My K-Pop Biases

by - 11:51 PM

Setiap hari Minggu, kecuali hari ini, aku mem-posting music video sebuah lagu yang sedang aku dengarkan, potongan liriknya dan pendapat singkatku. Lagunya bisa dari dalam dan luar negeri. Tapi belakangan kusadari, belakangan ini pilihan lagunya selalu dari Korea Selatan.

Itu nggak direncanakan sama sekali.

Seriusan!

Mungkin moodku saja yang sedang cocok ke K-Pop. Hal itu didukung dengan para Youtubers langgananku yang rajin membuat video reaksi dan review. Pergerakan ‘virus’ ini juga cukup intens. Tiap minggu selalu ada yang debut dan comeback, music video-nya out of the box, koreografinya keren dan walaupun aku tidak selalu mengerti isi lagunya, beat-nya enak didengar.

Semakin lama tenggelam, wawasanku tentang dunia itu jadi melebar. Aku bisa mengenali para anggota tiap grup, yang biasanya bejibun, dalam berbagai gaya pakaian dan rambut yang berbeda. Istilah khusus, seperti visual, maknae, juga lama-lama akrab ditelingaku. Ada satu istilah yang sempat membuatku bingung, bias. Setelah nyari-nyari dan sempet nanya di Twitter, aku mendapatkan jawabannya. Bias berarti anggota yang paling kita sukai dalam grup tersebut.

Oke, maknanya sangat bertentangan dengan bias lain yang selama ini kutahu.

Setelah mengerti tentang bias, aku menyadari kalau aku selalu memberikan perhatian khusus pada satu anggota dalam sebuah grup K-Pop. Nah, sekarang aku mau membaginya di sini. Daftar di bawah disusun berdasarkan urutan aku mulai mendengarkan musik mereka, bukan debut atau comeback-nya :D

Girls Generation
Sooyoung

2NE1
Dara

Big Bang
Taeyang

2PM
Junho
SHINee
Minho

Super Junior
Donghae

Red Velvet
Irene

EXO
Chanyeol (EXO K) dan Lay (EXO M)

Apa alasan aku lebih menyukai mereka dari pada anggota yang lain? Aku sendiri tidak tahu. Kalau diperhatikan, kebanyakan dari mereka seringkali tidak mendapat lines atau sorotan yang cukup. Suka sedih deh jadinya. Tapi aku terlanjur suka dan akan mendukung mereka :")

Oh, satu lagi, walaupun aku mengikuti perkembangan, menunggu-nunggu lagu terbaru dan comeback stage mereka, aku tidak melabeli diri dengan nama fandom seperti Sone, Blackjack, atau EXO-L. I’m just enjoying their music. Kalau bagus, aku suka dan dengarkan terus. Kalau kurang bagus, aku dengarkan terus sampai aku suka. Itulah cara aku menyukai K-Pop ;p

You May Also Like

5 comment(s)

  1. biasanya yang sering kena sorot memang yang cakep atau yang kira2 bakal banyakan fansnya :D tapi maknae itu artinya apa, mba?

    ReplyDelete
  2. Halo Ila, maknae itu sebutan untuk anggota yang paling muda. Kasian ya buat anggota yang tertua, hhi

    Halo Selvia, aku juga suka Jonghyun. Lagu-lagu di 1st mini albumnya, Base, keren semua ;D

    ReplyDelete
  3. Wuaa, tos Mbak! Saya juga suka K-Pop :D Cenderung ke SNSD sm EXO sih.. Juga biasanya suka sama artis2 yang satu entertainment sama mereka. Sayang biasnya kita beda ya. Aku di SNSD suka Taeyeon, terus di EXO suka Baekhyun^^

    Salam kenal ya, Mbak!^^

    ReplyDelete
  4. Halo Resita, wah biasnya pasangan gitu ya hahaha. Aku juga cenderung suka sama grup yang berasal dari company yang sama. Soalnya mereka suka kolaborasi bareng dan saling support. Salam kenal juga ;D

    ReplyDelete

Thanks for leave your comment :D