Poulet et Nouilles

by - 4:39 PM

Berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya, bulan ini aku nyoba resep dari kokiku.tv. Kenapa? Aku lihat resepnya lebih menarik. Cara memasaknya pun cukup menantang. Aku sempet nyoba buat masak resep Nasi Goreng Bola-Bola bulan lalu tapi gagal (that's why I didn't post any recipe last month) karena susah banget bikin nasi goreng itu jadi bentuk bola. Tapi aku nggak mau menyerah! Bulan ini aku nyoba resep lainnya, yaitu Bakmi Ayam!


Bahan-bahan:
Mie telur
Tulang ayam
Daging ayam (bagian dada dan paha)
Jamur kaleng (aku milih jamur kancing)
Daun bawang
Bawang putih
Kecap asin
Kecap ikan
Minyak wijen
Kecap manis
Garam
Lada putih
Air 

Cara membuat kaldu:

- Rebus tulang ayam dan daun sawi.




- Tumis daun bawang dan bawang putih hingga kecoklatan. (aduh rada gosong tuh ;'()



- Masukkan minyak bawang tersebut ke rebusan kaldu. Sawi sudah di pisahkan sebelumnya




- Tambahkan satu sendok garam dan lada putih. Aduk rata.


Cara membuat ayam jamur:

- Potong daging ayam jadi bentuk kotak-kotak kecil


- Goreng daun bawang di minyak berapi sedang sampai harum, lalu tumis bawang putih sehingga agak kecoklatan.


- Masukkan ayam dan tumis hingga dagingnya memutih.


- Bumbui dengan dua sendok makan kecap asin, dua sendok makan kecap ikan, dan satu sendok makan minyak wijen.



- Masukkan jamur kaleng dan tambahkan air sehingga daging ayam tidak kering.


- Beri dua sendok makan kecap manis.


- Diamkan dalam api kecil selama 15 menit.


Cara memasak dan menyajikan mie:

- Rebus mie selama 2-3  menit.


- Dalam sebuah wadah, campurkan 1 sdm minyak bawang, 2 sdm kecap asin, 1 sdm kecap ikan, 1 sdt lada putih dan 1/4 sdm kecap manis.


- Masukkan mie telur yang sudah matang dan aduk rata.


- Sajikan mie di mangkuk dan tata ayam jamur dan sawi sesuai selera. Taburkan dengan irisan daun bawang. Siapkan sup kaldu.



- Mie ayam jamur siap untuk dinikmati!

Komentar:
Mienya asin banget! Mungkin aku kebanyakan pake kecap asin, kurang nambahin kecap manis atau karena aku nggak pake kecap asin hitam? Kuah kaldunya juga terlalu banyak pake lada putih. Untungnya ayam jamurnya enak! ;)

You May Also Like

1 comment(s)

Thanks for leave your comment :D