MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Monday, June 24, 2013

Refrain

Genre:
Drama
Sutradara:
Fajar Nugros
Pemain:
Maudy Ayunda, Afgansyah Reza, Chealsea Elizabeth Islan, Maxime Bouttier, dan Stevani Nepa

Refrain bercerita tentang perjalanan Niki dan Nata dalam menemukan cinta mereka.

Setelah bertahun-tahun bersahabat, ada warna yang berbeda saat Niki dan Nata menginjak bangku SMA. Ada sosok Annalise, siswi baru yang ternyata Ibunya seorang model terkenal. Ada Oliver kapten basket tampan yang memikat Niki. Dan, ada Helena, kapten cheerleaders yang tidak pernah mau kalah.

Nata ternyata menyayangi Niki lebih dari sahabat. Sayangnya, Nata tidak berani mengungkapkan perasaannya, Nata hanya berani menuliskan isi hatinya lewat surat yang disimpan di sebuah amplop biru. Perasaan Nata tidak tersampaikan, sampai akhirnya Niki membaca surat itu ketika Nata sudah berangkat ke Austria untuk kuliah musik.

Kehebohan film Refrain terasa banget di Twitter (apalagi untuk followers penulis novelnya, Winna Efendi). Pemilihan para aktor (dan penyanyi :p) yang memerankan para tokoh fiksi, bocoran foto adegan dari akun si sutradara sendiri sampai soundtrack yang dibawakan kedua pemeran utama. Mungkin itu yang bikin aku rela nonton film ini di hari Sabtu. Aku berharap film ini akan sama bagus dengan novelnya (walaupun belum baca) dan bisa menggunggah para produser film untuk mengadaptasi novel-novel best seller lainnya (daripada bikin cerita nggak jelas, kan?).



Namun kayaknya Refrain belum bisa mewujudkan harapanku itu menjadi kenyataan. Karena . . hmm, aku gak mau bilang filmnya jelek juga sih. Tapi susah kalo mau muji-muji selangit. Jadi, buat aku Refrain itu yaa semacam FTV gitu tapi lebih baik dan lebih niat dari segi lokasi dan para pemerannya. Untuk ide cerita, sebenarnya udah bagus. Sayang penceritaannya kurang mengalir. Dari awal perkenalan tokoh Niki dan Nata, lalu kemunculan Anna terasa terpotong-potong dan kosong. Nggak jelas nih mau dibawa kemana dan apa efek dari munculnya Anna di antara Niki dan Nata yang udah kayak adik kakak plus plus itu. Ketika Oliver muncul dan bikin Nata panas, keseruan akhirnya muncul. Seru sekali melihat kelakuan anak SMA itu. Bener-bener bikin ketawa dan inget masa-masa SMA sendiri. Nah, konflik utama udah terlihat dan penonton mulai menebak-nebak endingnya :)

Selain gaya penceritaan yang kurang mengalir, para pemeran yang berjumlah cukup banyak juga bikin cerita nggak fokus. Jumlah mereka tidak berimbang dengan kemunculan mereka. Kakak Nata, Danny, muncul dalam adegan topless (yang sama sekali tidak menggoda) dan Helena and the gank cuma bisa mengertak Anna tanpa benar-benar terlihat eksis di sekolah. Sebenarnya tokoh Niki, Nata, Anna dan Oliver sudah cukup untuk menciptakan kisah cinta segi empat yang khas dengan anak SMA. Mereka berempat tinggal diberi porsi yang lebih banyak. Sehingga mereka bisa berdialog dan berakting dengan benar. Porsi Anna dan Oliver yang dikit itu membuat mereka timbul dan tenggelam saja. Padahal Chealsea Elizabeth Islan dan Maxime Bouttier punya wajah yang menjual untuk memikat penonton. Tapi kayaknya wajah aja emang nggak cukup ya. Lihat sang pemeran Nata, Afgan. Kerjaannya cuma merenggut saja setiap melihat Niki dan Oliver pergi bareng. Tapi untuk masalah suara, dia nggak mengecewakan koq. Dari sekian banyak pemeran, tinggalkan Maudy Ayunda yang menonjol dengan kemampuan aktingnya yang luar biasa. Dia cocok banget jadi memerankan anak SMA yang jatuh cinta untuk pertama kalinya. She’s perfect :D

At last, pendapatku soal film Refrain berbeda dengan timeline Twitter yang masih heboh sampe sekarang. Mereka, yang kayaknya udah baca novelnya, seneng banget ada adegan di Austria. Sedangkan menurutku, adegan itu tidak digarap maksimal. Nyadar nggak sama perbedaan kualitas gambar saat mereka di Indonesia dan Austria? Refrain was not really good, for me. It was okay though. Kecewa sih kecewa. Tapi aku masih berharap bakal ada film remaja Indonesia yang bagus kedepannya. Looking forward to read the novel asap! :D

2 comments:

  1. ooo begitu yah? padahal novelnya bagus kak hehehe :D anw i like your review, bagus2 pendapatnya :D

    ReplyDelete
  2. Penasaran sama novelnyaaaaa. Thanks udah baca dan komen :)

    ReplyDelete

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...