My Makeup Collection: Eyeshadow

by - 9:15 PM


Seiring banyaknya undangan pernikahan dan acara formal lain yang harus kuhadiri, perhatianku pada penampilan jadi meningkat, khususnya untuk urusan riasan wajah. Beberapa bulan kebelakang, aku bahkan lebih semangat membeli kosmetik dibanding buku. Channel beauty guru dan video tutorial make up juga menjadi tontonan wajibku di Youtube.

Makeup favoritku adalah lipstick. Tapi aku tidak melupakan bagian wajah dan makeup lain, seperti riasan mata. Terlebih lagi aku baru menemukan #panthatpalette di Instagram. Intinya, para wanita menggunakan eyeshadow palette mereka sampai dasarnya terlihat. Lalu aku teringat akan tumpukan eyeshadow palette yang kupunya. Riasan mata kuakui cukup sulit, sekaligus menantang dan asyik untuk dimainkan.

Di postingan pertama ini, aku memperlihatkan dan sedikit menjelaskan pengalaman pribadiku (yang mungkin sangat memalukan) menggunakan eyeshadow dari berbagai brand, lokal dan luar. Aku juga akan menyertakan keterangan tempat beli dan harga untuk kalian yang berminat. Tapi aku tidak bisa menjamin harganya sama persis. Karena pas aku beli, produknya sedang didiskon atau harga di toko online yang biasa beragam.

Here we goooooo!

L.A. Girl
Beauty Brick Eyeshadow Collection
Nudes




Beli Juni 2016
Beli di Makeupucinno
Online store: www.makeupucinno.com
Offline store: Jl. Cisangkuy No. 68 (depan Sambel Hejo), Bandung
Harga: Rp. 120.000,-

Aku tertarik dengan eyeshadow palette ini karena banyak beauty guru menyatakan bahwa ini adalah duplikat untuk Urban Decay Naked 3. Warna-warnanya cantik dan natural, sepertinya bisa dipakai sehari-sehari. Dari dua belas warna, tiga di antaranya adalah matte dan sisanya shimmer.

Mencari palette ini agak bikin was-was. Ini pertama kalinya aku mencoba membeli kosmetik impor yang tidak ada di drug store Indonesia. Aku takut mendapatkan produk palsu atau cuma replika. Aku meriset beberapa toko kosmetik online cukup lama sampai menjatuhkan pilihan ke Makeuppucinno. Setelah barangnya datang, aku masih ada pikiran produknya tidak asli. Soalnya kemasaannya kesannya murah. Di bayanganku waktu itu, produk impor pasti berkualitas. Aku lupa kalau ini adalah produk drug store, bukan high end.



Saat pengaplikasiannya pun agak bermasalah. Warna shimmer tidak bisa menempel dengan baik di kelopak mataku yang memang agak berminyak. Aku sudah mencoba memakai eyeshadow base dulu, tapi tetap saja warnanya tidak sepigmented saat aku swatch di tangan. Kalau yang matte sih tidak masalah. Tapi jumlahnya terbatas.

Rasanya sedih dan kecewa. Aku kesal sendiri karena sudah membeli palette yang cukup besar tapi ujungnya tak terpakai. Lama setelah itu, aku tahu soal eyeshadow Colorpop yang warnanya bisa terambil dengan baik kalau menggunakan jari tangan. Walaupun berbeda, mencoba trik ke beberapa warna shimmer dan ternyata hasilnya lumayan.

Kini aku semangat lagi untuk bermain dengan warna-warna nude dari palette L.A. Girl ini.

Just Miss
Eyeshadow ES-265
04




Beli Desember 2015
Beli di Just Miss
https://www.justmisscosmetics.com/produk/eyes/eye-shadow/ES265/es-265.html
Harga: Rp. 29.000,-

Just Miss terkenal dengan lipstik pensilnya yang murah meriah dan bagus. Brand lokal ini juga menjual produk-produk makeup lain yang sama terjangkaunya. Ingin sekali mencoba semuanya. Pas banget, di akhir tahun 2015, Just Miss mengadakan promo Christmas’ Special Package. Eyeshadow adalah satu dari delapan produk yang ada di paket tersebut.




Aku memilih palette yang 04 karena ada warna keemasan yang cantik dan dua warna keunguan sebagai warna paling gelapnya. Saat itu aku belum tahu kalau semuanya shimmer dan  masalah kelopak mataku yang tidak bersahabat. Sudah bisa ditebak, aku tidak terlalu puas dengan produk ini. Belum lagi fall out-nya yang cukup banyak. Aku lupa produk ini ada sampai akan membuat postingan ini.

Kalau aku lagi iseng, mungkin aku akan mencoba menggunakan eyeshadow palette ini. Mungkin menggunakan trik yang sama seperti L.A. Girl atau memakai brush yang lebih pas. Apapun itu, semoga tidak membuat wajahku terlalu silau karena fall out-nya.

Make Over
Trivia Eyeshadow
Emperor Brown



Beli Oktober 2015
Beli di Toserba Griya, Buah Batu
Harga: sekitar Rp. 80.000,-

Hampir setahun yang lalu, aku sedang berburu eyeshadow warna natural. Lalu aku menemukan konter Make Over yang sedang diskon. Papan mengumuman diskon itu hanya mencantumkan besaran diskonnya, 20%. Tidak ada harga aslinya. Aku ragu dong, apalagi melihat kemasaannya yang cukup elegan. Aku akhirnya memilih eyeshadow lain yang punya warna coklat.

Sebelum membayarnya, aku terlanjur penasaran sama eyeshadow Make Over itu. Aku seharusnya tinggal bertanya, tapi terlalu malu. Akhirnya aku keluar area supermarket dulu (sinyal di dalam jelek banget) dan meng-googling soal Make Over. Ternyata produk lokal. Kakaknya Wardah malahan. Masih nggak tahu berapa harga pastinya, tapi aku kembali masuk dan membeli eyeshadow yang itu.




Ketiga warnanya matte dan pigmentasinya sangat bagus. Aku sering menggunakan warna yang tengah. Selain untuk daerah mata, bagus juga digunakan untuk shading hidung dan contour pipi. Favorit banget lah! Kacanya juga besar dan sangat berguna. Sayang, brush bawaannya tidak terlalu nyaman dipakai. Punyaku malah sudah rusak tuh. Tapi aku tidak begitu sering pake brush. Biasanya lebih suka pakai jari aja hehehe.

Inez Cosmetic
Color Contour and Eye Shadow Collection
05 Venice



Beli Juli 2016
Beli di Borma Fashion, Buah Batu
Harga: sekitar Rp. 40.000,-

Aku pertama kali tahu soal eyeshadow ini dari blog Racun Warna Warni. Lalu melihat tutorialnya di channel Youtube Suhay Salim. Eyeshadow Inez ini terkenal karena pigmentasinya yang juara. Yang paling laku adalah Venice karena warna-warnanya netral, 3 shimmer dan 1 matte. Aku bingung kenapa warna merah itu masuk warna netral. Tapi aku naksir banget sama warna keemasannya.



Butuh waktu yang lama dan kunjungan ke Borma yang sering untuk menemukan eyeshadow ini. Setelah berhasil membelinya, aku semangat sekaligus deg-degan buat nyoba warna keemasan itu. Tahu lah pengalamanku sama warna shimmer nggak pernah memuaskan. Namun eyeshadow Inez ini BERHASIL menempel dengan cantik di kelopak mataku. Nggak butuh eyebase sama sekali. Di-blend-nya juga mudah. Perjuanganku selama ini nggak sia-sia. Saking cintanya, aku memakainya untuk acara wisuda.

Wardah
Nude Colours Eyeshadow
Passionate






















Beli Agustus 2016
Beli di Wardah, Cihampelas Walk (Ciwalk)
Harga: sekitar Rp. 45.000,-

Aku tahu eyeshadow ini dari channel Suhay Salim juga. Berdasarkan tutorialnya, semua warnanya, 2 shimmer dan 1 matte, pigmented banget. Warna silvernya cantik banget, bikin aku langsung memburunya.



Sangat disayangkan, warna di tengah itu tidak berhasil menempel di kelopak mataku. Hasilnya lebih baik kalau aku pake tangan. Lebih sedih lagi saat kemasannya tak sengaja jatuh beberapa kali. Cukup banyak produk yang terbuang dan warna silver itu agak bubuk.

Walaupun begitu, aku tak kapok untuk memainkan warna-warnanya. Aku bahkan memakainya di video terbaruku (yang akan tayang hari Minggu). Warna coklatnya bagus banget dan gampang di-blend. Semoga aku juga bisa menguasai kedua warna shimmer-nya.

Pixy
Eye Shadow
Romantic Poem 01
























Beli sekitar tahun 2014-2015
Beli di Hypermart, Bandung Indah Plaza (BIP)
Harga: sekitar Rp. 30.000,-

Sepertinya ini eyeshadow pertama yang kubeli. Saat itu aku akan menghadiri acara wisuda adikku dengan menggunakan baju warna pink. Warna eyeshadow yang cocok tentu adalah warna pink lagi. Hahahaha aku ingin tertawa mengingat kepolosanku waktu itu. Alasan lain aku membeli warna ini adalah namanya, terutama bagian ‘Poem’. Setelah terhisap dunia kosmetik, aku harus ingat aku ini anak jurusan sastra Inggris hahaha.



Pada akhirnya, aku batal memakai kedua warnanya. Karena aku masih buta sekali soal cara pakai eyeshadow. Sekitar satu tahun setengah kemudian, aku memakainya saat membuat video review film The 5th Wave. Hasilnya memang tidak begitu rapi. Tapi aku sudah bisa menempatkan eyeshadow yang lumayan creamy itu di tempat yang tepat.

Mizzu
Gradical Eye Shadow
Smoky Charcoal 01



Beli Januari 2016
Beli di MizzuBandung
Harga: sekitar Rp. 40.000,-

Sebelum ikut mewarnai pasar lip cream lokal, Mizzu hanya dan fokus pada riasan mata. Eyeliner pen pertama yang kutahu itu adalah produk Mizzu. Tapi tanggung kalau cuma beli satu barang. Aku akhirnya beli eye base essential dan salah satu eyeshadow-nya. Aku pilih warna yang paling gelap karena aku ingin punya warna lain untuk membuat riasan smoky eyes. Eyeshadow sebelumnya hanya berputar pada warna-warna aman.



Bisa dilihat, eyeshadow ini terdiri dari 2 warna shimmer dan 1 warna matte. Saat di-swatch di tangan, apalagi menggunakan eye base terlebih dahulu, warnanya bagus banget. Berbeda saat kuusapkan ke kelopak mata. Padahal aku sudah pakai eye base-nya loh. Masalahnya waktu itu aku tidak punya brush yang pas. Brush bawaannya memang tidak seperti brush yang lain. Tapi kurangnya terlalu kecil dan bulunya agak keras. Jadi susah dipakai. Aku juga kurang pengalaman dan pengetahuan soal cara memakainya.

Sekarang aku sudah cukup tahu cara pakai eyeshadow. Mungkin kedepannya aku akan kembali mencoba memakainya. Apalagi eyeshadow ini punya warna hitam yang bagus untuk mempertegas riasan mata.


Nah itu dia tujuh eyeshadow palette yang kumiliki. Inez Venice dan Make Over Emperor Brown adalah favoritku. Tapi aku tidak akan melupakan eyeshadow yang lain. Sudah susah-susah beli, kan sayang kalau tak dipakai. Di video-video booktube-ku nanti, kalian mungkin akan melihat usahaku memanfaatkan setiap warnanya. Pasti kacau hahaha

Walaupun riasan mata belum benar-benar kukuasai, aku ingin membeli dan mencoba eyeshadow palette lain. Seperti Lorac Pro Palette 2 yang punya warna shimmer dan matte yang seimbang. Aku juga ingin mencoba warna-warna eyeshadow lain dari Inez atau mungkin lebih baik beli Natural Eye Shadow Palette aja sekalian. Semua 15 warnanya pasti sangat pigmented dan ampuh melawan kelopak mata berminyakku.

Semoga postingan ini bermanfaat untuk kalian yang ingin membeli eyeshadow. Kalau kamu punya masalah dengan kelopak mata yang berminyak sepertiku, apa yang kamu punya trik untuk mengatasinya dan bisa memakai eyeshadow dengan baik? Nantikan juga postingan lain tentang koleksi makeup-ku. Good day, guys :D 

You May Also Like

0 comment(s)

Thanks for leave your comment :D