MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Thursday, February 6, 2014

Creative Writing: Tip dan Strategi Menulis Cerpen dan Novel

A.S. Laksana
210 halaman
GagasMedia, Desember 2013 (edisi revisi)
Rp. 55.000,-

Menulis adalah aktivitas yang menyenangkan. Namun, terkadang kita mengalami kebuntuan ide saat memulai sebuah kalimat atau bagaimana menutup sebuah cerita. Pada dasarnya, menulis akan terasa mudah dan menyenangkan bila kita punya keterampilan untuk itu.

Edisi revisi Creative Writing ini menambahkan unsur lain dalam keterampilan menulis, yakni bagaimana membuat adegan yang menarik dan menulis dengan sudut penceritaan beragam. Selain itu, setiap pembahasan dalam buku ini juga dilengkapi dengan contoh di setiap bagiannya. Di dalamnya, terangkum 24 tip keterampilan menulis sebagai berikut.

Rahasia Kreativitas
Lima Indra
Konstruksi Cerita
Action!
Cerita dan Karakter
Paragraf Pembuka
Draf Pertama
Mengakrabi Karakter
Pacing
Menulis Cepat
Plot
Pemborosan Kalimat
Strategi Tiga Kata
Dialog
Metafora
Menulis dan Mengedit
Sudut Penceritaan
Disiplin
Show, Don’t Tell
Sudut Penceritaan Beragam
Bacalah!
Mengonkretkan Konsep Abstrak
Adegan
Buka Kamus

Creative Writing akan membantu mewujudkan ide-ide kita ke dalam tulisan dengan mudah dan menyenangkan!

Creative Writing: Tip dan Strategi Menulis Cerpen dan Novel adalah buku panduan menulis ketiga yang aku baca. Aku tertarik membaca buku ini setelah melihat wujud edisi lamanya di salah satu tweet Robin Wijaya. Edisi revisi ini mempunyai cover yang lebih simpel dan agak menyerupai logo kampusku hehehehe. Hmm, apa bedanya buku ini dengan buku-buku tip menulis lainnya? Ternyata banyak. Jika buku lain biasanya membahas elemen-elemen dasar dalam tulisan fiksi dengan detail, buku ini membahas bagian permukaannya saja tapi disertai hal-hal lain yang mempengaruhinya secara tidak langsung. Susah menemukan waktu untuk menulis? Susah mencari ide? Kebingungan memilih sudut pandang? Semuanya dibahas di sini dalam gaya bahasa yang agak menyeleneh dan menggelitik dan dilengkapi berbagai contoh bahkan menyertakan cerpen karya sang penyusun sendiri.

ilustrasi pembatas bab yang paling aku suka :D



Kekurangan buku ini adalah singkatnya penjelasan tiap poin. Tidak lebih dari sepuluh halaman (kecuali cerpennya). Ada juga yang hanya memakan satu halaman. Singkat dan padat. Mungkin itu dipengaruhi ukuran bukunya yang agak besar. Tapi aku tetap merasa itu akan membuat penulis pemula agak kebingungan, apalagi yang belum tahu elemen dasar seperti jenis karakter atau point of view. Belum lagi banyaknya typo dan penggulangan dari kalimat bahkan halaman. Punyaku ada ekstra empat halaman di bab tentang Paragraf Pembuka. Aku tidak keberatan sih. Tapi untuk penggulangan kalimat, aku takutnya malah jadi salah pengertian. Bukannya buku ini menyarankan kita untuk tidak boros kalimat, ya?

At last, Creative Writing: Tip dan Strategi Menulis Cerpen dan Novel ini memberikan apa yang dibutuhkan untuk kalian yang ingin menjadi penulis. Tidak hanya elemen dasar tapi juga bagaimana meramunya menjadi sebuah karya. Layak dikoleksi untuk mengingatkan dan meningkatkan semangat kita dalam menulis. Recommended! :D


1 comment:

  1. Menulis adalah aktivitas yang menyenangkan. Namun, terkadang kita mengalami kebuntuan ide saat memulai sebuah kalimat atau bagaimana menutup sebuah cerita. Pada dasarnya, menulis akan terasa mudah dan menyenangkan bila kita punya keterampilan untuk itu.

    aku setuju dengan kalimat di atas tadi :))

    ReplyDelete

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...