Tv. Walaupun temen-temenku sering banget ngajak ke restoran masakan Aceh, aku sendiri belum pernah nyobain yang namanya Mie Aceh. Apa yang bikin mie itu unik dan berbeda? Maka saat menemukan resep ini, aku sangat tertarik untuk mencobanya. Let's get cooking :)


Bahan-Bahan:
2 bungkus mie goreng instan
Dada ayam fillet, potong dadu
1 bh tomat, iris tipis
1/2 kol, iris tipis
2 bh bawang merah, iris tipis
1 bh bawang putih, iris tipis
Daun bawang, iris tipis
Kecap manis
Kecap asin
Minyak goreng
Air

Bumbu yang dihaluskan:
3 bh kemiri, sangrai
1 bh kapulaga
1/4 sdt jintan
1/4 ketumbar bubuk
1/2 sdt lada putih
6 bh bawang merah
6 bh bawang putih
2 cm kunyit
2 bh cabai merah
minyak goreng

Cara Membuat:
1. Rebus mie goreng instan sesuai selera. Tiriskan dan sisihkan.


2. Blender bahan-bahan bumbu halus.



3. Siapkan penggorengan, tuang minyak dan tumis irisan bawang merah dan putih sampai harum


4. Masukan bumbu halus.


5. Masukan potongan ayam fillet, kol dan tomat. Aduk.



6. Larutkan bumbu mie goreng instan dalam air dan tuangkan ke dalam penggorengan. Masak sampai mendidih.


7. Masukan mie yang sudah direbus. Aduk rata.


8. Masukan daun bawang dan bumbui dengan kecap manis dan asin. Aduk sampai kuahnya cukup menyusut


9. Mie Aceh siap untuk dinikmati :D


Kesulitan dalam Memasak:
- Susah rasanya mengumpulkan bahan-bahan untuk bumbu halus seperti kemiri dan kapulaga. Aku harus googling dulu untuk tau bentuknya.
- Aku agak kesulitan saat mem-blender bahan-bahan bumbu halus. Seharusnya kan pake blender-nya kecil, tapi nggak ada. Jadi aku pake ukuran standar dan menambahkan setengah gelas air agar bumbunya tercampur rata.

Komentar:
Enak sih, tapi rasanya bumbunya terlalu tajam. Seriusan Mie Aceh yang asli itu kayak gini? Terus bumbu dari mie goreng instan-nya kurang enak, jadi bikin rasa mienya agak aneh.

Kedepannya aku tetep mau nyoba makan Mie Aceh lagi. Asal kan beli, bukan masak sendiri, hehehe. Have a good day y'all ;D

No comments:

Post a Comment

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...