MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Friday, January 15, 2016

2016 Reading Challenges

Apalah arti dari tahun baru kalau tidak membuat resolusi baru ;p


Di video di atas, aku sudah menjelaskan tiga tantangan membaca yang ingin kupenuhi tahun ini. Setelah mengunggahnya, aku merasa masih banyak yang belum aku utarakan. Jadi, aku membahasnya lagi di sini :D

1. Goodreads Reading Challenge


Khusus untuk yang pertama ini sih sudah jelas. Aku ingin membaca 100 buku di tahun 2016. Jumlah ini hampir dua kali lipat dari target yang kupasang di tahun-tahun sebelumnya. Faktanya aku selalu berpikir 100 adalah angka yang harus kucapai. Maka hasil akhir tantangan Goodreads selalu jauh dari target awal dan mendekati atau bahkan melewati angka 100. Untuk tahun ini, aku langsung tulis saja 100. Sampai hari ini, sudah ada tiga buku yang kubaca.




2. 3 For 1

Selain jumlah target buku bacaan yang naik, aku ingin sedikit berubah soal pembelian buku. 2 tahun lalu sempat coba hanya beli tiga buku perbulan. Hasilnya malah ‘meledak’ di bulan November, yang sampai belasan judul. Tahun kemarin, coba menahan diri sampai pertengahan tahun. Eh, gagal karena penulis favorit mengadakan pre-order di bulan April. Aku juga menerima banyak buku dari penerbit dan penulis. Walaupun tidak membeli buku banyak, tumpukan buku belum terbaca semakin tinggi saja. Jadi, aku membuat sedikit perubahan. Untuk tahun ini, aku baru akan beli satu buku baru setelah membaca tiga buku. Buku yang harus kubaca adalah buku cetak yang sudah mendekam cukup lama di rak. Berikut adalah daftar lengkapnya,

99 Tips Jadi Freelancer Sukses Untuk Mahasiswa – Ery Yuni Wijianti & Dewi Anggiani
Above the Stars – D. Wijaya
Bastian dan Jamur Ajaib – Ratih Kumala
Between the Raindrops – Stephanie Zen

Cara Cepat Mahir Editing – Harlis Kurniawan, S.S.
Champion – Marie Lu
Cinta Akhir Pekan – Dadan Erlangga
Dangerous – Diana Palmer

Gloomy Gift – Rhein Fathia
Graceling – Kristin Cashore
Hello After Goodbye – Dhamala Shobita
Hujan Bulan Juni – Sapardi Djoko Damono
It’s Not Summer Without You – Jenny Han

Kilah – Vinca Callista
Last Forever – Windry Ramadhina
Legend – Marie Lu
Lelaki Harimau – Eka Kurniawan
Lovasket 2: For the Love of the Game – Luna Torashyngu

Melipat Jarak – Sapardi Djoko Damono
Memorizing Like an Elephant – Yudi Lesmana
Nyawa – Vinca Callista
Prodigy – Marie Lue
Sang Pengkhianat – Lexie Xu

Show Your Work! – Austin Kleon
Song of Will – Jason Abdul
Struck by Lightning – Chris Colfer
Sudut Mati - Tsugaeda
The Art of Stimulating Idea – Bambang Trim

The Boarding – Triani Retno A.
The Alpha Girl’s Guide – Henry Manampiring
The Bourne Identity – Robert Ludlum
The Bourne Ultimatum – Robert Ludlum
The Girl on the Train – Paula Hawkins

The Summer I Turned Pretty – Jenny Han
Tiger on My Bed – Christian Simamora
Unforgettable Dream – Arumi E.
We’ll Always Have Summer – Jenny Han
Winterflame – Fachrul R.U.N

Bisa dilihat, aku sudah membaca tiga di antaranya. Makanya aku bisa ikutan pre-order buku terbaru Eka Kurniawan, O. Senangnya! Tumpukan beres, buku impian pun didapatkan hehehe. Dan kamu mungkin tidak menyadarinya, ada satu buku yang kuterima di bulan Januari ini dan dimasukan di daftar di atas. Jadi tantangan ini tidak melarangku menerima buku gratis. Yang penting aku tetap menjalankan ‘beli setelah baca’ itu. Rezeki koq ditolak? ;p

3. Read-a-Thon(s)

Target baca buku, pembatasan belanja buku sekaligus ‘pemusnahan’ tumpukan buku lama, kini soal tantangan membaca yang sesungguhnya. Read-a-thon!

Read-a-thon adalah kegiatan membaca buku secara terus menerus dalam tenggang waktu yang sudah ditentukan. Bisa hanya tiga hari, seminggu, sebulan, bahkan tahunan. Biasanya ada tema atau tantangan khusus yang menentukan buku apa yang bisa diikutsertakan. Misalnya buku dengan sentuhan warna merah di cover, buku yang diangkat menjadi film, atau buku yang merupakan hadiah. Kegiatan ini cukup populer di komunitas booktube. Walaupun begitu, kegiatan ini juga bisa diikuti oleh mereka yang tidak punya atau aktif di sana.

Aku sudah membuat list khusus di Twitter yang berisi akun-akun tentang berbagai read-a-thon. Aku sudah mencoba mencocokan buku yang kupunya dengan tantangannya, sampai sengaja mengosongkan jadwal untuk membuat waktu khusus membaca. Tapi sampai sekarang aku belum pernah mengikuti satu read-a-thon pun.

Aku ini dasarnya membaca sesuai mood. Mood tentu berubah tiap hari. Maka saat menyusun daftar buku untuk dibaca di read-a-thon, susunannya berubah terus. Beberapa kali sampai aku stres sendiri. Di luar read-a-thon pun, aku punya beban membaca yang cukup besar. Jadi tanpa berpartisipasi, aku sudah melakukannya.

Namun, tahun ini berbeda. Aku ingin ikut read-a-thon minimal satu kali. Aku kembali mencari tahu jadwal read-a-thon-nya. Beruntung sekali LittleOwlBook merangkumnya dalam sebuah video di bawah ini :)


Aku tertarik untuk mengikuti Slay That Series, yang hampir kuikuti juga tahun lalu. Aku punya trilogi Summer karya Jenny Han, trilogi Calling karya Louise Bay, dan trilogi Legend karya Marie Lu. Asyik sepertinya membaca satu seri secara berkelanjutan. Read-a-thon lain juga menarik. Aku akan lihat dan sesuaikan jadwalnya dulu.

Nah itu dia tiga tantangan membaca yang akan aku selesaikan tahun 2016 ini. Sebenarnya masih banyak tantangan yang ingin kuikuti, seperti Tantangan Membaca Haru, Fantasy, Science Fiction, Dystopian Reading Challenge, Indonesian Romance Reading Challange, dan Indah Hanaco Reading Challenge. Tetapi aku kurang beruntung mengikuti tantangan-tantangan seperti itu di tahun-tahun sebelumnya. Jadi untuk tahun ini, cukup tiga tantangan ini saja.

Bagaimana denganmu? Berapa jumlah buku yang ingin kamu baca tahun ini? Apakah kamu mengikuti tantangan membaca lain? Kasih tahu aku dengan cara menuliskan komentar di bawah, ya. Semoga semuanya bisa terpenuhi. Tunggu juga postingan tentang perkembangan tantanganku ini di pertengahan tahun nanti. Good day guys :D

1 comment:

  1. Semangat ya :D semoga tahun ini berhasil :D
    tahun ini hana hanya menargetkan 36 sama seperti tahun lalu..
    Hana juga sudah baca 4 buku di awal tahun ini ( 2 novel dan 2 komik)
    :D

    ReplyDelete

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...