MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Saturday, December 26, 2015

Fantastic Beasts and Where to Find Them – Hewan-Hewan Fantastis dan Di Mana Mereka Bisa Ditemukan

Newt Scamander (J.K. Rowling)
88 Halaman
PT. Gramedia Pustaka Utama, April 2002 (Cetakan Keenam)

Hampir setiap rumah para penyihir di seluruh negeri pasti memiliki satu eksemplar buku Fantastic Beasts and Where to Find Them atau Hewan-Hewan Fantastic dan di Mana Mereka Bisa Ditemukan. Kini hanya untuk waktu terbatas, Muggle juga mendapat kesempatan untuk mengetahui di mana asal Buckbeak si Hippogriff, bahwa Naga Punggung Bersirip Norwegia (bangsanya Bayi Norbert) pernah memangsa ikan paus, dan bahwa Pixie yang pernah membuat Profesor Lockhart ketakutan setengah mati sebenarnya sangat menggemari lelucon-lelucon konyol.

Hasil penjualan buku ini akan disumbangkan pada Comic Relief. Itu artinya, rupiah dan Galleon yang kauserahkan untuk mendapatkan buku ini akan digunakan untuk menolong dan memberi kehidupan yang lebih baik bagi sesama kita yang kurang beruntung. Saya perlu mengingatkan, keajaiban seperti ini melebihi kemampuan penyihir mana pun juga. Jika kau merasa alasan ini tak cukup kuat, dan karenanya enggan membeli buku ini, tanggung sendiri kalau kau tiba-tiba diserang Troll dan tidak tahu bagaimana melawan makhluk yang sebenarnya bodoh ini.

Albus Dumbledore

Fantastic Beasts and Where to Find Them – Hewan-Hewan Fantastis dan Di Mana Mereka Bisa Ditemukan jadi terlihat lebih menarik untuk dibaca setelah aku mendengar kabar film adaptasinya. Lalu menemukannya di bagian buku obral di Togamas (cuma lima ribu saja) adalah sebuah kejutan. Let’s review it now! :D

"Buku ditanganmu ini adalah duplikat buku Hewan-Hewan Fantastis milik Harry Potter, lengkap dengan coretan-coretan informatif di bagian tepi, baik yang ditulis olehnya maupun teman-temannya." – halaman 10

Fantastic Beasts and Where to Find Them – Hewan-hewan Fantastis dan Di Mana Mereka Bisa Ditemukan adalah salah satu buku pelajaran di Sekolah Sihir Hogwarts. Isinya secara lengkap membahas hewan-hewan fantastis dari bentuk, cara mengatasi, kegunaan, dan klasifikasi tingkat kebahayaan dari Kementrian Sihir. Sebelum memasuki daftar A-Z hewan-hewan tersebut, penulis memberi pendahuluan tentang bagaimana mana Departemen Pengaturan dan Pengawasan Makhluk Gaib mendefinisikan mereka dalam kategori makhluk, hewan, dan hantu. Buku ini juga dilengkapi dengan kata pengantar dari Albus Dumbledore dan coretan dari sang pemilik, Harry Potter, dan teman-temannya, Ron Wesley dan Hermione Granger.

"Pemandangan sebatang pohon di malam hari yang penuh benjolan Clabbert memang tampak indah, tapi juga menarik perhatian banyak Muggle yang bertanya-tanya kenapa tetangga mereka masih memasang lampu-lampu Natal pada bulan Juni." – halaman 40

Selain mendapatkan pengetahuan dunia sihir yang cukup berguna dan menghibur untuk Muggle, Fantastic Beasts and Where to Find Them – Hewan-hewan Fantastis dan Di Mana Mereka Bisa Ditemukan juga memberikan efek nostalgia yang tak bisa dihindari. Begitu menemukan nama-nama familiar seperti Hippogriff, Leprechaun, Niffler, bahkan Basilisk, rasanya aku ingin langsung mengambil koleksi buku Harry Potter-ku dan membaca ulang semuanya. Informasi tentang mereka ternyata lebih banyak dari yang diceritakan di buku. Belum lagi banyak makhluk dan hewan lain yang sama menariknya. Ada Ashwinder, ular yang tercipta ketika api sihir dibiarkan tanpa kendali. Lalu ada Lethifold, yang juga disebut Jubah Gaib, yang bisa membunuh mangsanya tanpa meninggalkan jejak. Patronus diperkirakan satu-satunya mantra yang ampuh melawannya.


Walaupun penjelasan makhluk seperti itu terdengar sangat seram, penulis menyertakan catatan kaki, referensi ke buku sihir lain, atau potongan cerita dari saksi hidup yang kadang menggelikan. Salah satunya kasus seorang penyihir hilang yang misterius. Dia diduga menjadi korban Lethifold. Saat istri dan anaknya sedang berkabung, penyihir tersebut malah ditemukan hidup dan tinggal bersama wanita lain hahahaha. Aku kira Cuma Dumbledore yang bisa menyelipkan candaan di hal serius (dia mengancam akan melancarkan Kutukan Maling kalau kita membaca buku ini di toko buku), tetapi penulis juga punya selera humor yang bagus.


Hal lain yang sangat menghibur adalah coretan dari Harry, Ron, dan Hermione. Mereka menggarisbawahi beberapa bagian dan memberikan catatan kecil, terutama pada makhluk dan hewan yang mereka hadapi dan temui sepanjang belajar di Hogwarts. Harry punya gaya penulisan huruf ‘G’ yang khas, Ron biasanya mencoreti bagian yang dia tidak suka, dan Hermione punya gaya tulisan tidak bersambung. Tetapi agak sulit bagiku untuk menebak tulisan siapa itu. Lalu aku berharap seluruh penjelasan itu dilengkapi ilustrasi. Di sini hanya beberapa yang diberi ilustrasi dan biasanya hewan yang tidak begitu menarik dan cenderung tidak berbahaya. Kalau begitu, bagaimana para murid bisa tahu mereka melancarkan mantra pada makhluk yang tepat?

Book vs Film Adaptation

Trailer pertama untuk film adaptasinya sudah dirilis. Isinya mengenai sebuah koper yang memuat makhluk misterius. Scamander yang diperankan oleh Eddie harus berurusan dengan koper berbahaya itu. Sedikit berbeda dari berita yang kubaca sebelumnya. Kukira Scamander berpetualang untuk menemukan hewan-hewan fantastis yang kemudian dituangkan dalam sebuah buku. Ada kabar juga petualangan Scamander akan hadir dalam tiga film, seperti halnya The Hobbit. Itu belum pasti sih, tetapi aku akan senang dengan apapun yang berkaitan dengan Harry Potter! 

At last, Fantastic Beasts and Where to Find Them – Hewan-hewan Fantastis dan Di Mana Mereka Bisa Ditemukan memberi para Muggle pengetahuan umum tentang makhluk dan hewan yang sebenarnya nyata dan masih berkeliaran bebas. Selain mendapatkan tip dan trik yang berguna, coretan dari Harry, Ron, dan Hermione mengingatkan pada kisah mereka yang seru. Can’t wait for the movie(s)! ;)

No comments:

Post a Comment

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...