A Heart`s Journey with Coloring Book - Soleil France

by - 1:30 PM

Lee Il-Sun
128 Halaman
Elex Media Komputindo, Februari 2016
Rp. 110.000,-

A Heart’s Journey with Coloring Book!
Nikmati serunya perjalanan menyusuri tiap sudut Perancis yang akan mewarnai hari-harimu!
Warnailah keindahan pemandangan dan keramaian jalanan di Perancis.
Mulai langkahmu dan rasakan serunya sebuah perjalanan, lalu tuangkan imajinasimu dalam warna.
Lepaskan stress sambil mewarnai sesuka hati!

Buku mewarnai untuk dewasa lagi marak di toko buku. Kegiatan bermain dengan warna itu juga dinilai ampuh menjadi obat stres. Aku tentu tertarik untuk melakukan terapi tersebut. Tetapi aku agak kesulitan memilih buku mana yang cocok karena semakin banyak macamnya. Gambar-gambar yang ditawarkan pun punya detail yang cukup rumit sehingga aku malah jadi stres hahaha. Pencarianku berakhir ketika melihat info terbit A Heart’s Journey with Coloring Books – Soleil France! di akun Instagram penerbitnya. Aku, yang selalu suka dengan segala hal tentang Perancis, langsung semangat. Setelah melihat-lihat isinya, aku tak ragu untuk membelinya. Now, let’s review it! :D

"Warnai dengan pensil warna, spidol warna, atau dengan apapun. Nikmati serunya berwisata dan lepaskan stress sambil mewarnai sesuka hatimu."

A Heart’s Journey with Coloring Book – Soleil France! adalah buku mewarnai yang memuat 63 ilustrasi yang berhubungan dengan Perancis. Ilustrasi itu memperlihatkan karya arsitektur yang terkenal sebagai tempat wisata (Menara Eiffel, Sacré-Cœur Basilica, Mont Saint-Mitchel, dan lainnya), macam-macam dessert (Maracon, Madeleine, Tarte Tatin, dan lainnya), karya seni dan hiburan (‘The Little Prince’ karya Saint-Exupéry, Moulin Rouge, dan lainnya), sudut-sudut  yang menarik (Menuju stasiun bawah tanah, Pinggir Sungai Seine, Rumah dengan atap dan jendela nan cantik, dan lainnya), dan detail lainnya yang menggambarkan gaya hidup warga Perancis. Setiap ilustrasi dilengkapi dengan keterangan seperti tema atau tempat dan disertai gambar versi kecil yang berbentuk perangko. Buku punya ukuran yang cukup besar, kertas yang tebal, dan cover yang glossy.





A Heart’s Journey with Coloring Book – Soleil France! adalah buku mewarnai yang sangat menyenangkan. Tak hanya ilustrasinya yang cocok dengan minatku, buku ini juga menjadi media untuk kembali menjadi anak kecil dengan efek yang lumayan merilekskan pikiran. Aku sudah mencoba mewarnai salah satunya. Di bawah ini adalah ilustrasi Champs-Élysées, Paris yang dideskripsikan sebagai ‘jalan lebar paling indah di dunia yang membelah kota’. Bisa dilihat warnanya belum benar-benar rapi. Itu karena aku mewarnainya malam hari dan cahaya lampu kamar agak mengelabuiku. Sekarang warnanya sudah agak mendingan koq hehehe.


Sekarang lupakan sejenak soal teknik mewarnaiku yang biasa saja. Mari fokus pada pemilihan warnanya. Aku memilih warna-warna yang identik dengan pohon pada umumnya. Ini mungkin karena ilustrasinya adalah sesuai yang memang eksis di dunia nyata. Hal ini yang sebenarnya kurang kusuka dari buku mewarnai yang menggambil objek nyata. Secara otomatis, aku menggunakan warna yang nyata juga. Bukan salah penulisnya sih, mungkin aku saja yang kurang imajinatif dan masih takut bermain warna. Semoga saja pohon-pohon lain di ilustrasi berikut akan kuwarnai dengan pilihan yang lebih variatif hehehe

Saat sedang asyik mewarnai daun-daun kecil di pohon pertama, aku sedikit menekan pensil warna agar warnanya lebih tebal. Karena kertasnya tebal, aku pikir bagian belakangnya agak baik-baik saja. Celakanya, aku salah. Gambar di halaman berikutnya - foto pertama di review ini, Roti Khas Perancis - memang tidak mendapat bekas berpola daun, tetapi tinta di halaman tersebut menempel ke halaman kosong yang memuat deskripsi gambar. Tidak terlalu kelihatan sih. Tapi bagaimana kalau aku sudah selesai mewarnai seluruh gambarnya?




Kemudian, agar mewarnai bagian kiri pohon tersebut dengan nyaman, aku agak menekan dan meratakan halaman tersebut. Hasilnya lem buku tersebut jadi agak rusak dan menimbulkan bekas di punggung bukunya. Bekas di bagian punggung itu adalah mimpi buruk untuk para penyayang buku. Aku sempet sedih juga mencederai buku yang belum 24 jam menginap di kamarku. Tetapi itu tidak berlaku untuk buku non fiksi seperti ini. Aku harus melebarkan bukunya sebisa mungkin agar menjangkau bagian tertentu. Namun, aku tentu lebih hati-hati agar tidak membuat punggungnya lebih parah atau halamannya lepas. Aku kurang tahu apakan ini terjadi pada buku mewarnai yang lain juga atau ada buku yang sudah didesain sedemikian rupa. Bagi kamu yang mau membeli buku mewarnai untuk pertama kalinya, mungkin bisa memikirkan hal ini.

At last, A Heart’s Journey with Coloring Book – Soleil France! cocok untuk kalian yang tergila-gila dengan Perancis. Bentuk dan ukurannya pas untuk sebuah buku mewarnai. Kertasnya memang tebal tetapi hati-hati ketika mewarnainya, apalagi soal halaman dan lemnya. Jika kalian tidak terlalu suka dengan tema yang ini, penerbit bersangkutan sudah menerbitkan buku mewarnai yang bertema negara lain, Grace England dan A bella Italia. Recommended! :D

You May Also Like

2 comment(s)

  1. Inilah yang aku herankan dari buku-buku mewarnai untuk dewasa yang lagi populer banget ini. Kenapa jilidnya gak kayak atlas aja gitu biar bisa di-spread dengan nyaman. Katanya kan buat ngilangin stres, lah aku malah makin stres karna si bukunya gak mau tetap terbuka kecuali ditekan (aka dirusak). Hiks...

    ReplyDelete
  2. aku beli yang grace england..
    aku jg setuju.. yg lain bukunya bgs2 cuma ngejlimet.. haha
    makanya aku beli buku itu.. dan msh sedikit yg ngereview tntang buku itu..

    ReplyDelete

Thanks for leave your comment :D