2016 Reading Challenges – 1st Recap

by - 11:59 PM

Kita sudah menginjak bulan Juli. Itu berarti ada sekitar enam bulan lagi untuk menyelesaikan dan memenuhi tantangan membaca yang keberikan untuk diri sendiri. So, here’s the first recap of my 2016 Reading Challenges :D


Kalau tidak ada kuota untuk menonton video di atas, sini aku jelasin satu-satu lewat tulisan :)

1. Goodreads Reading Challenge
Status: on going

Sampai bulan Juni, sudah 35 buku yang kubaca. Buku yang paling tebal adalah Cress karya Marissa Meyer.



Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, aku ketinggalan jauh untuk Goodreads reading challenge. Mungkin karena angka 100-nya. Mungkin karena kesibukan akademik yang bikin nggak mood buat nulis buku, yang berefek langsung ke buku bacaan selanjutnya. Kepalaku penuh dengan cerita dan karakter dari 12 buku yang belum kureview. Untuk mengatasinya, aku mau berhenti membaca dulu atau baru membaca buku baru setelah menyelesaikan minimal satu review.

2. 3 For 1
Status: kinda failed but keep on going

Ini salah satu reading challenge favoritku karena keunikannya. Tapi tantangan ini malah batu sandungan terbesar kalau ada pre-order buku baru dan bazzar buku murah. Aku ‘kelepasan’ beli dua buku baru, Kastil Es dan Air Mancur yang Berdansa karya Prisca Primasari  dan Cruise Chronicles karya Ruwi Meita, tanpa membaca enam buku dulu. Jadi, apakah tantangan yang satu ini terlanjur gagal? Nggak juga sih. Aku masih mau melanjutkannya sampai akhir tahun dan berusaha memenuhi ketentuannya. Lihat lah buku-buku yang akhirnya aku baca :D

BACA
1. Cafe Waiting Love – Giddens Ko
2. Andy Noya: Kisah Hidupku – Robert Adhi KSP
3. The Stolen Years – Ba Yue Chang An
BELI
O – Eka Kurniawan


BACA
1. Cat and Dog – Park Hee Jung
2. Hello After Goodbye – Dhamala Shobita
3. Alias – Ruwi Meita
BELI
Did I Mention I Love You – Estelle Maskame


BACA
1. Lelaki Harimau – Eka Kurniawan
2. Above the Stars – D. Wijaya
3. Peek a Boo, Love – Sofi Meloni
BELI
Soleil France – Lee Il-sun


BACA
1. Soleil France – Lee Il-sun
2. The Bourne Identity – Robert Ludlum
3. 99 Tips Jadi Freelancer Sukses Untuk Mahasiswa – Ery Yuni Wijianti & Dewi Anggiani
BELI
Scarlet – Marissa Meyer


BACA
1. Scarlet – Marissa Meyer
2. Love Theft #1 – Prisca Primasari
3. Persona – Fakhrisina Amalia
BELI
Career of Evil – Robert Galbraith


BACA
1. The Stardust Catcher - Suarcani
2. Love Theft #2 – Prisca Primasari
3. Melipat Jarak – Sapardi Djoko Damono
BELI
Look at Me Please – Sofi Meloni


BACA
1. Purple Eyes – Prisca Primasari
2. The Chemistry of Marriage – Asri Tahir
3. Two Souls – Elvira Natali
BELI
Corat Coret di Toilet – Eka Kurniawan


BACA
1. Wheels and Heels – Irene Dyah Respati
2. Cress – Marissa Meyer
3.  Career of Evil – Robert Galbraith
BELI
Trik Juara Mengatur Waktu – Zivanna Letisha

3. Read-a-Thon(s)
Status: completed

Di enam bulan terakhir, aku mengikuti dua read-a-thon. Pertama, Rainbowthon 2.0, read-a-thon yang mewajibkan peserta memilih buku-buku yang mempunyai warna-warna pelangi. Dari empat buku yang kutargetkan, hanya dua yang selesai.


Read-a-thon kedua adalah Tome Topple. Bukunya harus memiliki minimal 500 halaman dan jumlah buku yang dibaca minimal satu buah. Aku berhasil memenuhi read-a-thon ini karena hanya memilih satu buku hehehehe.


Karena sudah berhasil mengikuti dan memenuhi satu read-a-thon, aku memutuskan untuk tidak melanjutkan tantangan yang satu ini.  Sebagai gantinya aku mengikuti …

Status: on going


Receh untuk Buku ternyata hadir lagi di tahun 2016. Aku agak ketinggalan soal kabar ini, tapi berniat ikutan lagi. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, aku menggunakan botol air mineral bekas sebagai celengannya.

Nah itu dia laporan terakhir untuk empat – atau tetep tiga – tantangan membaca yang kuikuti tahun 2016 ini. Rata-rata di bawah target sih, tapi semoga semuanya bisa terpenuhi akhir tahun nanti. Bagaimana denganmu? Berapa jumlah buku yang ingin kamu baca tahun ini? Kasih tahu aku dengan cara menuliskan komentar di bawah, ya. Tunggu juga postingan tentang perkembangan tantanganku ini di awal tahun 2017 nanti. Good day guys :D

You May Also Like

3 comment(s)

  1. Selamat atas pencapaiannya :D Good luck ya :D semoga bisa menyelesaikan reading chalengge nya :D

    ReplyDelete
  2. Makasih Hana. Semoga kamu bisa membaca buku yang sudah ditargetkan, jika ada hehehe :D

    ReplyDelete
  3. Huaaaaw kamu keren sekalii.. aku mah di goodreads target baca nya hanya tinggal wacanaa...

    Btw aku tau blog kamu dari link yang ada di receh untuk buku..

    ReplyDelete

Thanks for leave your comment :D