[Blog Tour] Heartling – Review & Giveaway

by - 8:00 AM


Haloooo, ini dia giveaway yang kumaksud di postingan bulan lalu. Too Early mendapat kesempatan lagi untuk berpartisipasi sebagai host blog tour dan giveaway. Kali ini novel yang akan dibahas adalah Heartling karya Indah Hanaco :D

Indah Hanaco
256 Halaman
PT. Gramedia Pustaka Utama, Juni 2015
Rp. 50.000,-

Monster!

Bagi Amara, monster itu bernama Marcello. Monster dengan kenangan-kenangan buruk.
Cowok. Sahabat. Gaun. Pemerkosaan. Rumah sakit.
Amara tidak lagi menginginkan hal-hal itu hadir di hidupnya.

Seakan takdir belum puas mengolok-olok Amara, monster itu tiba-tiba muncul mengganggu hubungannya dengan Ji Hwan.
Tepat ketika dia berusaha membuka hati.

Apa yang harus Amara lakukan?

Aku selalu senang mendapat tawaran untuk me-review buku dan jadi host blog tour. Susah rasanya untuk menolak buku gratis (hehehehe) dan kesempatan untuk membaca karya seorang penulis yang tak pernah sempat kucoba. Heartling adalah salah satunya. Aku sudah sering melihat novel-novel karya Indah Hanaco dipajang di bagian buku baru. Aku ingin coba baca salah satunya tapi bingung karena terlalu banyak pilihan. Novel ini seperti menjadi solusi untuk masalah-(nggak penting)-ku itu. Let’s review it :D

"Sebenarnya Amara bukan tipe penyendiri. Tapi kesenangannya bergaul mati sejak peristiwa mengerikan itu terjadi. Dia juga berhenti memberikan kepercayaan kepada orang lain, tanpa kecuali. Termasuk kepada orangtua dan kedua kakaknya." – halaman 18

Amara Kameli kembali ke bangku kuliah setelah cuti selama setahun. Di hari pertamanya, dia berkenalan dengan Sophie. Teman barunya itu selalu ingin tahu dan sangat peduli dengan keseharian Amara. Walaupun awalnya agak menyebalkan dan canggung, mereka jadi dekat dan saling curhat tentang berbagai macam hal, terutama saat dosen tampan mereka, Pak Reuben, menyatakan perasaannya kepada Amara. Amara ketakutan karena usaha Pak Reuben itu mengingatkannya pada pemerkosaan yang pernah dilakukan temannya, Marcello. Karena itu Amara jadi tak nyaman berada dekat dengan lawan jenis.

Teman-teman lama Amara, salah satunya Brisha, mempertanyakan alasan di balik cuti Amara. Pertanyaan itu selalu bisa Amara hindari sampai Brisha mengundangnya ke acara keluarganya. Karena sudah terlanjur berjanji, Amara akhirnya datang dan mengajak Sophie. Di sana dia dikenalkan dengan teman sepupu Brisha, Seo Ji Hwan. Paksaan kedua temannya membuat Amara kesal. Dia jadi melontarkan kata-kata pedas kepada Ji Hwan. Rasa sesal kemudian datang karena sebenarnya Amara tertarik dengan Ji Hwan. Pada saat Amara memikirkan kebodohannya itu, Marcello tiba-tiba muncul kembali.

"Kamu, ada baiknya nggak berharap banyak padaku, Ji Hwan. Kejadian kemarin itu pasti akan terulang lagi dan kamu pasti akan segera menjauh. Aku bukan orang yang … tepat." – halaman 73

Heartling memperlihatkan bahwa move on dari masa lalu tidak hanya butuh dukungan dari orang-orang terdekat, tapi juga keinginan diri sendiri untuk bisa menikmati masa sekarang dan membangun masa depan. Langkah Amara, yang sempat mengalami perlakuan tak senonoh, untuk kembali kuliah sudah sangat berani. Sayangnya, dia belum sepenuhnya membuka diri. Kehadiran dan dukungan dari Sophie, Brisha, dan terutama Ji Hwan membuatnya yakin. Cerita sampingan dari Sophie dan Brisha cukup menarik dan membuat mereka bertiga punya kesamaan dan muncul lebih banyak alasan kuat untuk move on. Walaupun kerasa sedikit cheesy, persahabatan yang aku lihat pada umumnya emang begitu. Tips menggunakan lolipop untuk mengurangi rasa gugup dari Sophie itu lucu banget. Akhirnya aku mengerti dengan desain cover-nya.

Lalu soal Ji Hwan, ehem, kalau menyangkut cinta, semuanya bisa terjadi. Cinta, baik dalam hubungan pertemanan atau percintaan, selalu bisa mengubah dan menggerakan seseorang. Untung saja Amara mau mencoba lagi. Kalau tidak, kita kehilangan kesempatan untuk berkenalan dengan tokoh cowok keturunan Korea yang super sabar itu. Alih-alih memasang tokoh berwajah indo, pasangan Amara ini berasal dari negara yang budayanya sangat digandrungi. Maka dari itu kehadiran Ji Hwan ini sangat menarik. Aku sangat senang saat Ji Hwan mendapat porsi untuk bercerita dari sudut pandangnya. Sayangnya munculnya di bagian pertengahan. Lalu kebudayaan Korea, makanan, cara berpakaian dan pemikiran, tidak terlalu terlihat dari keseharian Ji Hwan. Kenapa dia lebih memilih burger daripada makanan Korean sebagai menu makan malam mereka? Sepertinya dia sama saja dengan kebanyakan anak muda sekarang yang cenderung mengikuti budaya negara lain.

Saat sedang menikmati cerita Amara dan Ji Hwan yang manis itu, aku agak terganggu dengan penggunaan tanda titik-titik yang cukup banyak di dialog. Titik-titik itu menggambarkan kalau yang berbicara berhenti beberapa kali, entah diam atau terlalu takut untuk berbicara. Menurutku titik-titik yang berulang itu berlebihan. Untuk memperlihatkan sang tokoh ragu-ragu, mungkin ada cara lain yang lebih baik. Selain itu, aku merasa deskripsinya terlalu ‘telling’ dibandingkan ‘showing’. Karena diceritakan cukup blak-blakan, rasa simpatiku pada para tokoh, terutama Amara, tidak terlalu besar. Lalu apa arti dari Heartling sebenarnya? Penjelasannya tidak benar-benar diungkapkan. Kamu benar-benar pacar yang buruk, Ji Hwan.

At last, Heartling menyajikan perjuangan Amara terlepas dari masa lalu kelamnya dengan bantuan teman-teman yang tak hanya baik, tapi juga pengertian. Ditambah kehadiran Ji Hwan yang unik, ceritanya jadi cukup menghibur. Walaupun aku kurang suka dengan gaya penulisannya, rasa penasaranku pada karya Indah Hanaco masih ada. Kira-kira novel apa yang harus aku baca selanjutnya? :)


***

GIVEAWAY TIME!

Ada satu ekspemplar Heartling karya Indah Hanaco untuk satu pemenang

Syarat dan ketentuan:

- Peserta berdomisili atau mempunyai alamat di Indonesia

- Follow akun Twitter @IndahHanaco

- Pasang cover novel Heartling sebagai profile picture kamu di Twitter, sampai pemenang giveaway ini diumumkan. Gambar cover tersebut bisa kamu dapatkan di bagian atas postingan ini.

- Tweet mengenai giveaway ini. Jangan lupa mention @IndahHanaco @dhanarun dan sertakan tagar #Heartling

Contoh:

Aku ikutan giveaway #Heartling di http://dhynhanarun.blogspot.com/2015/08/blog-tour-heartling-review-giveaway.html berlangsung sampai 13 Juli  ;D cc. @IndahHanaco @dhanarun

- Jawaban pertanyaan berikut,

"Makanan atau minuman apa yang ampuh menghilangkan rasa gugupmu?"

- Tulis data diri dan jawaban kamu di kolom komentar dengan format di bawah ini:

Jawaban
Nama Kamu | Akun Twitter Kamu | Domisili
Link tweet

Contoh:

Kalau gugup, aku suka minum air putih yang tidak dingin. Cukup bisa menjernihkan pikiran.
Dhyn | @dhanarun | Bandung
http://twitter.com/dhanarun/status/blablabla

Giveaway berlangsung dari 9 – 13 Agustus 2015. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 14 Agustus 2015 di blog ini dan akan ku-mention akun Twitter-nya. Pemenang ditentukan tak hanya dari komentar yang paling menarik, tapi juga terpenuhinya persyaratan seperti tweet tentang giveaway.

Untuk kesempatan menang lebih besar, nantikan blog tour dan giveaway-nya di blog-blog berikut ini;

14 – 18 Agustus 2015

19 – 23 Agustus 2015

Jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan lewat akun Twitter-ku, @dhanarun. GOOD LUCK! :D

You May Also Like

24 comment(s)


  1. Nama Kamu : Naning Pratiwi
    Akun Twitter : @chelseas_lovers
    Domisili : Tulungagung, Jawa Timur
    Link tweet : https://twitter.com/chelseas_lovers/status/630204930649817088

    "Makanan atau minuman apa yang ampuh menghilangkan rasa gugupmu?"

    Cuman simple.. Permen darisegala jenis permen Mau yang biasa atau yang pakai kaki seperti permen lolipo. Heeeemm.. Ampuh deh.. Selain penghilang gugup, permen adalah obat paling ampuhku dalam menghadapai kesetresan akibat masalah kerja.
    Sambil tutup kuping dengan earphone, dengan alunan lagu ceria dijamin gugup dan stres langsung cawww.. hehehhe

    Silakan dicoba.. :D :D

    ReplyDelete
  2. Air putih bisa bikin aku tenang dan sejuk, soalnya kayak ada manis-manisnya gitu*eh! Maksudku air putih bisa bikin tenggorokanku nggak kering lagi karena terlalu cepat nafas saat gugup. Bisa nambah oksigen dalam darah yang dapat melancarkan peredaran darah ke otak.

    Kadang aku juga suka makan beng-beng, bukan karena coklatnya, tapi karena aku emang suka beng-beng jadi semua rasa yang tidak mengenakan bisa teratasi oleh rasa senang itu sendiri.

    Pramestya Ambangsari | @p_ambangsari | Temanggung | twitter.com/p_ambangsari/status/630201218342608896

    ReplyDelete
  3. Kopi selalu jadi minuman yang aku cari ketika aku gugup, stres, marah, pokoknya ketika aku sedang nggak mood, percaya atau nggak kopi bisa bikin aku lebih aktif, padahal aku introvert, lebih bahagia, lebih positif, lebih semangat ngetik, kadang pengin sih punya kepribadian kayagitu, dengan kopi aku juga bisa ngerasain apa yang orang rasakan ketika mereka sedang dalam pengaruh narkoba, mungkin rasanya memang sedikit seperti itu, beban kaya hilang.

    Umi Marfa | @dwimut11 | Banyumas-Purwokerto
    https://twitter.com/dwimut11/status/630292843337240577

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Kalau gugup, aku suka makan cokelat. Rasanya yang manis dan teksturnya yang bersahabat di lidah membuat perasaan jadi nyaman. Seolah sedang tidak terjadi apa-apa. Rasa gugup bisa berkurang dan yang ada pedenya meningkat. Aromanya itulho menenangkan. Dengan makan cokelat serasa dibawa ke negeri cokelat. Yummy. Pokoknya cokelat is the best lah. No other. Love it!

    Widi | @nisawidik | Yogyakarta
    https://twitter.com/nisawidik/status/630536903519940608

    ReplyDelete
  6. Ngemut permen rasa mint. Rasa mint ini secara pribadi membuat pikiran jadi dingin dan membuat hati serasa lapang, lega dan besar. Sehingga kegugupan / ketakutan dapat ditampung hati dan tidak bikin jadi masalah. Ah, yang berrasa mint, mendinginkan keadaan.

    Hapudin - @adindilla - Cirebon
    https://twitter.com/adindilla/status/630540302634217472

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. "Makanan atau minuman apa yang ampuh menghilangkan rasa gugupmu?"
    Air putih!
    Seperti namanya air putih bikin pikiran jernih & hati tenang, juga lebih menyehatkan.

    Aulia | @nunaalia | Serang
    https://twitter.com/nunaalia/status/630591577526669313

    ReplyDelete
  9. Kalau lagi gugup karena presentasi gitu sukanya aku memang minum air putih jadi bikin otak yg mampet gara-gara gugup setidaknya jernih. Tapi kalau gugup karena mau ketemu seseorang gitu aku sukanya makan lolipop atau choki-choki gitu haha gak abis-abis tapi rasa gugupnya tiba-tiba abis begitu aja :D

    Dias Shinta Devi | @DiasShinta | Bogor, Jawa Barat
    https://twitter.com/DiasShinta/status/630631228668968960

    ReplyDelete
  10. Biasanya gugup itu karena mau presentasi, karena kepikiran presentasi + gugup jadilah lapar makanya jika ada waktu istirahat, aku biasanya makan nasi telur+mihun sama minum air putih dulu di kantin. Tapi kalau dapat presentasi di jam awal biasanya cukup minum air putih saja biar lebih tenang.

    Nadia Puspaningtyas A. | @Nadia48nafla | Surakarta
    https://twitter.com/Nadia48nafla/status/630641046913814528

    ReplyDelete
  11. Lois Ninawati | @_loisninawati | Situbondo | http://mobile.twitter.com/_loisninawati/status/630695890202701825?p=v

    kalo aku lagi gugup, makanan/minuman yang ampuh buat ngilangin rasa gugupku, adalahhhhh.... makanan yang pedas. misalnya nih, gorengan pake lombok, nasi pake sambel, pokoknya, yang pedes deh. because, ada sensasi kepedesannya :D

    ReplyDelete
  12. Berhubung kalau aku lagi gugup itu tangan jadi dingin, keringat dingin, bulu sekujur badan meremang, merinding kayak mau demam, jadinya sering berdampak ke mules sakit perut karena masuk angin gitu karena angin mudah berdifusi ke badan akibat reaksi gugup tadi. Nah, gugup biasanya dalam kondisi yang darurat jadi harus cepat dihilangkan. Minuman buat ngilangin kegugupan itu yang ampuh buatku adalah minuman bersoda. Enaknya sih soda susu. Tapi kalo mau cepat ya pilih soda kalengan aja. Tujuannya untuk menstimulasi kondisi perut yang lagi anginan supaya nantinya bisa dikeluarkan lewat sendawa. Yah, emang rada nggak sehat (minumannya) dan rada explosive gitu sendawanya haha. Harus permisi ngejauh dulu ini mah. Tapi kalau ke aku ya ngaruhnya pake minuman itu, baru deh gugupnya reda. Supaya nggak kembung, harus diimbangi juga dengan makan roti (semacam roti isi) minimal sebungkus.

    Aya Murning | @murniaya | Palembang
    https://twitter.com/murniaya/status/630707859085524994

    ReplyDelete
  13. Ririn Puji// @RinJaeWook// Palembang// https://twitter.com/RinJaeWook/status/630732581416230912?s=01

    Makanan atau Minuman menghilangkan gugup?
    Kalo makanan ya makanan pedes plus Anget-anget panas(?) Soalnya 'anget' menurut aku, super panas menurut orang wks~ terutama makan 'Model atau Tekwan' -yang gak tau Model sama tekwan itu makanan khas palembang-

    Perasaan apapun ilang mah kalo ketemu Model yang pedes plus anget. Sueer patah hati pun terlupakan haha
    Model juga mudah didapatkan dimana saja, disaat kepepet pun hmm

    ReplyDelete
  14. Kalau gugup pasti bawaannya pingin minum air putih. Biasanya berasa seger dan agak tenang kalau udah minum terus badan bisa sedikit rileks jadinya gak terlalu kaku karena gugup. Dan lagi biasanya kalau gugup kan otak agak macet gitu ya (terutama otak saya :p) sehingga fungsi putih bisa juga melancarkan kerja otak tersebut ...


    Veny | @yutakaNoYuki | Balikpapan
    https://twitter.com/yutakaNoYuki/status/630817581817991168

    ReplyDelete
  15. Minuman yang bisa membuatku tenang saat aku gugup...standar banget deh kayaknya...yaitu teh manis :D

    Mungkin hal itu dikarenakan aku suka ngeteh tiap hari, pagi/sore/malam, sesenggangnya aku. Aku ngeteh ketika aku santai, saat aku ingin rileks. Biasanya sesi santaiku itu pagi hari. Aku mengisi waktu itu dengan minum teh, makan cemilan sambil baca berita (duh, udah kayak orang tua aja ya). Jadi minum teh sudah diartikan pikiranku sebagai "saat santai", sehingga tubuhku bisa lebih rileks setelah aku minum teh.

    Ketika aku santai, aku lebih memilih teh manis dari pada minuman lain (kopi atau soda), karena kopi membuat kerja syarafku jadi lebih awas sedangkan soda (menurutku) tidak baik untuk kesehatan. Kopi hanya cocok kuminum saat aku akan mengerjakan sesuatu, saat aku ingin lebih fokus dan produktif. Jadi kalau minum kopi saat gugup, bisa-bisa aku tambah gugup. Hahaha


    Icha | @kardusepatu | Yogyakarta
    https://twitter.com/kardusepatu/status/631026694531514368

    ReplyDelete
  16. Teh. Karena aroma wangi teh selalu berhasil membuatku tenang. Satu sendok untuk gula sudah cukup. Tidak terlalu manis dan juga tidak terlalu pahit.

    Banyak pelajar yang gugup saat sebelum presentasi. Ya, begitupula dengan saya. Saya selalu keringet dingin, deg-degan, gugup, bahkan yg sudah menjadi kebiasaan ke kamar mandi untuk buang air kecil. Air putih yang saya minum. Setidaknya mengurangi rasa kegugupan saya. Dan mengoleskan minyak kayu putih ditelapak tangan. Ya begitulah saya.

    Afika Yulia Sari | @afikayulia | Jakarta
    https://twitter.com/afikayulia/status/631093265958174720

    ReplyDelete
  17. Bakso dong. Makanan bulat-bulat ini berhasil megatasi gugup dengan ngelihat kuahnya yang bening dan harum kaldu yang menusuk hidung. Belum lagi kalau di tambah saos dan cabai rawit. keringat dingin akibat gugup bisa tergantikan menjadi keringat sakit perut. Hingga akhirnya berakhir di toilet dan memuntahkan semua kegugupan yang ada. Efek lain makan bakso, gugup yang ada bisa digantikan dengan stress. kenapa? Karena ngelihat timbangan mendadak naek setelah makan bakso hehe

    Neneng Lestari | @ntarienovrizal | Aceh
    https://twitter.com/nTarienovrizal/status/631152558917074944

    ReplyDelete
  18. Minman yang mampu menghilangkan rasa gugupku adalah limun sarsaparilla. Aku menyukai soda hasil dari fermentasi air tanaman ini karena citarasanya unik, tidak seperti minuman soda lain, yang tentunya akan membuat aku menjadi lebih tenang. Apalagi disaat-saat genting, kegugupanku perlahan hilang jika aku menyeruput limun sarsaparilla ini. Dan jika aku meminumnya disaat santai, aku merasa ada angin positif segar yang masuk sehingga pikiranku menjadi lebih jernih.


    Gestha Reffy | @AltGST | Bangka | https://twitter.com/AltGST/status/631352728636108800

    ReplyDelete
  19. Nama: Thia Amelia
    Domisili: Bogor
    Akun twitter: @Thia1498
    Link: https://twitter.com/Thia1498/status/631576487997517824?s=01

    Jawaban:
    "Makanan atau minuman apa yang ampuh menghilangkan
    rasa gugupmu?"

    Permen bisa membuat aku tenang, bisa menghilang kan rasa gugup dan membuat aku bisa berfikir lebih jernih. Biasanya, kalau aku gugup itu, pasti mikir yang engga-engga, gimana kalau gagal, gimana kalau hancur, gimana kalau salah, disertai sama tangan yang dinging dan gemeteran, nah disitu permen berperan penting. Bukan permen biasa yang langsung emut, tapi permen yang ada gagang nya, permen apa pun. Karena dengan permen gagang itu, semua pikiran yang engga-engga itu bisa hilang, diganti kan dengan keyakinan optimis yang jauh akan kegagalan. Maka dari itu, setiap saat aku selalu membawa permen gagang ditas, berjaga2 jika suatu saat aku akan berada pada situasi yang membuat aku gugup, dan itu selalu berhasil, permen gagang selalu membuat gugup ku hilang dan kepercayaan ku kembali.

    ReplyDelete
  20. Anyeonghaseo Dhyn alias @dhanarun. meski hari terakhir, tetep semangat kok buat dapetin novel #heartling nya mbk Indah Hanaco :)

    Kalo bicara soal makanan atau minuman, pasti ngiler deh :) tapi kalo soal makanan atau minuman yg bisa ngilangin gugup aku jg ada..

    Biasanya, aku suka yg panas2 atau pedes2. Entah itu bakso yg kuahnya banyak dan pedes, atau teh panas yg bisa bikin aku keringetan. apa aja deh, pokoknya panas dan bisa bikin aku keringetan. Karena apa??

    Kalo lg gugup kan bawaaannya gemeter, bingung dan gak PD, nah kalo aku pribadi, minum atau makan yg panas2 dan pedes itu bisa bantu demam panggung. entah itu cemas2 sendiri, lg gadepin orang banyak atau lg ad masalah :) Krn abis makan atau minum yg panas & pedes, keringet kita kan ngalir tuh, nah... disitu lah fungsinya. Emosi yg kita taham atau amarah yg kita pendam sehingga jd rasa gugup itu bisa kita keluarkan melalui keringat krn makanan atau minuman panas atau pedas tadi. itu sih aku :)

    kalo kalian?? beda sih, tergantung pribadi dan mood masing2 ya, unik sih, aneh jg iya. Tapi itu adanya. iyaa... memang gitu, kalo kringet udah ngalir keluar, tinggal basuh muka, dan fresh deh. Selain gugup hilang, perut jg kenyang :) krn bakso panas makanannya :)

    hehehehe, see u ya, wish me luck :)

    Elok Faiqotul | @_elokfa | Pasuruan Jawa Timur
    Link tweet : https://twitter.com/_elokfa/status/631682601921613824

    ReplyDelete
  21. Pertanyaan :
    "Makanan atau minuman apa yang ampuh menghilangkan rasa gugupmu?"

    - Jawaban
    Permen mint dan juga air putih. Kalau nggak ada permen ya cukup minum air putih aja udah cukup buat ngurangi rasa gugupku. Karena dengan minum air putih, udah bisa bikin rasa minder atau rasa-rasa lain yang sedang kuderita menjadi menipis. Nha, kalau makan permen mint, itu rasanya bikin tenggorokan lebih fresh, dan siap buat “showing up”. So, yang semula gugup, jadi tambah terbantu sama freshnya Permen mint, heee.....

    - Nama Kamu | Akun Twitter Kamu | Domisili
    Khoirur Rohmah | @Sii_Rohmaazha05 | Jember

    - Link tweet
    https://twitter.com/Sii_Rohmaazha05/status/631708044959748096
    https://twitter.com/Sii_Rohmaazha05/status/631708359637360640
    https://twitter.com/Sii_Rohmaazha05/status/631708703645798404

    ReplyDelete
  22. Agatha Vonilia | @Agatha_AVM | Jember

    Link tweet : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/631382091989544960

    - Jawaban :

    Teh dingin, bukan es teh lho. Mengapa teh? Nggak tahu ya soalnya teh itu kan manis. Jadi rasa manisnya itu menjalar ke seluruh tubuh. Rasa manis yang bikin aku semangat lagi dan meyakinkan diriku bahwa aku pasti bisa. Biasanya juga aku selalu takut menghadapi hal yang akan aku lalui, misalnya: harus mengajar apa ya besok, apa anak-anak akan dengerin aku, atau tertarik sama pelajaran yang akan aku berikan. Aku terlalu cemas dan takut serta selalu menghindar karena berpikiran negatif terlebih dahulu. Awal mencoba minum teh, aku merasa semangat mulai kembali. Rasa manisnya benar-benar bikin manis di hati dan berpikir positif.

    ReplyDelete
  23. Nama Kamu | Akun Twitter Kamu | Domisili : Hary Gimulya | @angels_rutherfo | Bandung
    Link tweet : https://twitter.com/angels_rutherfo/status/631832320740229120

    Jawaban : Pernahkah kalian merasakan bahwa menikmati segelas Milo hangat itu sungguh menyenangkan?
    Aroma dan rasanya itu lho, maknyus sekali. Begitu khas dan dijamin kalian tidak akan bisa menemukannya di produk lain.
    Begitu diseruput, ahhh....rasa coklatnya yang sensasional langsung memenuhi mulut dan langsung seketika rasa gugup yang melanda langsung hilang.
    Serius lho, kalau ga percaya cobain deh.
    Kalau sudah menikmati Milo hangat, gugup hilang, semangat langsung datang.
    Hidup menjadi penuh optimisme.:)

    ReplyDelete
  24. Nama : Shiela Hartiningtyas
    Twitter : @ruth_shiela
    Domisili : Cirebon
    Link tweet : https://twitter.com/ruth_shiela/status/631831306842714112

    Jawaban : Setiap orang pasti pernah merasakan gugup dalam hidupnya kan?
    Rasanya sangat tidak menyenangkan bukan kalau perasaan itu sudah datang.
    Nah kalau aku merasa gugup, biasanya aku memiliki senjata andalan, yaitu menikmati segelas wedang bandrek. Setiap hari biasanya aku selalu menyempatkan untuk membuatnya karena aku yakin, dalam aktivitas pekerjaan tiap hari, pasti ada kalanya aku merasa gugup. Itu karena aku orangnya mudah panikan.
    Makanya aku selalu menyempatkan membuatnya sebelum berangkat kerja atau di malam harinya.
    Caranya tidak ribet kok.
    Ini aku kasih resep mudah membuatnya ya :
    Bahan :
    1 liter air bersih
    350 gr gula merah
    3 batang serai ( memarkan )
    80 gr jahe bakar ( memarkan )
    1/2 sendok makan garam
    1 lembar daun pandan ( dicuci bersih )
    susu kental manis putih secukupnya

    Cara Membuat Wedang Bandrek Susu :
    Rebus gula merah dengan air, diamkan sampai mendidih
    Masukkan jahe bakar yang sudah dimemarkan, daun pandan dan batang serai kedalam rebusan gula, aduk-aduk sampai mengeluarkan aroma yang harum
    Tambahkan garam kedalam rebusan bahan, aduk sampai tercampur rata
    Matikan api lalu saring wedang bandrek yang sudah matang kedalam teko
    Ambil satu gelas saji lalu tuang wedang bandrek kedalamnya
    Tambahkan dengan susu kental manis secukupnya, aduk hingga rata
    Wedang bandrek susu siap dihidangkan.

    Jangan lupa dipraktekkan ya dan siap2 bilang bye-bye ke rasa gugupmu.^^

    ReplyDelete

Thanks for leave your comment :D