MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Sunday, March 22, 2015

[BLOG TOUR & GIVEAWAY] The Wind Leading to Love


Halooooo! Penerbit Haru memberiku kesempatan untuk memberi review buku terbitan terbaru mereka, The Wind Leading to Love. Ada giveaway-nya juga! Now, shall we? :)

Yuki Ibuki
342 Halaman
Penerbit Haru, Maret 2015
Rp. 65.000,-

Rasa sakit itu merupakan bukti kalau kita masih hidup.

Suga Tetsuji depresi. Menuruti saran dokter, dia mengasingkan diri di sebuah kota pesisir, di sebuah rumah peninggalan ibunya. Namun, yang menantinya bukanlah ketenangan, tapi seorang wanita yang banyak omong dan suka ikut campur bernama Fukui Kimiko. 

Fukui Kimiko kehilangan anak dan suaminya, dan menyalahkan dirinya sendiri sebagai penyebab kematian mereka berdua. Dia menganggap dirinya tidak pantas untuk berbahagia. 

Setelah menyelamatkan Tetsuji yang nyaris tenggelam, Kimiko menawarkan bantuan pada pria itu untuk membereskan rumah peninggalan ibunya agar layak jual. Sebagai gantinya, wanita itu meminta Tetsuji mengajarinya musik klasik, dunia yang disukai anaknya. 

Mereka berdua semakin dekat, tapi….

Aku memilih The Wind Leading to Love untuk blog tour ini tanpa tahu siapa penulisnya dan sinopsis ceritanya. Aku hanya mengandalkan label ‘J-Lit’-nya. Rasanya aku belum pernah baca fiksi Jepang. Begitu baca sinopsisnya di Goodreads, aku agak ragu. Tema tentang depresi dan kematian dari novel yang kubaca sebelumnya masih membekas. Jangan-jangan nanti cerita dari novel ini juga begitu. Di sisi lain, aku ingin tahu bagaimana masalah tersebut diselesaikan. Untungnya review-review yang kubaca cukup positif. Let’s review it :D

"Tetsu-san, kau ini harus bersyukur! Orang yang giat selalu bisa melewati batas kemampuan manusia biasa dengan mudah. Dengan kata lain, ini adalah peringatan dari Tuhan bahwa kau akan mati jika melakukan hal yang lebih lagi." – halaman 95

Suga Tetsuji mengalami masalah dengan mentalnya yang membuatnya insomnia dan tidak bisa bekerja dengan baik. Atas saran dokter, dia mengambil cuti dan beristirahat di rumah peninggalan ibunya di Miwashi selama musim panas. Kehidupan di kota kecil di pesisir itu agak menyulitkan Tetsuji mengurus kebutuhannya. Dia menghabiskan beberapa jam hanya untuk bisa membeli makanan cepat saji. Di perjalanan pulang, Fukui Kimiko meminta tumpangan. Perempuan cerewet itu mengenal mendiang ibu Tetsuji dan juga kehidupan di Miwashi. Perempuan itu juga yang menyelamatkan Tetsuji saat dia hampir tertarik pusaran air.

Kimiko lalu menawarkan diri untuk membereskan rumah mendiang ibu Tetsuji. Dia melihat banyak barang berharga termasuk koleksi musik klasik dan opera yang sayang jika dibuang. Sebagai imbalan, dia meminta Tetsuji mengajarinya pengetahuan tentang musik klasik. Lewat musik itu, Kimiko mengenang mendiang anaknya, Tomoki, yang pandai bermain piano. Dia juga ingat dengan mendiang suaminya yang kerap kali menganggapnya sok pintar. Kepergian kedua orang itu selalu membuat Kimiko merasa bersalah.

Tetsuji dengan cepat terbiasa dengan kehadiran Kimiko karena perempuan itu juga merawatnya dengan makanan, pijatan dan teman mengobrol yang baik. Tetsuji juga mulai akrab dengan Mai, Shun dan Madam yang merupakan keluarga terdekat Kimiko. Ketiga orang itu mulai menjodohkan Tetsuji dan Kimiko. Kimiko tidak menanggapinya dengan serius. Dia malah melontarkan lelucoan agak seksual yang membuat hubungannya dengan Tetsuji jadi tidak nyaman.

"Ada yang bilang, saat seseorang pikun, ingatan yang tidak akan terlupakan adalah ingatan yang dianggap paling bahagia." – halaman 191

Di balik konflik depresi dan kehilangan yang dialami Tetsuji dan Kimiko, The Wind Leading to Love menyampaikan bahwa selalu ada kesempatan untuk memulai hidup baru dan merasa bahagia. Tidak ada batasan usia atau apapun. Yang penting ada niat dan usaha untuk membuat kehidupan menjadi lebih baik. Pesan itu disampaikan dalam cerita yang begitu mengugah dengan gaya tulisan yang mengalir, sudut pandang yang konsisten, setting yang menarik dan memiliki dua tokoh utama yang karakternya agak berlawanan tapi punya chemistry yang pas. Serangkaian kejadian sederhana yang cukup membekas membuat Tetsuji dan Kimiko merasa nyaman dengan keberadaan masing-masing. Bagian yang paling aku suka saat Kimiko memasak cemilan dan memijat Tetsuji. Walaupun cuma kentang goreng biasa, rasanya makanan itu jadi sangat menarik sampai membuatku tergerak untuk membuatnya juga (and I did!). Kakiku pun jadi terasa sangat pegal dan ingin dipijat juga, hehehe. Hubungan mereka yang begitu kuat membuat aku sampai menangis, apalagi di ending-nya yang begitu mengharukan. Hiks, hiks.


Bagian-bagian lain yang melibatkan tokoh dari kehidupan Tetsuji, seperti istrinya, Rika dan anak perempuannya, Yuka dan Kimiko seperti Mai, Shun dan Madam juga menarik. Tokoh-tokoh memunculkan konflik yang menantang sekaligus mendekatkan hubungan Tetsuji dan Kimiko. Bagian Mai meminta saran tentang fisiknya ke Tetsuji lewat Kimiko cukup lucu. Aku sangat mengerti rasanya. Bagi yang penasaran, Mai menanyakan topik yang agak pribadi dan cenderung dihindari. Seksual nggak sih, tapi ya agak sedikit menjurus ke sana. Oh, iya, hal-hal yang cukup dewasa cukup banyak terjadi di antara Tetsuji dan Kimiko. Mulai dari sekedar lisan sampai fisik. Ya, secara umur mereka hampir kepala empat. Semuanya masih dalam batasan normal dan tidak berlebihan koq. Tapi menurutku, calon pembaca harus mempunyai cara berpikir yang baik untuk memahami artinya. Jadi pastikan umurmu sudah cukup, ya.

Untuk bagian teknis, aku salut dengan gaya bahasa terjemahannya yang tidak kaku. Cover-nya juga super cantik dan menampilkan hal-hal yang identik dengan cerita di dalamnya seperti timun suri dan tembok pemecah ombak. Yang kusayangkan adalah penulisan dialognya yang kadang membingungkan. Dua kalimat panjang yang diucapkan seorang tokoh kerap dibagi menjadi dua paragraf. Aku sempat beberapa kali kembali ke halaman sebelumnya untuk menelaah kalimat itu sebenarnya berasal dari siapa. Apa mungkin dialog dalam dari bahasa aslinya, Jepang, memang ditulis seperti itu sehingga diterjemahankan demikian? Lalu ada typo. Untungnya masih dalam hitungan jari dan tidak menganggu jalan cerita.

At last, The Wind Leading to Love punya cerita yang menyentuh tentang dua orang yang sama-sama putus asa dan tidak bahagia. Didukung dengan elemen-elemen penceritaan yang baik, aku bisa belajar dan terhibur dengan kehidupan mereka. Semoga pembaca lain bisa mengambil sisi positifnya juga. Recommended! :D


***

GIVEAWAY

Menangkan 2 buah novel The Wind Leading to Love karya Ibuki Yuki untuk 2 orang pemenang


Syarat dan Ketentuan:
- Peserta mempunyai alamat atau berdomisili di Indonesia
- Peserta mem-follow akun Twitter @penerbitharu dan @dhanarun
- Tweet mengenai giveaway ini. Jangan lupa mention @penerbitharu dan sertakan tagar #TheWindLeadingtoLove

Contoh:

Menangkan 2 novel #TheWindLeadingtoLove @penerbitharu di http://dhynhanarun.blogspot.com/2015/03/blog-tour-giveaway-wind-leading-to-love.html
Giveaway berlangsung sampai 5 April 2015 ;D

- Jawab pertanyaan berikut,

"Makanan dan/atau minuman apa yang ampuh memperbaiki bad mood kalian?"

Agar lebih rapi, tulis jawabanmu dengan format di bawah ini

Jawaban Kamu
Nama Kamu | Akun Twitter Kamu
Link tweet

Contoh:

Makanan pedas, seperti keripik singkong level 10 atau sekedar mie instan kuah pakai sambal botol, selalu berhasil menyembuhkan bad mood-ku. Pedasnya membuatku agak berkeringat. Keringatnya itu membuat aku lebih segar, entah kenapa. Tapi pedasnya itu harus berasal dari cabe asli dan berkualitas. Kalo nggak, aku malah jadi sakit perut dan panas dalam. Lalu aku memilih memakannya di rumah, bukan tempat umum. Karena … oke, curhat nggak jelasnya berhenti di sini ;p
Dhyn | @dhanarun
http://twitter.com/status/blablabla

Giveaway berlangsung dari 22 Maret – 5 April 2015. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 6 April 2015 di blog ini. Oh, iya, simpan huruf di bawah ini untuk kuis FINALE dari Penerbit Haru.


Huruf itu adalah bagian dari satu kata yang muncul di novel ini. Kumpulkan huruf-huruf lain di host blog tour lainnya agak kamu lebih gampang menebak apa kata tersebut. Hadiah dari kuis FINALE ini adalah novel The Wind Leading to Love dan satu novel Haru acak. Baca lebih lanjut infonya di sini. Jika ada yang kurang, bisa ditanyakan lewat akun Twitter-ku, @dhanarun. GOOD LUCK! :D

P.S. for more luck, enter this giveaway too ;)

47 comments:

  1. Jawaban Kamu:Pada dasarnya aku suka makan, hehe :)Jadi kalau lagi bad mood biasanya makanan dan minuman adalah salah satu tempat pelarian. Biasanya kalau di rumah aku milih nyemil keripik dan buat secangkir teh sambil baca novel atau sekedar main sama laptop kesanyangan. Sensasi nyemil dan minum secangkir teh itu yang lama-lama bisa ngembaliin moodku, apalagi kalau nyemil kripik kentang atau pisang, bah serasa mau nyemil dan nyemil mulu, haha :D

    Yang kedua, kalau gak ada kripik ya cari buah-buahan yang ada di kulkas, paling suka sih jeruk, tapi kalau gak ada ya seadanya. Kenapa buah? karena selain bisa mengenyangkan juga gak bikin gemuk, hehe :)

    Yang ketiga, ini nih pelarian paling final, ya buat sepiring kentang goreng kalau gak ada kentangnya diganti sepiring mie goreng. Saking cintanya sama mie goreng, apalagi sensasinya pas ngunyah, rasa khas dari mie gorengnya itu kerasa banget, entah kenaa aku suka!

    Nama Kamu | Akun Twitter Kamu: Noer Anggadila, @noerfaradila

    Link tweet: https://twitter.com/NoerFaradila/status/579466067396796417

    ReplyDelete
  2. Jawaban: “Coklat, lots of Chocolate… kalo bisa segala macem coklat pada saat yang bersamaan… minum coklat panas atau makan es krim coklat, sambil ngemil coklat2 lainnya…”

    Nama: Riri Hanafi | Twitter: @de2via

    Link Tweet: https://twitter.com/de2via/status/579472862215438336

    Thanks ya GA-nya… :D

    ReplyDelete
  3. I'm coffee lover :D Kalau udah minum kopi, mood pasti balik lagi. Mau yang panas ato dingin, slalu bisa bikin tenang :p daaaann gak cuma rasanya yang enak, aromanya pun nikmaatt #tsaaahh :p Wajib hukumnya buat nyetok kopi. Kopi itu apalagi kalo di tambah temen-temen, jadi pasangan paling pas deh buat bikin mood happy lagi^^
    Rima Yulianda | @yimmynuneo
    https://twitter.com/yimmynuneo/status/579491783136059392

    ReplyDelete
  4. Aku suka coklat, tiap kali bad mood karena sedang PMS atau emang lagi ada masalah, aku sering nyari makanan ini biar mood balik lagi. Kalo udah masuk ke dalam mulut, coklat yang lumer itu bisa bikin suasana suram jadi lebih cerah dan semangat lagi. Biasanya suka dicemil atau dicampur sama roti, selain bikin kenyang juga bikin tidur lebih enakan. Jadi insomnia berkurang. :D

    Ila Rizky @ila_rizky
    Link tweet : https://mobile.twitter.com/ila_rizky/status/579505357397102592?p=p

    ReplyDelete
  5. Bismillahirrahmanirrahim, semoga beruntung^_^

    Jawaban: Hm..infused water! Kaka tahu apa itu? Ya, itu air putih yang telah diberi tambahan potingan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu dan aku diamkan dilemari es beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya. Dan ketika diminum..hm..rasanya enakkk,segar, dan itu akan membuatku tidak mengantuk dan meningkatkan semangatku/moodku di siang hari apalagi pada saat cuaca panas terik. Udah deh, ke tenggorokan rasanya..cess :v hilang deh badmood-ku :3

    Nama | Akun Twitter : Aubrey Biancanitta | @biancanitta

    Link tweet: https://twitter.com/biancanitta/status/579509777392279552

    ReplyDelete
  6. Aku sih suka makan yang manis - manis , kayak coklat , roti , kue atau pie karena bagi aku yang manis - manis itu mengilangkan segala stres dan bad mood ku walaupun cuman untuk sementara , tapi aku juga suka kok sama pocky- pocky karena mereka lagi kasih stiker personil JKT48 dan aku lagi ngumpulin . Aku juga suka makan buah yang banyak vitaminnya ( semua buah begitu , artinya aku suka semua buah , yahh boleh dibilang begitu , tapi harus yang manis - manis juga yaa wkwk )

    Nama : Agnes Budianto | Akun Twitter : @agnesb0702

    Link Tweet : https://twitter.com/agnesb0702/status/579522693004832768

    ReplyDelete
  7. Jawabanku: kalo makanan sih, biasanya makan bakso atau mie ayam ditambahin 2sendok sambel. Trus buat minumannya sih, biasanya bikin milkshake coklat :3 Duh..itu moodbuster banget :3 dan pas makan, cocok banget sambil liat anime atau film..dijamin itu bikin aku lupain masalah yg bikin aku badmood. Tapi kalo gak ada mie ayam atau bakso sih, biasanya nyemil wafer coklat hehe itu juga salah satu moodbuster ku :3

    nama | twitter : Dhen Sarinda | @dhen_yoiyoi
    Link : https://mobile.twitter.com/Dhen_yoiyoi/status/579539917962776578

    ReplyDelete
  8. jawaban : makanan kalau aku lagi bad mood itu, coklat, dan eskrim. aku suka banget es krim buatan sendiri, pake bubuk eskrim haan. aku juga suka es krim feast, yang bentuknya kayak magnum cuma harganya 5000-an dan pas banget dikantong pelajar :D. aku juga suka makan kentang goreng, terus ayam goreng, mie goreng, sema yang goreng-gorengan kalau lagi bad mood. :D

    nama | akun twitter: nurul mutmainnah jamil, @mutmainnahJ

    link share : https://twitter.com/MutmainnahJ/status/579545699827593216

    ReplyDelete
  9. Tongseng ayam, nasi dan Es Teh manis.

    Tongseng ayam paling sedap karna kuahnya yang masih panas dan pedas membuat kita sadar dan 'melek'. Ibaratnya kita dibuat sadar untuk berhenti sedih dan meratapi nasib. Nasi putih disirami kuah menambah kalori jadi gak akan bikin kita malas bergerak atau berkeinginan untuk melamuni kesedihan hari ini.
    Es teh manis yang dingin bikin mulut kita kembali netral dan segar. Melegakan hati dan pikiran yang kalut.

    Tapi bagaimanapun semua itu hanya selingan. Gak seharusnya kita melampiaskan kesedihan pada makanan karna takut kalau kita gak bisa menahan diri. Sebisa mungkin jangan sampai kita merasakan yang namanya depresi.
    STOP DEPRESI, Guys!

    -Ficha-
    @ficharanjani
    Link tweet: https://twitter.com/ficharanjani/status/579560125796515840

    ReplyDelete
  10. Emm, aku suka makan makanan yang manis. Kalau lagi bad mood, makan makanan manis bisa membuat mood ku lebih baik. Seperti permen, coklat, atau malah jus buah. Selain emang bikin seger, makan makanan tersebut juga ga rugi sih, ya. Kecuali untuk berat badan, duh~~ Tapi sepertinya kalau lagi bete, kezel, dan apapun itu kalau suasana hati lagi buruk, enggak mikirin gimana berat badan nanti sih. Yang penting ngilangin bad mood nya dulu, hahaa

    _Rima Dwi Andina (@andinarima)_
    https://twitter.com/andinarima/status/579578340002041857

    ReplyDelete
  11. Jawaban : Kalau badmood suka makan yg asam-asam atau yang asin-asin. misalnya kayak kripik atau permen asam itu makan yang banyak dan cepat. itu biasanya menghilangkan moodku :D

    kalau minuman suka minuman yg seger2 pas badmood! Kayak jus buah atau es jeruk. sambil menikmati segarnya, perlahan2 badmood hilang. hahaha #alay XD

    Nama: Fatima Ulya S. | Twitter: @ulyafts
    Link tweet: https://twitter.com/ulyafts/status/579587849101541376

    ReplyDelete
  12. Jawaban Kamu : makan makanan manis >,< kayak coklat dan wafer sambil nonton fil :9
    atau buat mie goreng make telor setengah mateng rasanya top banget :9 (y)
    Nama Kamu : Saharani Indriyanti | Akun Twitter Kamu : @saharani01
    Link tweet : https://twitter.com/saharani01/status/579574746100056064

    ReplyDelete
  13. Bad mood, pasti kopi obatnya.
    Dia selalu berhasil bikin otakku cling kayak abis di refresh.
    Yah, kayaknya kafein di kopi ini emang pengaruh besar banget buat ngerubah mood. Meskipun kopi sebenarnya jg punya jenis zat penenangnya, tapi teh sama sekali g ngaruh di aku.
    Pokoknya, kopi itu pahlawan banget, deh.
    Emosi lenyap, hati tenang, kerjaan lancar.
    Nama : Dian S
    Twitter : @DeeLaluna
    Share : https://twitter.com/DeeLaluna/status/579644011738054658

    ReplyDelete
  14. Aku suka kopi cappucino, yang panas maupun yang dingin, aromanya mampu menghilangkan segala perasaan gundah gulana, menyisakan perasaan tenang dan damai :)

    Zaitun Hakimiah NS | @NSMia

    Link : https://twitter.com/NSMia/status/579494444526755840

    ReplyDelete
  15. Jawaban: Makanan/minuman yang bisa memperbaiki moodku biasanya makanan manis. Bisa roti isi coklat, minuman botol isi teh manis, permen yupi, biskuit isi coklat, es krim. Hehehehehehehe
    Rasanya kalo uda makan makanan atau minuman manis jadi ngerasa ada semangat yang tiba2 muncul. ^^

    Nama: Rizcha Mawadah

    Twitter: @ChaEcungMochi

    Link tweet:
    1. https://twitter.com/ChaEcungMochi/status/579660778497683456
    2. https://twitter.com/ChaEcungMochi/status/579661152788992001

    ReplyDelete
  16. Jawaban: KOPI ... minuman yang khas banget di daerah aku ini menjadi obat mood ampuh pas lagi bete atau pas lagi pikiran buntu. Alasannya sich sederhana aja, karena pas ngeliat kepulan asap ketika kopi di seduh itu ada kesan tersendiri. Selain itu, warna kopi yang hitam itu kayak ngerasain hati yang blong dan siap menerima ide yang muncul dari kepala.

    Nama: neneng lestari | akun twitter: @nTarienovrizal

    link tweet: https://twitter.com/nTarienovrizal/status/579869659542896640

    ReplyDelete
  17. Jawaban: Rujak. Aku suka rujak yang pedesnya sampai ubun-ubun buat ngilangin badmood-ku. Walaupun hasilnya sakit perutku akhirnya bereaksi, tapi ada rasa lega di dada gara-gara beban di kepala sedikit terlupa. Sedikit ngrusak lambung sih, tapi pastinya bisa bikin efek jera buat aku biar nggak badmood lagi dan nggak harus makan rujak yang super pedes demi menghilangkan badmood yang sebenarnya buat kita merugi.

    Nama : Isna Azizah | Akun twitter : @IsnaAz_
    link tweet : https://mobile.twitter.com/IsnaAz_

    ReplyDelete
  18. Kalau untuk makanan, segala yang serba pedas bisa jadi penyembuh mood yang lagi nggak karuan karena aku memang pecinta pedas. Orang sering menyebutku 'pelahap hawa neraka' saking pedasnya makanan itu. :)))
    Mau itu keripik, sambal, mie, sayur, ayam, ikan, pindang, bakso, dan lain-lain. Tapi yang paling favorit sih nyoletin sambal korek (biasanya jadi pasangan bebek goreng). Terbuat dari
    - cabe (merah/rawit/burung)
    - bawang putih
    - garam
    - minyak panas
    Tapi, harus aku yang bikin sendiri. Metik cabe burungnya dari depan rumah dan ngulek sendiri. Cabe dan bawang putih ditumbuk jangan terlalu halus, tambah garam, lalu siram dengan minyak panas (bagusnya minyak bekas goreng bebek/ikan/ayam).
    Ritual penyembuhan mood ini bukan cuma tinggal makan, melainkan harus dari awal pembuatan biar makin afdol dong. Produksi keringat dari hasil ngulek dan hasil kepedesan itu biar sekalian mengeluarkan toksin-toksin yang memperparah keadaan mood.
    Makannya bisa pake apa aja kayak mie, nasi goreng, atau dicocolin buat kempelang/kerupuk. Paling endeusss sama bebek/ikan/ayam goreng dan nasi panas. Beuhhh makin mantap! :9
    Kalau untuk minuman, teh manis aja cukup. Aromanya bisa menghilangkan stress dan mood yang lagi nggak stabil. Jadi pelengkap segala suasana, baik panas maupun dingin. :)

    Aya Murning | @murniaya
    https://twitter.com/murniaya/status/579912680506404864

    ReplyDelete
  19. kalau badmood makan bakso kuah pedas ga pake mie dan sayuran, kenapa?? biar kuahnya kerasa mengalir ditenggorokan trus bisa merangsang kepala biar kembali fresh

    Yunitasari | @yunita_sato
    https://twitter.com/Yunita_Sato?edit=true

    ReplyDelete
  20. Wah, kalo ditanya soal makanan penghilang badmood itu panjang daftarnya ka. karna aku suka makan๐Ÿ˜ญ aku kalo disuruh pilih makanan atau cogan ya aku pilih makanan dong. apalagi aku makan banyak gak gendut gendut. itu yg aku suka bersyukur *dikitCurhat
    okedeh ini daftar makanan yg bisa dibilang penghilang badmood aku beserta alasannya walaupun ndak ditanya.
    1. Coklat manis apalagi kalo ada kismis, karamel, almond, kcg mente ๐Ÿ˜“duh gak berhenti makannya kayak ada narkotiknya aja, nagih terus
    2. Snack biasa disebut ciki ciki. ininih makanan yg dibenci mama. selalu kena marah kalo beli. tapi rasanya enak sumpah! walaupun dikatain gak bagus. tapi gak sering kok. kadang nyadar itu gak bagus
    3. bakso, gorengan, sosis goreng, nugget goreng dikasih saos pedas bayakk uihhh,, itu dipastiin gak bakal badmod 1 harian. itu termasuk makanan yg diblacklist kesehatannya sama mama-_-tapi kdg makan juga sekali sekali menghilangkan nafsu makan itu. enak sumpah didaerahku. coba deh.
    mungkin banyak yg lain. hanya itu yg masuk daftar penghilang kebadmoodan saya.
    semoga dimengerti, menang dan menyenangkan yg membaca. trims^^

    Septy Anggita | @sseptyanggita
    link tweet : https://mobile.twitter.com/sseptyanggita

    ReplyDelete
  21. Jawabannya adalah Jus Jambu, sensasi dinginnya juga rasa asam yang bercampur manis itu selalu bisa membuat mood membaik, saat-saat PMS biasanya itu yang jadi andalan, dan lagi perjalanan mendapatkannya itu lho juga bisa jadi salah satu hal yang mengurangi bad mood, berjalan kaki ke depan gang sambil merenungi hal-hal yang membuat mood kacau...

    Nama: Ana Nurul
    Aku twitter : @anaanum19
    Link share: https://mobile.twitter.com/anaanum19/status/579988176527208448?p=v

    ReplyDelete
  22. Makanan Manis seperti Coklat atau Es Krim. Nggak tau kenapa, kalau bete, pasti nyari coklat atau es krim. Apalagi coklat atau es krim itu dimakan dengan penuh emosi (?) Misalnya, coklat batangan yang dikuyah langsung tanpa dipatahkan menjadi beberapa bagian kecil, atau es krim yang juga dikunyah langsung biar kerasa ngilu-ngilu lucu (?) digusi. Pokoknya, nginggit sambil geregetan deh. Jadi, bete-nya bisa diwakilkan dengan cara demikian walaupun terlalu ekstrim, karena bisa bikin rusak gigi :(

    Dian Maharani | @realdianmrani93
    https://twitter.com/realdianmrani93/status/579989376555311104

    ReplyDelete
  23. Saat aku badmood, aku makan segala jenis makanan dan minuman lohh~ eits walaupun gitu tetep aja yg harus dlm keadaan 'aman' hihihi~
    Saat aku badmood ga pilih2 makanan, ada gorengan diembat, bakso,miso,sate, sampe nasipunn diembat ga peduli perut mau kembung, sakit ataupun duit jajan kandas! :D yang penting aku nyenengin hati dulu biar jadi fresh. Ga peduli diceramahin mama yang penting intinya makn dulu :D hohohoo

    Nama : sandra febry adriani
    Twitter : @sandra129499os
    Link : https://mobile.twitter.com/SandRa129499OS/status/580015523519315968?p=v

    ReplyDelete
  24. Makanan yang selalu ampuh menghilangkan badmood BAKSO dan PEMPEK.
    Karena Bakso lebih gampang nyarinya, biasanya Baksolah yang jadi moodboosterku.
    Alasannya, di dalam semangkok bakso aku bisa menemukan banyak rasa dari lezatnya bakso urat, lembut dan manisnya siomay yang penuh dengan irisan wortel, rasa tawar tahu goreng, pedas manisnya kuah san tentu kriuk kriuk pangsit goreng yang bikin nafsu makanku melonjak drastis haha.

    Kalo pempek, aku sukaaa sekali paduan adonan dari ikan itu ketika bercampur dengan 'cuko' yang manis pedasss.
    Untuk minuman nggak ada yang bisa ngalahin segernya es jeruk nipis. Tsahhhh ... segernya bikin plonggg.
    Slurpppp hmmmm pengen nyeruput es jeruk nipis.

    Nama : Yunita Hentika
    Twitter : @yunitahentika
    Link :
    https://twitter.com/YunitaHentika/status/580241024586412032

    ReplyDelete
  25. Jawaban : kalo di tanya soal makanan, jujur aja saya nggak tau mesti pilih yang mana. Pada dasarnya sayakan omnivora alias pemakan segalanya hoho. Tp kalo di bilang mau ngembaliin mood saya lebih pilih makanan dingin seperti eskrim, es teler or apapun itu yg ada esnya. Krna apabila kita lagi bad mood, biasanyakan kepala kita itu panas, jdi lebih gampang emosia, nah utk mendinginkan kepala, yah makanlah yg dingin hoho
    Nama : Zaza Dwiastuti Arfah | @zazadwi
    https://mobile.twitter.com/Zazadwi/status/580250253225435136?p=v

    ReplyDelete
  26. Umm,, ngomongin masalah makanan aku sedikit bingung sih.. soalnya aku suka banget makan dan semuanya aku makan. Kecuali kecoak goreng balado pastinya.. Kalo lagi badmood, emang biasanya aku nyari pelarian ke makanan. Soalnya, setiap kali badmood rasanya pen ngunyah sesuatu. Entah itu ngunyah permen karet (tapi bukan karet gelang loh yah), atau ngunyah tersangka yang bikin aku badmood. Tapi kan ngga mungkin aku ngunyah orangnya langsung, bisa dijadiin jagung bakar aku nanti. Makanan yang paling sering jadi pelarian ku sih coklat. Coklat kan makanan favorit seribu umat. Dari yang tua sampai muda. Dari kakek-kakek ompong sampai janin dalam kandungan semuanya suka. Aku paling suka makan coklat biar sensasi manisnya itu bisa balikin mood ku seketika. Tapi yah ga bisa balik 100 persen lah, tergantung ukuran coklatnya itu sendiri. Kalo coklatnya segede gajah, dijamin aku ngga bakal badmood sampai tahun gajah.. Intinya, apapun makanannya, minumannya air putih aja. aku ngga suka minum teh soalnya...

    Mila Reski | @mila_reski
    https://twitter.com/mila_reski/status/580324436789723136

    ReplyDelete
  27. Minuman yang bisa memperbaiki bad mood ku adalah susu beruang yang bagus untuk tubuh atau menetralkan racun dalam tubuh (susu yang bergambar beruang itu lhooo.. tau kan?) ,rasanya memang agak tawar atau hambar,justru karena rasanya yang hambar itulah perasaan bad mood ku jadi ilang. Apalagi kalau minum susunya pas lagi dingin,segeeerr.. Dan sepertinya khasiat susu ini juga harus ditambah yaitu bermanfaat sebagai penetral 'bad mood' :D

    nama : Rizki Oktavia
    twitter : @rizKorea
    link tweet : https://twitter.com/rizKorea/status/580354826787139584

    ReplyDelete
  28. “Makanan dan/atau minuman apa yang ampuh memperbaiki bad mood kalian?”
    Kalo buat aku sendiri sih, nggak tentu ya, kadang ikut mood juga pengennya apa. Tapi kalau yang paling sering itu pokoknya makanan yang berkuah. Entah mie instan, soto, bakso, pokoknya yang berkuah itu yang paling ampuh bikin bad mood-ku langsung turun. Nggk tahu juga kenapa kok bisa suka yang berkuah, tapi ada sensasi beda gitu waktu nyruputnya.

    Nama / Akun Twitter : Rina Eko Wati / @HikariMio
    Link Tweet :https://twitter.com/HikariMio/status/580608641423843329

    ReplyDelete
  29. Sebenernya kegiatan yang bisa memperbaiki bad mood ku ya makan, in general XD
    Tapi aku lebih suka melahap makanan yang pedas dan panas saat moodku buruk.. misalnya seblak, mie ayam, atau bakso.. dijamin langsung semangat lagi!

    Nisa / @icajahe
    https://twitter.com/icajahe/status/580743107051827200

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Kalau lagi bad mood biasanya makan yang pedes-pedes biar rasain mangap-mangap dan megap-megap kepedasan dan efeknya badmoodnya ilang diganti muka kepengin makan pedes lagi lagi lagi dan raut wajah cerah karena menikmati makanan pedas. Keringat bercucuran, mulut mangap-mangap kek koi dan tangan melambai-lambai di mulut adalah tanda bahwa badmood berangsur hilang. Makan pedas, badmood terhapus.

    Azzah Hanifah | @azhanifa
    Link tweet : https://twitter.com/azhanifa/status/581085248982761472

    ReplyDelete
  32. Pada dasarnya aku ini tipe pemakan segala jadi kalau udah bad mood kasih makanan ape aja juga bakalan baik lagi tuh ... tp kalau makanan/ minuman yg bikin mood bagus banget itu alpukat ... liat buahnya aje udah kegirangan aoe lagi kalau makan hhmmm yummy

    Arum okta S. ~ @Okta_s3233pm ~ https://mobile.twitter.com/Okta_S3233PM/status/581090106557116416?p=v

    ReplyDelete
  33. Minuman yang bisa membuatku kembali good mood adalah minuman yang dingin dan manis. Biasanya, cuaca yang lagi nggak kompromi buat aku badmood. Pilihan minumannya bisa jus, atau olahan susu, es degan dsb. Pokoknya setelah minum, jadi merasa segar dan good mood lagi ^^

    Rini Cipta Rahayu @rinicipta
    Link Share >> https://twitter.com/RiniCipta/status/581448135068643329

    ReplyDelete
  34. Makanan untuk mengatasi bad mood adalah coklaaaat!!!
    Aku suka sekali coklat. Segala jenis coklat deh. Soalnya coklat mengandung zat penenang aku lupa namanya dan aku emg addicted ama coklat. Jadi kalau liat ada coklat mata selalu kayak puppy eyes pengen makan tu coklat XD
    Makanan lainnya aku suka buah-buahan terutama buah segar. Kalau lagi bete langsung cari sub buah atau jus buat dicemilin/diminum abis itu bisa sedikit calm deh :)

    Maulida| @Maulida_Pertiwi
    Link tweet: https://twitter.com/Maulida_Pertiwi/status/581448528108482560

    ReplyDelete
  35. Jawaban: kalo aku paling suka minum kopi susu hangat atau susu coklat hangat. Dua-duanya bisa bikin pikiran jadi tenang, apalagi kalo masih ada uap yg mengepul jadi makin rileks. Otomatis badmood langsung buyar dan jadi goodmood dan jadi lebih produktif untuk ngerjain tugas ato yg lainnya.
    Muslihatin Khuril Rosyida | @khurilrosyida
    link tweet: https://twitter.com/KhurilRosyida/status/581488558583599104

    ReplyDelete
  36. Jawaban Kamu :mie ayam
    kalo lagi bad mood, mie ayamnya makan yg super pedas, biar sekalian nangis (ga ketauan lagi bad mood sama orang lain :p). abis makan perasaan jadi plong, perut juga jadi kenyang ^.^
    Nama Kamu : Sisca Wiryawan | Akun Twitter Kamu : @siscacook
    Link tweet :https://twitter.com/siscacook/status/581663440772550656

    ReplyDelete
  37. Nasi Goreng super duper pedas !!!
    Biasanya gue bikin nasi goreng itu sendiri. Karena perasaan gue baru badmood gue masukin tuh garam, kecap, cabai, saos dan merica sebanyak-banyaknya tanpa logika gimana ntar rasanya. Setelah makanan super duper pedas itu matang gue langsung menyantapnya layaknya anak kelaparan. Dengan nasi goreng yang gue santap itu badmood pun hilang karena alhasil sakit perutpun datang.
    Shinta Kusuma Wardhani | @ShiintaKusuma_
    https://twitter.com/ShiintaKusuma_

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Kalo lagi badmood sih apa aja bisa aku makan...hehehehe
    Posisis badmood minat pada makanan lebih tinggi...hahahaha
    Tapi yang paling bikin aku menghilangkan badmood + stress ku sih Rujak kikil super puedass + es dawet ayu deket gang rumah yang uda bertahun-tahun lalu jadi penjual favoritku...aduh nampol banget deh pokoknya..sensasi pedesnya bisa buang badmood ku jauh2 ditambah es dawet ayu bikin pikiranku adem..hemmm

    Nama : Fita
    Twiter : @fitania09
    Link :
    https://twitter.com/fitania09/status/582185604001103873?s=01

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Kalo makanan berat sih ya biasanya seafood yang semacam udang atau cumi gitu. Kalo makanan ringan ya biasanya coklat. Minumannya coklat dingin atau es cappucino.Apalagi kalo ditambah baca komik/novel komedi, pasti tambah oke tuh mood-nya

    nama: etika setya
    twitter: @tikikabum
    link: https://twitter.com/tikikabum/status/582355311043817472

    ReplyDelete
  42. Kalau lagi bad mood, aku suka makan mie pedas dan minum coca cola. Apapun jenis mienya asalkan pedas, mie instan pun jadi. Tapi kalau tidak malas keluar biasanya aku beli mie lado level 3 di belakang kampus. Ditambah coca cola, itu cukup ampuh untuk memperbaiki mood-ku.

    Hikmawati Cahyaning Tyas | @tyashc
    https://twitter.com/tyashc/status/582621359865348096

    ReplyDelete
  43. CHOCOLATE MILK AND ROTI SELAI STROBERI is my lifetime moodbooster kak<33333333333
    kalo misal kuliah pagi dan ngga sempet sarapan, pasti nyempetin mampir minimarket buat beli roti selai stroberi sama susu coklat.

    Rasanya itu bisa cukup buat nahan perut yang laper, dan bikin mood jadi baik lagiii :D


    Nadiah Mumtaz D | @nadiahmumtazd

    https://twitter.com/nadiahmumtazd/status/582803041453125632

    ReplyDelete
  44. "Makanan dan/atau minuman apa yang ampuh memperbaiki bad mood kalian?"
    Saat sedang mengalami bad mood, biasanya aku segera mencari yang namanya ice cream.
    Tahu sendiri kan, kalau lagi bad mood, perasaan dan pikiran terasa panas dan kacau.
    Nah paling cocok itu mengkonsumsi yang dingin-dingin. Ice cream-lah jawabannya.
    Begitu suapan pertama masuk ke dalam mulut, nyes, rasa dinginnya langsung memenuhi mulut dan membuat perasaan jadi ikutan dingin jg.
    Kalau sudah begitu, ga ada lagi yg namanya bad mood.
    Sssttt, kalau lagi bad mood, aku sanggup lho menghabiskan 1/2 liter ice cream sendirian.hehehe

    Nama Kamu | Akun Twitter Kamu : Shiela Hartiningtyas | @ruth_shiela
    Link tweet : https://twitter.com/ruth_shiela/status/583524379054612480

    ReplyDelete
  45. Kalau lagi bad mood itu pastinya ga enak bgt.
    Suasana hati langsung berubah muram dan males untuk melakukan kegiatan.
    Untuk menghilangkan rasa bad mood yang melanda, biasanya aku meminum segelas susu hangat/secangkir teh hangat sambil menyetel musik instrument yg menenangkan.
    Sambil meminum minuman hangat tsb, aku memejamkan mata dan membayangkan hal-hal menyenangkan yg telah terjadi padaku minggu ini.
    Saat memikirkan hal menyenangkan itulah, aku mengatakan pada diriku sendiri, hal yg membuatku bad mood itu tidaklah sebanding dengan banyaknya hal menyenangkan yang telah terjadi padaku.
    Dan di saat membuka mata, niscaya perasaanku sudah tertata dengan baik kembali.
    Bad mood pergi, dan good mood pun datang.
    Coba kalian praktekkan deh.^^

    Nama | Akun Twitter:
    Hary Gimulya | @angels_rutherfo
    Link tweet : https://twitter.com/angels_rutherfo/status/583639828631195649

    ReplyDelete
  46. "Makanan dan/atau minuman apa yang ampuh memperbaiki bad mood kalian?"

    Jawaban:
    kalau Lagi badmood biasanya aku makan cokelat atau minum teh. Gak tau kenapa cokelat sama teh selalu bisa bikin pikiranku tenang. Lagian 2 benda tersebut selalu bisa kita dapetin dimanapun dan kapanpun. Jadi gak takut bakal kesusahan buat dapetin keduanya,hehe..

    Nama Kamu | Akun Twitter Kamu : Nandia Anggraeni / @Anggie_Ann06

    Link tweet : https://twitter.com/Anggie_Ann06/status/584221316829417472

    ReplyDelete
  47. Makanan/minuman yang paling ampuh buat memperbaiki mood? Kalo aku sih kentang favorit ^^ itu sebutan khusus di keluarga aku. Jadi kentangnya dicuci, dikupas kulitnya, terus diiris tipis tipis, lalu goreng deh ๐Ÿ˜ sama kaya kentang goreng. Cuma bedanya, kalo udah kering dan warnanya kecoklatan, kita angkat dan tiriskan, terus kita tumis bawang merah, bawang putih, sama cabe yang sudah diiris. Setelah harum, kasih sedikit air, kecap, gula sama garam. Aduk sampe kental, terus masukin kentang goreng nya, lalu aduk deh sampe rata :D rasanya? Gausah ditanya, enak banget! ^^ perpaduan antara asin karena garam, manis karena kecap, pedas karena cabe, dan rasa original kentang ^^ ditambah lagi kentangnya tipis tipis, jadi kerasa kering dan crispy crispy gitu deh :D pas banget buat memperbaiki mood aku, apalagi kan aku suka banget pedes ^^ abis itu minum air putih deh karena kepedesan ^^ kalo makan ini tuh dijamin ga bisa berenti, enak bangeeet :D ๐Ÿ˜♥

    Ananda Nur Fitriani | @anandanf07
    https://twitter.com/anandanf07/status/584552568312868864

    ReplyDelete

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...