Cara Beli Buku di Gramedia.com

by - 8:44 PM

Hai semuaaaa! Selamat datang ke blogku yang sudah tidak aktif selama setahun ini. Banyak alasan dan kesibukan yang membuatku lupa meng-update blog ini. Mulai dari alasan pribadi, kerjaan yang melelahkan (I’m currently working as a copywriter btw), sampai laptop yang rusak yang bikin aku lupa password.

Setelah mencoba beberapa kombinasi password, aku berhasil log in ke blogger dan penasaran sama komentar-komentar yang masuk. Sempet menyesal juga intip bagian ini karena malah nemu spoiler ending The Last Star karya Rick Yancey (tenang, komentarnya nggak ku-approve untuk muncul di blog), tapi aku kaget begitu lihat banyak komentar masuk untuk postingan Belanja Buku di PengenBuku. Itu postingan udah lama banget loh. Sedihnya komentar di postingan tersebut kebanyakan ungkapan kekecewaan pengalaman belanja. Aku jadi merasa bertanggung jawab karena bikin banyak pihak merasa dirugikan. Maaaf ya …

Selain komentar tentang pengalaman pribadi, ada juga yang minta rekomendasi toko buku online lain. Hmm, mungkin aku memang sebaiknya bikin postingan serupa untuk toko buku online lain sebagai pembanding. Ini juga jadi ruang untukku untuk menebus kejadian kemaren. Nah, untuk postingan pertama ini, toko buku online yang aku coba adalah …. GRAMEDIA.COM!


Gramedia.com adalah toko buku Gramedia dalam versi online. Laman About Us dijelaskan bahwa toko buku Gramedia versi online punya tujuan untuk memudahkan orang-orang yang tinggal di daerah yang tidak ada toko buku Gramedia versi offline atau mereka yang terlalu sibuk untuk datang langsung. Semua buku dan barang yang ditawarkan toko buku Gramedia versi offline ada di gramedia.com, malah lebih lengkap karena katalog di versi online adalah gabungan data dari seluruh toko buku Gramedia offline.

Jika barang yang kamu cari tidak ada di Gramedia offline, kamu disarankan untuk mencarinya di Gramedia online. Contohnya, aku yang penasaran dengan novel berjudul Gentayangan: Pilih Sendiri Petualangan Sepatu Merahmu karya Intan Paramaditha. Novel ini tentu belum tersedia di Gramedia offline karena tanggal resmi rilisnya adalah 16 Oktober. Tapi aku suuuuuper penasaran. Pas liat gramedia.com, mereka ternyata sedang membuka masa pre-order!

Pemesanan

9 Oktober 2017

Saat itu lewat tengah malam dan aku masih terlalu excited untuk tidur. Aku buka Instagram dan menemukan postingan tentang pre-order novel Gentayangan. 


Harganya cukup fantastis bikin aku mikir dulu. Mungkin bukunya tebal, apalagi dengan konsep ‘pilih sendiri petualanganmu’ itu. Terus aku sempet mampir ke toko buku online lain untuk ngecek harganya, apakah emang segitu atau bisa lebih mahal. Nggak nemu dong! Pre-order-nya beneran eksklusif di gramedia.com dan harganya normal. Padahal toko buku atau penerbit lain selalu menawarkan harga spesial untuk masa pre-order, kenapa gramedia.com nggak begitu juga? 

Tapi aku tetap memasukkan Gentayangan ke shopping cart dan check out (bersamaan dengan proses registrasi) lalu tidur. Aku berharap dengan tidur dan bangun nanti, aku punya solusi atau paling nggak, bisa nerima harga buku itu dan fakta bahwa nggak ada diskon pre-order. Lagian kalo nggak dibayar sebelum tanggal dan waktu yang ditentukan gramedia.com, pesananku akan otomatis dibatalkan. Fair enough menurutku.



Btw, proses registrasinya standar saja, nggak jauh beda dengan toko buku online lainnya. Tapi untuk sign up di depannya, aku pakai akun google biar lebih gampang. Setelah itu, karena sudah masuk proses check out, aku mengisi formulir data diri untuk bagian shipping information termasuk alamat lengkap agar ongkos kirimnya bisa dihitung. 

Pembayaran

9 Oktober 2017


Setelah melengkapi bagian shipping information, aku masuk bagian ke payment information. Aku memilih pembayaran lewat virtual account. Semenjak sering belanja di Shopee, aku mengenal dan suka banget sama pembayaran pake virtual account. Lebih mudah dan cepat, apalagi buat aku yang mengandalkan BCA Mobile (gak usah daftarin nomor rekening baru blablabla, yang pake BCA Mobile pasti taulah ribetnya). 


Setelah itu, masuk ke laman review yang memuat segala informasi untuk pengiriman dan pembayaran. Hal yang menarik di sini adalah perkiraan pengiriman untuk buku pre-order. Di sana tertulis buku akan dikirim sekitar tanggal terbit buku. Berarti ada kemungkinan bukunya dateng sebelum atau tak jauh dari tanggal 16 dan aku cukup senang dengan hal ini.


Selanjutnya aku melalui proses pemesanan terutama bagian pembayarannya. Selain nomor rekening virtual account dan panduannya, tanggal dan jam batas terakhir perbayaran juga tertera jelas. Daaan aku secara resmi memesan buku Gentayangan!

10 Oktober 2017

Ternyata hanya butuh waktu kurang dari 48 jam untuk memutuskan kalo aku beneran aku beli novel Gentayangan. Lewat email dari gramedia.com yang masuk setelah aku resmi check out, aku copy nomor rekeningnya dan langsung transfer. 


Konfirmasi pembayarannya ternyata sangat cepat! Tak lama setelah transfer, aku mengecek orderanku di gramedia.com dan statusnya sudah berubah jadi ‘payment received’. Email konfirmasinya pun sudah masuk inbox. Aku kasih tepuk tangan meriah untuk yang satu ini.

Pengiriman

12 Oktober 2017

2 hari setelah menyelesaikan pembayaran, aku belum dapet waybill number yang berarti pesananku belum dikirim

Buku datang!

13 Oktober 2017

Sekitar jam 8 pagi, aku mendapat pesan WhatsApp dari kurir ARK XPRESS tentang konfirmasi alamat untuk pengiriman paket dari gramedia.com. Aku excited sekaligus kaget dan bingung. Rasanya aku belum dateng email dari gramedia.com tentang pengiriman ini, terutama waybill number-nya. Lebih kagetnya lagi, kurir ternyata sudah di depan rumah! Lucu banget, karena aku baru banget nyampe kantor. Paket pun diterima sama orang rumah dan kurir tadi ngasih tau aku. Jadi tenang deh.



Begitu cek ke gramedia.com, orderanku ternyata sudah ada waybill number-nya. Statusnya bahkan sudah berubah menjadi ‘complete’. 

Begitu nyampe rumah malamnya, aku akhirnya bisa menyentuh paket yang dibungkus rapi. Aku baru buka keesokan harinya agar bisa memoretnya dengan cahaya alami. Bukunya beneran tebeeeel!



Dari pengalaman panjangku tentang memesan buku di gramedia.com, aku menyoroti beberapa hal. Pertama, bukunya memang dikirim dan datang sebelum tanggal rilis resmi. Aku seneng banget karena bisa dapetin buku yang kuinginkan sebelum banyak orang hahahaha. Tapi di Instagram ada yang ngasih tau dia liat buku itu di salah satu Gramedia, yang aku rasa di daerah Jakarta. Sedikit kecewa sih, apalagi aku sendiri pernah liat buku terbitan Gramedia sudah dipajang seminggu sebelum tanggal rilisnya, di Bandung pula! Tapi melihat kesibukanku (dan kemalasanku), pengirimannya cukup memuaskan.

Tapi, ini poin kedua, aku berharap ada email konfirmasi tentang pengiriman atau progress sekecil apapun tentang orderanku. Aku kan pengen tau kabar buku impianku. Emailnya mungkin masuk ke spam atau kelewat, tapi aku udah beneran nyari dan nggak ada. Ketiga, aku berharap ada harga spesial untuk buku pre-order. Ini harganya beneran sama dengan toko buku offline. Mungkin seharusnya aku bersabar sedikit dan nunggu bukunya masuk Rumah Buku atau Togamas. Kan lumayan dapet diskon 15%. Namun, melihat buku wish list-ku sampai dengan kondisi bagus, aku rasa komplen apapun nggak ngaruh lagi.


Nah, itu dia pengalamanku memesan buku di gramedia.com. Semoga bisa membantumu berbelanja produk-produk toko buku Gramedia secara online. Perlu diperhatikan, pengalaman memesan buku secara online nggak jauh beda dari nyobain produk skin care asal Korea, hasilnya bisa berbeda-beda di setiap orang. Ada kemungkinan barang yang kamu pesan sedang kosong, bukunya lama nyampenya karena kamu tinggal jauh dari Jakarta atau buku yang kamu bukan buku pre-order sepertiku ini.  Walaupun begitu, aku harap postinganku ini ngasih gambaran jelas tentang mesen buku online, terutama di gramedia.com.

Kira-kira toko buku online apa lagi yang harus kucoba dan review di sini? Tulis saranmu di kolom komentar di bawah ya. Thanks for stop by and reading this post :D

You May Also Like

1 comment(s)

Thanks for leave your comment :D