MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Wednesday, June 24, 2015

Stay with Me Tonight

Sofi Meloni
271 Halaman
Elex Media Komputindo, Juni 2015
Rp. 53.800,-

Mereka bilang hubungan di atas tempat tidur dan cinta itu dia yang berbeda.
Katanya lagi hubungan intim bisa dilakukan dengan ataupun tanpa cinta.
Dengan cinta? Bullshits ...!
Cinta itu hanya ada di cerita dongeng belaka, setidaknya itu yang kupercaya sampai aku bertemu dengannya …

Mungkin pertemuan kami diawali dengan cara yang salah dan mungkin juga dasarnya dua orang yang sama-sama terluka tidak seharusnya bersama.

Pada akhirnya kami harus mengakui kalau kami adalah dua orang yang salah untuk satu sama lain.
-Ayu-

Stay with Me Tonight kudapatkan dari penulisnya. Senang sekali saat menerima tawaran review itu. Terlebih lagi ternyata mbak Sofi juga suka menonton videoku di YouTube. Maka dari itu selain membaca dan me-review-nya di sini, aku juga membuat video reaksi untuk book trailer-nya yang bisa kamu tonton di sini. Isi book trailer itu sukses membuatku penasaran dengan ceritanya. Oh, iya, sekedar infomasi, cerita ini dulunya ada di Wattpad dan populer dengan judul Sleep with Me Tonight. Now, let’s review it! :D

"Aku sudah bergantung padanya.
Kenyataan itu mengerikan karena ini artinya aku punya ketakutan baru yang mungkin tidak bisa kukendalikan. Ketakutan akan kehilangan dirinya." – halaman 152


Setelah dijual menjadi pekerja seks komersial, Ayu terbiasa pergi ke apartemen 1109 pada waktu yang sudah ditentukan oleh pelanggannya. Dia dan pria itu tidak saling mengetahui latar belakang masing-masing, bahkan nama sekalipun. Ayu sempat menghilang beberapa malam karena sibuk menyakinkan ibunya bahwa orang yang dia anggap sebagai suami bukanlah seseorang yang bertanggung jawab. Dia juga dipusingkan dengan kembalinya Ditto, seseorang dari masa lalunya. Di salah satu kunjungannya ke apartemen, Ayu menemukan pelanggannya jatuh sakit. Dia mau tak mau mengantarkannya ke rumah sakit dan akhirnya mengetahui namanya, Benny Kurniawan.

Dalam masa pemulihan, hubungan Ayu dan Benny jadi sedikit lebih akrab. Mereka sering mengobrol walau masih tidak mau membuka masalah pribadi mereka. Lama kelamaan, Ayu menjadikan tempat Benny sebagai pelarian dan solusi masalahnya, seperti saat ibunya harus dioperasi dan butuh dana yang tidak sedikit. Untuk mendapatkan uang tambahan, Ayu harus tinggal bersama Benny untuk beberapa minggu dan mengikuti permintaannya. Permintaan itu ternyata sebuah sandiwara untuk membuat seorang wanita bernama Yuana cemburu. Saat mengetahuinya, Ayu tidak bisa menahan diri untuk tidak merasa kecewa.

"Caranya memandangku setiap kali mengingatkan bahwa kehadiranku mempunyai arti khusus baginya. Hal yang menyadarkanku bahwa keberadaanku di dunia ini akhirnya memiliki arti khusus untuk seseorang. Aku membutuhkannya sama seperti ia membutuhkanku." – halaman 197

Stay with Me Tonight adalah sebuah cerita drama romantis dewasa yang sangat melankolis. Dengan adegan pembuka yang cukup ‘panas’, aku diajak menyelami masalah Ayu dan Benny yang sebenarnya simple tapi jadi rumit karena berbagai perasaan campur aduk di dalamnya. Jumlah halaman di setiap babnya cukup singkat tapi sukses mengenalkan kehidupan tokoh-tokoh dan masalah yang mereka hadapi. Tiap bab baru, selalu ada informasi tentang tokoh atau tahapan baru dalam masalahnya, membuatnya konfliknya terbangun dengan baik. Walau cukup sederhana, gaya penulisannya enak dibaca dan pas dengan mood ceritanya. Lugas tapi tetap kaya kalimat-kalimat yang bermakna dalam.

Untuk ceritanya, ada dua bagian yang diceritakan dari sudut pandang Ayu dan Benny. Di bagian Ayu, ceritanya lebih rame. Di sana hubungannya dengan Benny mulai terjalin, lengkap dengan bumbu konflik mereka berdua dan konflik dari luar seperti orangtua Ayu, Ditto dan Yuana. Karena isinya banyak dialog, temponya terasa agak cepat. Tapi masih terasa kosong karena yang mereka bicarakan itu berputar-putar di hal yang sama. Apalagi kalimat yang digunakan cukup kompleks. Aku juga sering bingung karena kata ganti orang seperti ‘ia’ dan ‘dia’ sering muncul, tapi tidak jelas mengacu ke mana. Nama orang yang dimaksud belum disebutkan sama sekali. Jadi aku harus menebak-nebak sendiri. Hal itu masih ada di bagian Benny, tapi segi penulisannya jauh lebih baik. Benny dengan detail mendeskripsikan perasaannya sampai penampilan fisik Ayu. Sayangnya di sini jumlah halamannya lebih sedikit dari bagian Ayu. Penyelesaian konfliknya kurang dramatis menurutku.

Terlepas dari itu, harus kuakui ceritanya menghibur dan ending-nya melegakan. Aku sempat menolak untuk ‘hanyut’ dalam ceritanya karena ya, takut galau ;p Aku juga sempat mengira kehadiran tokoh kecil seperti Ditto dan Yuana akan membuat ceritanya sangat rumit. Untungnya ceritanya tetap fokus pada Ayu dan Benny. Aku suka saat keadaan membuat mereka tinggal di bawah satu atap. Banyak perkembangan menarik dan membuat ceritanya tambah rame. Untuk adegan dewasanya, ada cukup banyak. Mulai dari yang terang-terangan ataupun hanya disebutkan. Efeknya yang dihasilkan cukup berbeda tergantung tingkat kedekatan Ayu dan Benny. Jika yang pertama membuat Ayu terlihat sangat malang dan Benny terkesan tidak berperasaan, selanjutnya terasa bahwa mereka saling membutuhkan dan romantis :)

At last, Stay with Me Tonight berhasil mengantarkan cerita mengharu biru tentang dua orang yang menyembuhkan satu sama lain. Gaya penulisannya yang sederhana dan lugas membuat konfliknya mudah diikuti dan tentunya membuat penasaran. Untuk segala kekurangannya, semoga bisa diperbaiki dan lebih baik di karya selanjutnya :D

No comments:

Post a Comment

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...