MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Monday, January 11, 2016

[Blog Tour] Andy Noya: Kisah Hidupku – Giveaway



Halooo, Too Early menjadi salah satu host blog tour untuk buku terbitan Kompas, biografi Andy Noya: Kisah Hidupku yang mengangkat kehidupan Andy Noya yang terkenal lewat Kick Andy.

Andy Noya: Kisah Hidupku memaparkan kehidupan Andy Flores Noya mulai dari kecil yang serba kekurangan sampai menjadi salah satu orang penting di balik Metro TV dan mempopulerkan program Kick Andy. Pengantar dari Jakob Oetama dan Surya Paloh membuka sebelas bagian hidup Andy. Bagian 1 sampai 4, Masa Kecil di Surabaya Dua, Hidup Serba Kekurangan, Kehidupan Di Jalanan, dan Ludruk dan Kebun Binatang, menceritakan kehidupan masa kecil Andy dan keluarganya yang sering pindah dari kontrakan satu ke yang lain. Darah Belanda yang mengalir dalam dirinya agak mempersulitnnya karena semangat kemerdekaan sedang tinggi-tingginya. Orangtuanya juga berpisah sehingga Andy tidak mendapat perhatian yang cukup dan membuatnya melakukan berbagai kenakalan.

Bagian 5 dan 6, Kehidupan Baru di Malang dan Tumbuh Dewasa di Jayapura, kehidupan Andy masa remaja mulai terarah dan lebih berprestasi. Di sini dia juga mulai menaruh minat pada dunia jurnalistrik. Bagian 7 sampai 8, Kehidupanku di Ibu Kota dan Terjun ke Dunia Kewartawanan, Andy memulai karirnya di Jakarta yang keras dan penuh persaingan. Bagian 9 dan 10, Memimpin ‘Media Indonesia’ dan Seputar Indonesia, Pam Swakarsa, sampai Cardiff, Andy memperlihatkan ketegasannya mempimpin berbagai koran umum, majalah gaya hidup, sampai televisi berita. Bagian 11, Amplop, Xin Wen, dan Kick Andy Foundation, program Kick Andy mulai mengudara dan melahirkan tantangan baru bagi Andy. Kisah ini juga disertai foto-foto hitam putih yang mendukung. Review lengkapnya ada di sini.

Mau tahu bagaimana kisah lengkapnya? Ikuti giveaway-nya di bawah ini :D

Giveaway


Satu pemenang beruntung akan mendapatkan satu buah buku biografi Andy Noya: Kisah Hidupku

Syarat dan Ketentuan:

- Peserta mempunyai berdomisili atau punya alamat di Indonesia

- Tweet mengenai giveaway ini. Jangan lupa sertakan tagar #KisahHidupku dan mention @bukukompas

Contoh:

Penasaran sama #KisahHidupku Andy Noya? Ikuti giveawaynya di http://dhynhanarun.blogspot.com/2016/01/blog-tour-andy-noya-kisah-hidupku.html berlangsung sampai 16 Jan ;D cc. @bukukompas

- Jawab pertanyaan berikut,

"Dari 11 bagian di buku biografi ini, bagian mana yang paling ingin kamu baca?"

Agar lebih rapi, tulis jawabanmu dengan format di bawah ini

Jawaban Kamu
Nama Kamu | Akun Twitter Kamu | Domisili
Link tweet

Contoh:

Bagian yang paling ingin kubaca adalah ‘Tumbuh Dewasa di Jayapura’. Aku ingin tahu bagaimana kehidupan remaja di sana, termasuk persamaan dan perbedaannya dengan tempat lain. Aku yakin semua itu salah satu faktor yang membentuk karakter Andy Noya sekarang.

Dhyn | @dhanarun | Bandung
http://twitter.com/dhanarun/status/blablabla

Giveaway berlangsung dari 11 – 16 Januari 2016. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 17 Januari 2016 di blog ini dan pemenang akan ku-mention akun Twitter-nya. Pemenang ditentukan tak hanya dari komentar yang paling menarik, tapi juga terpenuhinya persyaratan seperti tweet tentang giveaway. Jika nanti ditemukan pemenang ganda di host blog tour lain, host yang bersangkutan akan mengundi ulang pemenang. Jika tidak ada pengundian ulang, pemenang HANYA akan mendapatkan satu buku walaupun menang berkali-kali.

Jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan lewat akun Twitter-ku, @dhanarun. GOOD LUCK! :D

37 comments:

  1. Nurina Widiani | @KendengPanali | Yogyakarta

    Link tweet: https://twitter.com/KendengPanali/status/686435448504238081

    Sebenarnya tertarik semuanya karena Andy F Noya termasuk tokoh yg kukagumi.
    Tapi seperti buku-buku biografi lainnya, yg mengundang rasa ketertarikanku tentunya kisah masa kecil si tokoh. Karena apa yang terjadi di masa kecilnya sedikit banyak akan mempengaruhi pola pikirnya kelak.
    Maka aku tertarik dengan bab Kehidupan di Jalanan. Karena mungkin itukah sebabnya Andy Noya kadang terasa emosional saat programnya kedatangan tamu dari akar rumput atau pejuang-pejuang kehidupan yang besar di jalanan?
    Tumbuh besar dalam kekurangsn di masa kini saja sudah susah apalagi di masa politik ekonomi belum stabil seperti di masa awal kemerdekaan. :'(

    ReplyDelete
  2. Dalam sebuah buku nggak akan tuntas paham isi didalamnya kalau tidak membaca keseluruhan babnya dan bagian bukunya, tapi kalau di haruskan memilih aku paling ingin baca bagian 7 sampai 8, dimana Andy Flores Noya akhirnya ke Jakarta dan memulai karirnya sebagai wartawan, aku pikir mencari dan mengumpul berita-berita itu sulit banget. Dan sebagai anak baru di kota baru seperti itu aku ingin tahu bagaimana perjuangannya Andy Flores Noya menjalani pekerjaannya. Serumit apa pencarian berita dan kesulitan2 yang ada di dalamnya.


    EMMA | @EmmaNoer22 | Indragiri Hulu |
    https://mobile.twitter.com/EmmaNoer22/status/686441103986262016?p=v

    ReplyDelete
  3. Penasaran sama bagian 8 - Terjun ke dunia kewartawanan. Alasannya karena aku baru-baru ini mulai kerja di sebuah media cetak dan setelah melihat cara kerja para jurnalis di tempat kerjaku kok rasanya menarik sekali ya jadi aku mulai ada rasa-rasa kepengen gitu untuk terjun ke dunia kewartawanan (aku juga memang suka menulis sih tapi ngga pernah diseriusin) jadi pengen tau aja gimana seorang Andi Noya mulai karirnya jadi wartawan siapa tahu ada tips yang berguna untuk diaplikasikan di masa depan kalo beneran ingin mencoba peruntungan jadi wartawan

    Akhfhin | @afingleek | Jakarta Selatan
    https://twitter.com/afingleek/status/686446820696829952

    ReplyDelete
  4. Aku paling penasaran pada bagian 5, Kehidupan Baru di Malang. Alasannya, karena aku ingin tahu bagaimana seorang Andy F. Noya memulai kehidupannya yang baru setelah sejak kecil ia mengalami banyak kesulitan dalam hidupnya. Mulai dari hidup serba kekurangan, kurang perhatian, bully-ing di sekolah dan lingkungannya. Pasti di bagian 5 itu kisahnya penuh makna dan pelajaran yang bisa dipetik untuk memulai sesuatu yang baru.

    Farikhatun Nisa | @littlepaper93 | Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan |

    Link: https://mobile.twitter.com/Littlepaper93/status/686489810538598400

    ReplyDelete
  5. Bagian yang paling ingin aku baca adalah bagian 2 dan 3, yaitu Hidup Serba Kekurangan dan Kehidupan Di Jalanan. Aku pilih dua bagian karena menurutku 2 kisah ini saling berhubungan erat.

    Hidup serba kekurangan dan kehidupan di jalanan (kalau melihat timeline-nya) adalah kisah hidup Andy Noya sewaktu kecil. Aku sungguh ingin tahu kehidupan yang dijalani oleh Andy Noya selama masa kecilnya. Apa yang dialaminya? Apa yang dilakukannya? Bagaimana dia menghadapainya padahal dia masih kanak-kanak? Apa yang dikhawatirkan oleh Andy Noya kecil? Apa keinginannya? Dsb.

    Masa kanak-kanak adalah salah satu penentu terbentuknya karakter utama seseorang. Masa kanak-kanak bisa dibaratkan lembaran kertas kosong yang akan diisi dengan tulisan apa saja. Baik. Buruk. Bahkan hal apapun. Begitu tulisan itu sudah tergoreskan maka akan meninggalkan bekas, walaupun sudah dihapus dan diganti dengan tulisan lain pasti masih ada sisa tulisan sebelumnya.

    Begitu pula dengan masa kanak-kanak, apapun yang terjadi ketika Andy Noya sewaktu kecil sangat berperan penting dalam pembentukan karakternya yang sekarang. Apalagi hidup serba kekurangan dan hidup di jalanan bukanlah perkara yang mudah. Pasti banyak hal luar biasa yang telah dilalui dan berhasil dilalui Andy Noya dengan baik – walaupun tentu saja tidak mudah.

    Kenapa aku sangat tertarik dengan masa kecilnya Andy Noya karena aku ingin tahu kisah hidup yang telah dijalani semasa kecil sehingga menjadi orang sukses seperti sekarang, bahkan bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Aku penasaran.
    Ceritaku sendiri adalah ketika kanak-kanak, aku adalah seorang yang sangat pemalu. Pemalu yang sangat parah. Ketika tetangga atau keluarga (bukan orang tua atau saudaraku) menyapaku, bukannya menjawab, malah aku akan lari menghindar secepatnya. Ketika ada acara keluarga di rumah, aku akan mengurung diri dan tidak keluar menemui siapapun. Aku jarang keluar bermain. Jarang bertanya. Jarang mengajukan diri. Waktu sekolah disuruh membaca atau maju ke dpan kelas, keringat dingin dan aku tidak berani menatap siapapun. Ibuku sangat khawatir melihatku yang sangat pemalu (yang aku tahu ketika sudah menikah).

    Aku tahu ini salah dan tidak bisa aku biarkan. Semasa SMA dan kuliah, perlahan-lahan aku mulai melatih diri untuk tampil di depan umum, belajar berbicara, mengajukan pertanyaan, berpendapat dsb. Memang perlahan-lahan sifat pemaluku mulai berubah, mulai berkurang, mulai berani. Namun, sampai sekarang masih saja terbawa sifat malu. Aku masih gugup kalau bertemu orang baru, atau pertanyaan lebih sering aku simpan untuk diriku sendiri. Kadang aku benci akan sifat pemaluku. Kadang aku berhasil mengatasinya, namun kadang rasa malu itu masih membayangiku. Sering sekali aku ingin mengubah sifat pemaluku sejak masih kanak-kanak. Kadang aku ingin kembali ke masa kecilku dan mengubah sifat pemalu-ku. Aku kadang berpikir, seandainya sejak kecil aku pemberani, mungkin aku jauh lebih sukses dibandingkan sekarang ini.

    Kehidupan masa kecil akan terbawa terus sampai dewasa, apakah itu akan menguatkan dan membuatmu berhasil, atau justru menghancurkanmu, atau terus membayang-bayangimu. Oleh karena itu, kisah Andy Noya semasa kecil sangat ingin aku baca. Menjadi orang seperti Andy Noya sekarang ini berarti telah melalui masa kanak-kanak yang luar biasa. Karakternya yang luar biasa pasti telah ditempa sejak kecil. Tentu saja aku sangat penasaran dan sangat ingin tahu kisah masa kanak-kanak seperti apa yang membentuk Andy F. Noya menjadi seperti sekarang ini.


    M. Sulhan Habibi | @SulhanHabibi | Maros, Sulawesi Selatan

    Link tweet : https://twitter.com/SulhanHabibi/status/686508103609655296

    *NB : maaf kepanjangan

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Walaupun tidak bekerja dibidang jurnalistik, saya sebenarnya memiliki ketertarikan juga di bidang keahliannya bang Andy Noya ini. Saya selalu ingin tahu bagaimana para jurnalis hebat merintis karirnya. Saya ingin tahu profesi apa saja yang beliau kerjakan sebelum menjadi jurnalis seperti sekarang.

    Maka saya tertarik untuk membaca bagian 7 dan 8. Saya ingin tahu bagaimana proses takdir mempertemukan Andy Noya dengan jurnalistik yang membawanya sukses dan menjadi sosok inspiratif. Apakah beliau memang menyadari bahwa kemampuannya ada di jurnalistik atau justru berawal dari sebuah peristiwa yang tak terduga ?

    Raimundus Brian P | @Praszetyawan | Bekasi
    Link Tweet: https://twitter.com/Praszetyawan/status/686527475648610312

    ReplyDelete
  8. Bagian 8 karena aku pengen tahu kisah Andy Noya terjun di dunia kewartawanan soalnya aku juga tertarik untuk terjun kesana. Sehingga mungkin pada bagian ke 8 itu bisa membuatku tahu tentang Kewartawanan dan gambaran besarnya.

    Andi Dzul Rahmat | @andidzulrahmat | Makassar
    Link Tweet : https://twitter.com/andidzulrahmat/status/686539130822471680

    ReplyDelete
  9. Dari 11 bagian buku biografi 'Andy Noya' ini bagian yang paling ingin saya baca adalah Bagian 1 sampai 4, Masa Kecil di Surabaya Dua, Hidup Serba Kekurangan, Kehidupan Di Jalanan, dan Ludruk dan Kebun Binatang, menceritakan kehidupan masa kecil Andy dan keluarganya yang sering pindah dari kontrakan satu ke yang lain. Darah Belanda yang mengalir dalam dirinya agak mempersulitnnya karena semangat kemerdekaan sedang tinggi-tingginya. Orangtuanya juga berpisah sehingga Andy tidak mendapat perhatian yang cukup dan membuatnya melakukan berbagai kenakalan.Karena saya sangat penasaran dan ingin tahu bagaimana pergulatan hidup yang dialami oleh Andy Noya, mungkin sekarang kita hanya melihatnya sebagai seorang presenter hebat yang memberikan banyak inspirasi pada orang-orang di seluruh Indonesia. Tapi banyak yang tidak tahu bagaimana latar belakang hidup dan kepahitan-kepahitan hidup yang dialaminya, saya sangat ingin tahu tentang cerita kehidupan beliau dari kecil,bagaimana Andy Noya berjuang menapaki kehidupan yang amat berat yang tidak pernah saya alami. Kehidupan dan masa lalu yang menempa Andy Noya menjadi seseorang yang kuat dan luar biasa. Saya juga penasaran dengan seluruh isi biografi ini karena membaca review-nya saja sudah membuat saya merinding, kehebatan Andy Noya tidak hanya di depan panggung pertelevisian tetapi juga di belakang panggung. Dia berhasil menjalani apa yang menjadi passion hidupnya bahkan menjadi cahaya bagi banyak orang di luar sana,menjadi penolong bagi banyak orang yang membutuhkan pertolongan lewat yayasan Kick Andy Foundation. Dia menjadi sosok yang sangat saya kagumi. Dan saya berharap saya bisa mencontoh perjuangan hidup beliau, walau masa kecil saya mungkin tidak sepahit yang beliau alami, namun nilai-nilai hidupnya harus bisa saya tiru. Karena nilai-nilai hidup yang amat penting itulah yang bisa membawa kita ke jalan kesuksesan. Transisi kehidupannya di masa kecil itulah yang membuat saya tambah kagum pada sosok ini, di masa kecil yang harusnya di habiskan dengan bermain dan keceriaan seperti anak-anak kecil seumurannya malah dihabiskan dengan pergulatan hidup dan kemiskinan, saya sangat ingin membaca biografi ini terlebih kutipan dari review di blog ini yang sangat menginspirasi yang mengatakan bahwa "Ketidakberuntungannya di masa kecil membuat Andy menebusnya di masa depan. Tak hanya untuk dirinya, tapi juga untuk orang-orang lain yang membutuhkan." Dari situ saya berpikir, sangat mulia hati seorang Andy F. Noya.


    Nama : Nurhidayanti | Akun Twitter: @CallMe_Yanti | Domisili: Martapura, Kal-Sel
    Link tweet : https://mobile.twitter.com/CallMe_Yanti/status/686520698525712385?p=v

    https://mobile.twitter.com/CallMe_Yanti/status/686555747597959168?p=v


    https://mobile.twitter.com/CallMe_Yanti/status/686557338178863104?p=v

    ReplyDelete
  10. Dari 11 bagian di buku biografi ini, bagian mana yang paling ingin kamu baca?"

    Aku tertarik sama semua bagian dalam buku ini kak dhyn :D. Intinya aku pengen baca buku ini. Tapi ada beberapa bagian dari dalam buku ini yang benar-benar membuatku tertarik dan penasaran. Yaitu bagian 2 dan 3. Hidup Serba Kekurangan, dan Kehidupan Di Jalanan. Aku yakin semua orang hebat pernah mengalami jatuh bangun dalam hidupnya. Oleh karena itu aku tertarik bagaimana cerita kak Andy Noya saat hidup serba kekurangan dan hidup di jalanan. Karena dalam benakku pasti orang yang hidup serba kekurangan kebanyakan akan sering mengeluh dan menyerah pada hidupnya.Tapi kak Andy Noya tidak. Buktinya sekarang ia menjadi orang sukses dan mengenalkan acara televisi yang memotivasi banyak orang yitu kick Andy. Pastinya untuk mencapai itu semua tidak mudah bukan? Aku ingin tau bagaimana kak Andy Noya mengatasi saat-saat keterpurukannya dan apa yang menjadi motivasi beliau untuk bangkit dari keterpurukan dan mengubah jalan hidupnya menjadi lebih baik dan tidak lagi hidup di jalan. Terkadang pelajaran yang terbaik adalah belajar dari pengalaman. Aku ingin belajar dari pengalaman kak Andy sendiri yang hidup serba kekurangan dan hidup di jalanan. Selain bagian diatas tentunnya ada bagian lain yang membuatku tertarik yaitu Bagian 7 sampai 8, Kehidupanku di Ibu Kota dan Terjun ke Dunia Kewartawanan. Kenapa aku sangat tertarik dengan bagian ini? Karena bagian ini adalah bagian awal karir kak Andy Noya. Bisa dibilang bagian ini adalah anak tangga yang di lewati kak Andy sebelum naik lebih tinggi ke puncak tangga. Aku penasaran bagaimana awal kak Andy Noya bisa tertarik dan akhirnya masuk ke dunia kewartawanan. Apakah mimpi kak Andy adalah di dunia ini? Sebagai seorang sastrawati aku juga merasa dunia kewartawanan menjadi bagian dalam karir masa depanku. Oleh karena itu aku membutuhkan wejangan dan kiat-kiat sukses dari kak Andy Noya. Dan aku yakin awal karir kak Andy tidak langsung sukses tapi butuh perjuangan untuk menggapainya. Aku percaya tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika kita mau bersungguh-sungguh untuk mendapatkannya. Aku suka acara kick Andy dan cara pembawaan kak Andy sangat lucu dan membuat audience tertawa. Mungkin tidak ada yang menyangka jika kak Andy Noya pernah hidup serba kekurangan dan merasakan hidup di jalanan karena wajahnya yang menurutku tetap ceria dan tersenyum :)

    “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS Ar-Ra'd ayat 11

    Amilah Rahmatunnisa |@RnMilaa | Jakarta Timur
    https://twitter.com/RnMilaa/status/686728367282864132

    ReplyDelete
  11. Sebenarnya aku tidak bisa memilih, karena aku tertarik dengan keseluruhan bagian di buku Andi Noya ini. Namun diantara yang menarik, Aku sangat tertarik untuk membaca bagian 1-4. Titik awal kehidupannya menjadi orang besar seperti sekarang. perjuangan hidup yang tak kenal lelah, memberikan efek luar biasa di masa depannya. Hal itu dapat memberikan energi positif untuk aku, agar tidak mengeluh dan tetap semangat untuk mencapai kesuksesan yang aku inginkan.

    Ulfa Nursyifa l @ulfaminha l Purwakarta, Jawa Barat

    https://mobile.twitter.com/ulfaminha/status/686745653226024960?p=v

    ReplyDelete
  12. Sebetulnya aku penasaran sama semua bagian dari buku ini.
    Atuhlah siapa yang nggak kenal sama Andy Noya gitu :3
    Sosoknya inspiratif banget, jadi pengen tau kisah hidupnya secara utuh karena aku cuma tau secuil aja kisah hidupnya, tapi.... kalau disuruh milih, aku tertarik banget di bagian "Bagian 7 sampai 8, Kehidupanku di Ibu Kota dan Terjun ke Dunia Kewartawanan, Andy memulai karirnya di Jakarta yang keras dan penuh persaingan."

    Aku sedang tertarik banget sama dunia jurnalistik, soalnya aku sedang berusaha menyelami lebih jauh lagi tentang dunia ini. Pokoknya pengen tau semuanya, seluruhnya tentang dunia ini.


    Dalam buku ini aku makin penasaran dan pengen tau, ketika seorang Andy Noya sukses dengan karier jurnalistiknya yang bisa dibilang sangat cemerlang itu, kenapa sih dia bisa sampai begitu?
    Aku pengen baca sendiri bagaimana perjuangan jatuh-bangunnya dia ketika terjun langsung ke dunia kewartawananan, secara menjadi wartawan itu kan berat dan penuh resiko banget. Ketika membaca sedikit ulasan tentang buku ini dan ada bagian tentang Andy Noya yang menceritakan kehidupannya ketika terjun ke dunia kewartawanan, banyak pertanyaan bermunculan dalam benakku seperti, "gimana sih Andy Noya ini bisa survive di bidang itu sampai akhirnya bisa sebesar sekarang ini?", "Dia itu udah pernah meliput ke daerah mana aja sih?" "Terus hal apa yang dia dapatkan dari tugasnya meliput itu?", "apa aja yang bisa dia pelajari dari narasumber yang dia wawancarai?" . Karena di tengah tantangan dan resiko besar yang menanti, ketika meliput suatu hal pasti ada saja kejadian-kejadian berkesan dan bisa menjadi pengalaman dan pembelajaran hidup paling berarti bagi diri jurnalis. Aku penasaran banget. Gimana Andy Noya menuturkan kisah dirinya dan perjalanannya ketika terjun ke dunia kewartawanan itu, apalagi bahasa penuturannya pakai kata "AKU", pasti lebih kerasa personal dan feelnya dapet banget. Ini pasti akan sangat menarik sekali untuk dinikmati :)

    Mita Oktavia | @Oktaviamithaa | Bogor, Jabar
    https://twitter.com/OktaviaMithaa/status/686756885806989312

    ReplyDelete
  13. Bagian yang paling ingin kubaca adalah 'Amplop, Xin Wen, dan Kick Andy Foundation'. Aku ingin tahu bagaimana bang Andy menghadapi kehidupan barunya, yang dari media cetak ke media elektronik, dan menjalani setiap tantangan-tantangan yang baru pula dengan karakter unik yang dimilikinya.Aku ingin belajar dan mengetahui lebih banyak bagaimana beliau membuat perubahan, menyelesaikan setiap perseteruan, dan juga kisah lucunya, hingga bisa seperti sekarang ini.

    Tiara | @tirr_ |Jakarta Timur
    https://twitter.com/tirr_/status/686756567190917120
    https://twitter.com/tirr_/status/686757113847091200

    ReplyDelete
  14. Ten | @ten_alten | Yogyakarta
    https://twitter.com/ten_alten/status/686585781658374144

    aku selalu suka acara Kick Andy, membuka mata dan menginspirasi. :D
    aku ingin baca kisah hidup Andi Noya ini terutama pada bagian 5-6 dia di Malang dan Jayapura, ketika menemukan passionnya.. dan bagian 8 yang mengulas tentang awal karir jurnalistiknya.. aku ingin tau pemikiran Andi Noya tentang passionnya hingga menembus karir jurnalistik. aku tertarik dengan passion, hal yang dianggap remeh banyak orang, dan diabaikan, kemudian baru disadari ketika waktu telah berjalan jauh. :D

    buku ini menurutku wajib ada di perpustakaan sekolah bersanding dengan buku-buku biografi sastrawan ataupun sejarawan, dan wajib dibaca oleh siswa supaya siswa bisa segera menemukan passionnya dan memotivasi mereka sejak dini. biasanya di perpustakaan sekolah hanya ada biografi sejarawan/sastrawan besar saja, dan biasanya pun itu hanya bertengger manis di rak tanpa dilirik.. :D

    ReplyDelete
  15. Dari 11 bagian di buku ini, aku penasaran sama yang bagian 1-6. Tapi paling penasaran sama 'Ludruk dan Kebun Binatang'. Pengen tau kenapa bisa bagian ini dinamakan gitu? Ada peristiwa apa dengan Ludruk dan Kebun Binatang sehingga Pak Andy F. Noya memasukkan ini ke bab-bab awalnya? Apa dia ketemu binatang terus dapat insprirasi buat bertahan hidup lalu akhirnya mereka pindah ke Malang? Atau setelah dari kebun binatang Pak Andy kecil malah jadi sedih? Semoga bukan begitu ya >_<

    Fitra Aulianty | @fira_yoopies | Pekanbaru
    https://twitter.com/fira_yoopies/status/686824843921104896

    ReplyDelete
  16. Bab 1-4. Di situ menceritakan masa kecilnya Andy kan? Basic kehidupan seseorang selalu menarik perhatian saya. Saya ingin tahu bagaimana latar belakang seorang Andy, apa saja pengalaman dan pendidikan yang ia dapat saat ia kecil karena menurut saya masa kecil itulah yang menempa seseorang menjadi pribadi yang seperti apa kelak saat dewasa. Hidup susah, sering di-bully, tinggalnya pindah-pindah, serta sebuah 'perbedaan' yang ia miliki. Bagaimana cara ia menyikapinya? Bagaimana ia mengambil pelajaran dari berbagai cobaan di hidupnya? Dan bagaimana dia bisa berdamai dengan semua hal yang menyiksanya?

    Aya Murning | @murniaya | Palembang
    https://twitter.com/murniaya/status/686871162517753857

    ReplyDelete
  17. Bagian yang paling ingin kubaca adalah ‘Kehidupan Di Jalanan’.
    Bagian yang kurasa merupakan tonggak menuju awal kesuksesan Andy. Pasti banyak kisah menyentuh yang bisa membuat kita mau melihat sekeliling kita. Simpati pada saudara-saudara kita yang kekurangan.
    Bagian itu juga akan membuat kita belajar untuk tidak memandang rendah orang lain, tidak memandang remeh orang lain dan tidak menilai sesorang dari luarnya saja. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan diri kita dan dia. Masihkah kita 10 tahun lagi seperti ini ?? Apakah dia 5 tahun kemudian sudah memiliki kehebatan yang melebihi kita ??

    Mukhammad Maimun Ridlo | @MukhammadMaimun | Sleman
    https://twitter.com/MukhammadMaimun/status/686920491366400004

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Saya ingin baca banget bagian 1-6. Salah satu hal diangkat buku ini kan mengenai beliau yang berbeda dengan orang lain, dan saya ingin mengetahui lebih serta penasaran, gimana beliau menghadapi kehidupan yang seperti itu di awal-awal kehidupan beliau. Kemudian juga bagaimana beliau mulai menyukai jurnalistik. Ini menarik, karena dunia jurnalistik itu menurut saya salah satu hal yang akan mengangkat nama seseorang ke permukaan untuk diketahui dunia. Untuk melakukan itu pasti nggak mudah, apalagi saya ini bukan orang yang PD-an :D jadi, saya ingin banget bagian itu karena beliau keren bisa tertarik ke dunia jurnalistik. Dan nggak cuma 6 bagian itu sih, semua ingin dibaca. hehe. apalagi bentuk bukunya baguuus! ^^

    Amilatun Sakinah | @amilatunS | Yogyakarta
    https://twitter.com/amilatunS/status/687182883182645248

    ReplyDelete
  20. "Dari 11 bagian di buku biografi ini, bagian mana yang paling ingin kamu baca?"

    sebenarnya semua bagian dari buku ini ingin saya baca semuanya. karena setiap bagian pasti sangat menarik dan memiliki pesan tersendiri. tapi sudah diberikan acuan kata "paling". jadi harus ada satu yang dipilih dari kesebelas bagian ini, hanya satu. jika lebih dari satu berarti tidak bisa dikatakan termasuk ke dalam kategori "paling". hehe
    dari sebelas bagian dalam buku ini tentang perjalanan hidup Andy F Noya, yang paling ingin saya baca adalah bagian ke-7, yaitu "Kehidupan di Ibu Kota".
    pada tanggal 7 Agustus 2015 lalu ketika buku ini baru rilis, di acara Kick Andy sendiri, buku ini diulik untuk episode spesial kidah hidup Andy F Noya. saat itu bang Andy menceritakan dengan singkat perjalanan hidupnya. dan yang membuat saya tertarik adalah kehidupan beliau ketika di Ibo kota, khususnya ketika masa kuliah.saat itu oleh Sarah Sechan diulik bahwa semasa kuliah bang Andy ini tidak seperti mahasiswa pada umumnya. alasan yang di berikan bang Andy hanya singkat, yaitu karena keterbatasan biaya. bagi saya penjelasan bung Andy ini masih belum keseluruhannya.
    ada beberapa alasan mengapa saya memilih bagian ke-7 ini. pertama, kehidupan di Ibu Kota pastilah penuh dengan perjuangan. saya ingin tahu bagaimana beliau menjalani kesehariannya di Ibu Kota dengan keadaan ekonomi yang terbilang rendah. kita tahu bahwa di Ibu Kota dari dahulu apa-apa sudah bisa dibilang mahal. kedua, ini yang saya tegaskan, masa kuliah atau mahasiswa adalah masa dimana kritis-kritisnya pemikiran seseorang. dan pada masa ini juga, seseorang akan membangun konsep hidupnya sendiri, atau bisa dikatakan ideologinya sendiri dengan bekal perjalanan masa lalu. saya ingin tahu bagimana bung Andy F Noya membangun ideologi hidupnya dengan berlatarbelakang kehidupan masa kecilnya. akan jauh berbeda dieologi hidup orang yang tidak mengenyam masa mahasiswa dengan orang yang mengenyam masa mahasiswa. mungkin ungkapan saya ini terkesan rasis, ras tidak mahasiswa dan ras mahasiswa hehe. orang yang pernah mengenyam masa sebagai mahasiswa, ideologi hidupnya akan kuat dan bermakna. hal ini karena banyaknya ilmu-ilmu yang di dapat dari ketika kuliah, kemudian dibenturkan dengan berbagai permasalahan dan kondisi lingkungan pada masa itu. ia akan mengkaji keadaan lingkungan dengan benar-benar kritis sesuai ilmu yang ia punya, memandang dengan luas. ini juga hal yang saya rasakan sendiri. jujur saja, semua cita-cita yang saya bangun sejak dahulu, bisa dibilang berubah ketika saya berada pada masa ini (sebagai mahasiswa). saya yang dulu hanya berpikir sempit, sekarang menjadi berpikir lebih luas. cita-cita yang dulu ingin saya gunakan untuk diri saya sendiri, sekarang saya sadar bahwa itu tidak ada gunanya. dengan pola pikir yang memandang lebih luas dan lebih jauh, saya rubah cita-cita itu. saya ingin cita-cita saya sendiri ini juga bermanfaat bagi orang lain. hal ini pun karena saya juga terispirasi dari orang-orang hebat yang diundang di acar Kick Andy. nah karena inilah, saya ingin tahu bagaimana ideologi hidup bung Andy dibentuk pada masa ini, dengan benturan kondisi lingkungan Ibu Kota, dan latar belakang kehidupanya sendiri.
    ketiga, saya ingin tahu bagaimana bung Andy menjalani masa-masa kuliahnya. karena saya sendiri sedang kuliah, jadi saya tertarik dengan bagian ini. hehe
    mungkin itu alasan saya kenapa memilih bagian ke-7 "Kehidupan di Ibu Kota".


    Ahmad Rosyid Mustaghfirin | @ahmadrosyidmus | Yogyakarta
    Link Share : https://twitter.com/ahmadrosyidmus/status/687293317277560833

    ReplyDelete
  21. Ingin baca bag 11 Amplop, Xin Wen, dan Kick Andy Foundation, program Kick Andy mulai mengudara dan melahirkan tantangan baru bagi Andy. Ingin tahu bagaimana Andy bisa memiliki ide program Kick Andy dan mengatasi tantangan tsb. Saya termasuk yang bercita-cita memiliki program talkshow sendiri dan Andy adalah salah satu inspirasi :D pengen baca dan tahu~~ :D

    Hana Bilqisthi | @hanabilqisthi| Jakarta
    https://twitter.com/hanabilqisthi/status/687472181505163264

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Bagian buku yang paling ingin kubaca adalah “Kehidupan Baru di Malang (Ibu Ana)” dan “Amplop, Xin Wen, dan Kick Andy Foundation (Bertemu Ibu Ana)”. Aku tertarik dengan persona Ibu Ana sebagai pendidik yang —boleh dikatakan— melampaui zamannya, sebab untuk ukuran guru di masa itu, pemikiran Ibu Ana terbilang sangat moderat.

    Ibu Ana berhasil menciptakan suasana belajar “thinking outside the box” dengan mengajak murid-muridnya untuk jalan-jalan ke luar sekolah pada jam pelajaran olahraga. Hal tersebut berbeda dengan kebanyakan guru-guru lain saat itu yang masih terpaku pada pembelajaran klasikal di dalam kelas.

    Di samping itu, berkat jasa dari Ibu Ana pulalah, Andy F. Noya mengetahui kemampuan menulisnya. “Kalau besar nanti kamu bisa sukses menjadi wartawan,” kata-kata Ibu Ana yang kemudian berkembang menjadi virus-virus semangat dan menjalar ke alam bawah sadar Andy F. Noya kecil.

    Saat ini, guru seperti Ibu Ana sudah sulit untuk ditemukan. Sebagian besar dari mereka justru banyak “memaksa” anak-anak didiknya mengejar cita-cita yang belum tentu mereka impikan atau sesuai dengan bakat dan kemampuannnya. Jadi, Ibu Ana merupakan potret ideal seorang guru autentik yang perlu diteladani oleh guru-guru masa kini.

    ***

    Sensitivitas guru sangat berperan untuk ikut menentukan masa depan murid-muridnya. Oleh karena itu —sebagai seorang guru— saya pribadi merasa termotivasi untuk mengikuti jejak Ibu Ana dengan menciptakan pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada tercapainya cita-cita murid sesuai bakat dan kemampuan mereka masing-masing.

    Arie Hendrawan | @ArieHendrawan5 | Semarang | Berprofesi sebagai Guru PKn

    Link tweet: https://twitter.com/ArieHendrawan5/status/687493813766492160

    ReplyDelete
  25. Gue penasaran pengen baca Kehidupan Baru di Malang dan Tumbuh Dewasa di Jayapura di Kisah Hidupku ini. Karena Andy Noya terlihat seperti berhasil saja sekarang tanpa aku tahu ternyata dia pernah tinggal di Jayapura? wow..
    Aku juga penasaran bagaimana seorang Andy Noya dapat berprestasi dan tetap memberikan inspirasi di daerah terpelosok seperti itu..

    April Silalahi | @aprlboanarges | Jakarta |
    link tweet: https://twitter.com/aprlboanarges/status/687918673432936449

    ReplyDelete
  26. Yang paling membuatku tertarik untuk membaca buku ini adalah pada bagian 7-8. Karena aku tertarik dengan dunia jurnalistik, aku pengen tahu bagaimana perjuangan seorang Andy Noya memulai karirnya di Jakarta sehingga menjadi pembawa acara yang bisa menginspirasi banyak orang | Silvya Anggraeny | @silvyagny | Malang | https://twitter.com/silvyagny/status/688000788942176257

    ReplyDelete
  27. "Dari 11 bagian di buku biografi ini, bagian mana yang paling ingin kamu baca?"

    Sebenarnya membaca sebuah buku itu harusnya tuntas dan lengkap dari halaman awal sampai akhir, namun jika diminta memilih maka untuk Andy Noya: Kisah Hidupku ini aku ingin sekali membaca bagian 1-4 yang mengisahkan kehidupan Andy kecil. Karena selama mengikuti perjalanan Bung Andy, hampir tidak pernah ada tulisan yang mengisahkan tentang masa kecilnya. Sementara perjalanan karirnya sejak mulai memasuki dunia jurnalistik sampai sekarang dapat lebih mudah ditemukan rekam jejaknya.

    Aku benar-benar penasaran dengan perjalanan Andy kecil. Apa dan bagaimana Andy kecil menjalani kehidupannya? Tantangan apa saja yang pernah dihadapinya dan bagaimana Andy kecil dapat keluar dari semua problematika hidupnya saat itu? Apakah didikan orang tua dan keluarga lah yang membuat Bung Andy dapat sukses seperti sekarang ini? Adakah kisah kelam masa kecil yang menjadi cambuk baginya? Semua pertanyaan ini berkecamuk dalam benakku saat pertama kali aku melihat buku ini di toko buku.

    Kuharap pertanyaan-pertanyaan ini dapat terjawab jika kelak aku diberi kesempatan membaca buku yang luar biasa menginspirasi ini.

    Kitty | @womomfey | Jakarta
    https://twitter.com/WoMomFey/status/688084710921142272

    ReplyDelete
  28. Muhsinatud Diyanah | @diyan402 | Jepara, Jateng
    Dari kesebelas bagian yang merupakan episode-episode kehidupan Andy F Noya, semuanya menarik. Tetapi bagian dalam buku ini yang paling ingin aku baca & ketahui lebih dalam adalah part dimana Andy F Noya berada di Malang. Di kota itulah Andy menemukan passion hidupnya dalam tulis menulis berkat dari seorang guru yang bernama bu Ana. Saya teringat dengan salah satu kalimat saat saya mengikuti kuliah umum dari ibu Itje Khotidjah. Beliau mengakatan “tidak ada satupun profesi yang tidak melalui proses pendidikan dari seorang guru”. Saya ingin tahu cara bu Ana dalam membimbing bang Andy. Alhamdulillah saya juga sekarang menempuh pendidikan di fakultas pendidikan, dan saya berharap kelak saya bisa seperti bu Ana. Bisa menghantarkan anak didiknya mengapai masa depan yang cerah.

    ReplyDelete
  29. Bagian 1 sampai 4 mengenai masa kecil nya Andy. Saya ingin sekali mengetahui masa kecil seorang Andy F. Noya. Dari review yang saya baca, sepertinya masa lalu beliau cukup suram. Itu sebabnya saya ingin sekali membaca perjalanan hidup beliua saat kecil yang menimpanya sampai menjadi seperti sekarang. Semoga berjodoh dengan giveawaynya... :)
    Terima kasih kak ^^

    Nova Indah Putri Lubis | @n0v4ip | Medan
    https://twitter.com/n0v4ip/status/688226950909792256

    ReplyDelete
  30. Paling penasaran ama bagian 2 - Hidup Serba Kekurangan

    Karena aku pernah mengalami gimana susahnya saat kondisi ekonomi keluarga semakin berat.
    Sakit banget ...!!

    Aku kutip statement Jacob Oetama, "nothing menjadi something, nobody menjadi anybody, dan yang mustahil menjadi mungkin" .. Aku percaya ada kekuatan didalam kesusahan.
    Benar2 menginspirasi, pengen banget bisa punya buku Andi Noya : Kisah Hidupku
    Semoga aku terpilih jadi pemenang. Amin

    Kristi Lingga | @kristi_lingga | Medan
    https://twitter.com/kristi_lingga/status/688236680843640832

    ReplyDelete
  31. Bagian yang paling bikin aku penasaran adalah 'Hidup Serba Kekurangan' dan 'Kehidupan Di Jalanan.' Bagian ini aku yakin bisa menjadi suntikan semangat buat aku pribadi bahwa hidup serba kekurangan tak menutup kemungkinan bahwa masa depan akan lebih gemilang. Bahkan mungkin pengalaman hidup tersebut bisa bermanfaat bagi orang lain.

    Dias Shinta Devi | @DiasShinta | Bogor
    https://twitter.com/DiasShinta/status/688335459248771072

    ReplyDelete
  32. Aku pengin baca saat Andy Noya "Terjun ke Dunia Kewartawanan", bukannya syarat untuk menjadi seorang wartawan seharusnya minimal memiliki ijasah S1 atau mungkin saja saat itu tidak ada syarat seperti ini. Aku pengin bangett kerja di dunia wartawan tapi apa daya aku belum lulus S1 dan kemungkinan akan di DO dari kampus. Selama ini, kalau membaca koran dan melihat berita di TV sering banget mikirin gimana ya kerjanya para wartawan kok bisa mereka sehebat itu meliput berita. Keberanian, perjuangan dan bahkan mengorbankan nyawa (atau disandera) untuk mencari kebenaran suatu peristiwa yang ternyata ditutupi oleh pejabat-pejabat. Apakah mungkin ada kebijakan lagi kalau anak lulusan SMA diperbolehkan untuk menjadi wartawan? Andy Noya berjuang begitu keras untuk terjun ke dunia wartawan, aku juga nggak akan menyerah begitu saja mencari lowongan menjadi wartawan. Mimpiku adalah menjadi wartawan yang mampu mengabdi bagi nusa dan bangsa serta melindungi hak semua orang memberikan pendapat serta menampung berbagai pendapat masyarakat, paling penting menyajikan berita dan informasi terpercaya tanpa adanya kepemihakan.

    Agatha Vonilia M. | @Agatha_AVM | Jember

    https://twitter.com/Agatha_AVM/status/688336780852985857

    ReplyDelete
  33. Aku penasaran dengan bab 4, yaitu Ludruk dan Kebun Binatang. Aku penasaran dengan apa hubungannya Ludruk dan Kebun Binatang dengan Andy F Noya. Lalu, apakah sekarang 'ludruk dan kebun binatang' masih berhubungan dengan Andy F Noya.
    Selain itu, bab 4 termasuk bagian yang menceritakan masa kecil Andy F Noya yang merupakan masa yang sulit untuknya.
    "Darah Belanda yang mengalir dalam dirinya agak mempersulitnnya karena semangat kemerdekaan sedang tinggi-tingginya."
    Nah, aku penasaran dengan alasan kenapa Darah Belanda-nya Andy ini mempersulitnya. Seberapa parahkan pengucilan untuk keturunan Belanda saat itu? Padahal, kakak kelasku yang keturunan Belanda justru punya banyak teman loh, hehehe. Aku ingin tahu, apa yang Andy lakukan saat itu untuk keluar dari kesulitannya karena darah belandanya itu.
    Balik lagi ke bab yang aku kepo, gimana hubungan Darah Belanda si Andy ini dengan Ludruk? Apa yang dilakukannya dengan Ludruk dan kebun binatang dengan darah keturunan Belandanya itu?

    Putri Prama A| @putripramaa | Probolinggo
    https://mobile.twitter.com/PutriPramaa/status/688346228409503744

    ReplyDelete
  34. Daisy | @daisy_skys | Semarang
    https://twitter.com/Daisy_skys/status/688345533828562944

    Entah ini ada dibagian mana tapi Aku suka bagian ketika betapa menyesalnya Andy Noya saat kehilangan ayahnya, yang selama ini Ayahnya dikenal oleh Andy sebagai Ayah sekaligus sahabat dan teman curhatnya. Hal yang membuat seorang Andi Noya sangay menyesal karena di detik-detik ayahnya meninggal, Andy Noya justru harus sempat bertengkar hanya soal urusan menonton tinju. Penyesalan Andy Noya yang tidak akan dia lupakan.

    ReplyDelete
  35. Bagian yang paling ingin ku baca itu bagian 7-8, bagian Kehidupanku Di Ibu Kota dan Terjun ke Dunia Wartawan. Aku pengin tau bagaimana awal perjuangan Pak Andi merintis karirnya di ibu kota hingga bisa sesukses sekarang ini. Dari situ mungkin aku bisa belajar banyak dari pengalaman Pak Andi. Belajar menjadi orang sukses..

    Nandia A | @Nandia__A | Sidoarjo | https://twitter.com/Nandia__A/status/688305087937040384

    ReplyDelete
  36. Bagian yang paling ingin ku baca itu bagian 7-8, bagian Kehidupanku Di Ibu Kota dan Terjun ke Dunia Wartawan. Aku pengin tau bagaimana awal perjuangan Pak Andi merintis karirnya di ibu kota hingga bisa sesukses sekarang ini. Dari situ mungkin aku bisa belajar banyak dari pengalaman Pak Andi. Belajar menjadi orang sukses..

    Nandia A | @Nandia__A | Sidoarjo | https://twitter.com/Nandia__A/status/688305087937040384

    ReplyDelete

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...