MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Saturday, October 10, 2015

Passion – Terbakar

Lauren Kate
416 Halaman
PT. Gramedia Pustaka Utama, Juni 2013
Rp. 60.000,-

Luce rela mati untuk Daniel

Dan itu yang terjadi. Berulang-ulang. Tetapi, mungkin tidak harus seperti itu …

Luce yakin bahwa sesuatu – atau seseorang – di kehidupan masa lalu bisa membantunya. Jadi ia kembali ke masa lalu untuk mencari cara agar cinta mereka bisa berlangsung selamanya.

Cam dan pasukan para malaikat serta Golongan Yang Terasing mengejar Luce, tapi tidak ada yang sepanik Daniel. Daniel takut pada apa yang terjadi jika Luce menulis ulang sejarah. Karena hubungan mereka selama berabad-abad bisa habis dilalap api .. selamanya.

Sulit untuk menolak keinginan untuk tidak membaca Passion – Terbakar. Aku penasaran dengan banyak hal. Apa yang terjadi setelah ending di Torment? Kenapa judulnya diterjemahkan menjadi ‘Terbakar’? Dan kenapa sekarang gadis di cover menghadap ke pembaca? Rambut yang tertiup angin dan menyembunyikan sebagian wajahnya menghasilkan efek seram. Sedikit, sih. Now, let’s review it! :D

"Aku ingin mencari tahu kenapa Daniel dan aku dikutuk. Dan aku ingin mematahkan kutukan itu. aku ingin menghentikan cinta membunuhku, agar kami bisa bersama – untuk selamanya." – halaman 100

Lucinda ‘Luce’ Price menggunakan Sang Pemberitahu untuk pergi ke masa lalunya. Dia ingin mematahkan kutukan yang menjerat dirinya dan Daniel Grigori selama berabad-abad. Sang Pemberitahu membawa Luce ke Moscow yang tengah digembur bom, ke Milan yang sibuk merawat korban perang, dan tempat-tempat lain di mana dia bertemu dan jatuh cinta kepada Daniel. Dia juga akhirnya menyaksikan momen dirinya terbakar menjadi abu di dalam pelukan Daniel. Berulang kali. Di tengah perjalanan menuju abad sebelumnya, Luce bertemu dengan Bill. Gargoyle mungil itu menawarkan bantuan agar Luce bisa mencapai tujuannya. Bersama-sama, mereka mengunjungi Luce-Luce lain di masa lalu.

Sementara itu, Daniel mengejar Luce dan menolak bantuan dari Cam dan malaikat lainnya, apalagi Shelby dan Miles. Tetapi dia selalu selangkah di belakang. Saat dia sampai di Moskow, Luce masa lalu sudah terbakar dan Luce masa kini sudah pergi. Begitu terus. Kadang dia keluar di tempat yang tidak berhubungan dengan kenangan bersama Luce. Dia lalu sadar perjalanan ini tidak hanya tentang menemukan Luce. Ini tentang dirinya juga. Mungkin dia lah yang bisa mengubah takdirnya.

"Tidak semua malaikat terkutuk cukup beruntung untuk terikat dengan kekasih kita karena kutukan." – halaman 314

Passion – Terbakar memperlihatkan perjuangan dan penderitaan cinta Luce dan Daniel selama berabad-abad. Aku senang Luce begitu berani mengambil keputusan untuk mencari jawaban, memperjuangan cintanya, dan pergi sendiri. Perjalanannya pun sangat menarik karena setiap masa yang dia kunjungi punya ciri khas dan sejarahnya masing-masing. Tak hanya itu sosok masa lalu Luce punya nama-nama unik seperti Luschka, Lulu, Lys, dan Lu Xin. Namun, seperti yang diketahui kisah mereka selalu berakhir tragis, Luce terbakar (makanya judul terjemahannya begitu!). Tapi ada kesan indah dan membebaskan di sana. Itulah yang membuat cinta mereka tetap menyala. Sebelumnya, aku pikir penyebabnya adalah ciuman Daniel. Ternyata banyak hal lain yang bisa membakar Luce. Perpisahan itu tak pernah bisa diduga datangnya. Kesedihan yang Daniel pun sangat dalam. Caranya melampiaskannya pun sangat memilukan. Aku tersentuh dengan bagian-bagian itu.

Sayangnya, lama-lama perjalanan Luce ini membosankan. Dia dan Bill melewati Sang Pemberitahu, menyesuai diri dengan keadaan di masa tersebut, mencari Luce di masa tersebut, bertemu Daniel masa tersebut dan sedikit terlena, lalu akhir yang tragis, lagi dan lagi. Bagian masa lalu mana yang sebenarnya bisa mematahkan kutukan mereka? Tidak jelas. Cerita dari sudut pandang Daniel juga tidak terlalu membantu. Dia selalu datang telat atau hadir hanya untuk memberikan informasi sediki lebih dalam tentang kisah dia dan Luce di masa tersebut. Lalu apa yang sebenarnya dia lakukan dengan sosok masa lalunya? Sudah susah payah melakukan tiga dimensi, lalu melepasnya dengan proses yang tak kalah melelahkan. Tapi senang rasanya bisa melihat hal-hal lain dari sisi Daniel. Aku mendapat cerita tentang masa lalu Daniel yang tidak melibatkan Luce. Cam ada di sana dan terkuaklah sejarahnya yang tak terduga sama sekali.

Karena sudah pengalaman dengan pola dua buku sebelumnya, aku bisa menebak siapa pihak antagonisnya dengan segera dan tepat! Tapi kejutan masih datang saat sosok tersebut memunculkan wujud aslinya dan juga rencana jahat lainnya. Semuanya seperti biasa muncul di bab terakhir. Bener-bener membuatku digantung dengan ketegangan. Teganya! Oh, iya, di sana juga ada penjelasan tentang kutukan yang sempat menjadi tanda tanya besar di kepalaku. Jawabannya cukup memuaskan, tapi pertanyaan baru muncul lebih banyak lagi.

At last, Passion – Terbakar berhasil membakar semangatku untuk mengikuti misi Luce dalam mematahkan kutukan pada Daniel dan dirinya. Pengulangan di setiap Luce masa lalu memang sedikit membosankan, namun kisah cinta yang selalu berakhir tragis cukup mengharukan. Bagian ramenya masih bertumpuk di akhir cerita dan masih ditutup dengan ending menggantung. Itu tak menyurutkan minatku. Harus. Segera. Baca. Rapture! ;p

No comments:

Post a Comment

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...