MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Friday, January 4, 2019

4 Reading Challenge Yang Bisa Kamu Ikuti di 2019

Tahun baru identik dengan resolusi baru. Resolusinya bisa berisi hal-hal besar seperti membangun bisnis sendiri atau traveling keliling dunia. Resolusi juga bisa berisi hal-hal simpel seperti rajin olahraga atau baca banyak buku.

Baca buku sederhana dan gampang banget, kan?
Iya sekaligus tidak.

Resolusi sekecil apapun bisa jadi sekadar wacana kalo kamu gak seriusin. Agar semangat tahun barumu terpompa dan terus terjaga, yuk, ikutan salah satu dari 4 tantangan membaca di bawah ini :D


Goodreads adalah sosial media untuk para pembaca buku. Di dalamnya kamu bisa punya rak buku virtual berisi judul buku-buku yang ingin atau baru selesai kamu baca. Kamu juga bisa melihat aktifitas membaca pengguna lain. Tapi ini BUKAN situs untuk membaca ebook, ya. Banyak yang salah paham. Goodreads itu sederhananya adalah Foursquare untuk buku.


Setiap tahun baru, Goodreads mengadakan reading challenge. Berapa banyak buku yang harus dibaca? Bebas! Kamu bisa tentukan jumlahnya sendiri dan bisa diedit kapan saja. Buku yang kamu baca tidak harus buku baru, kamu juga bisa membaca ulang (re-reading) buku favorit. 

Cara ikutan Goodreads Reading Challenge ini gampang banget. Kamu tinggal masuk ke laman Goodreads dan akan menemukan logo Goodreads Reading Challenge berwarna ungu tua (warnanya berganti tiap tahun). Lalu isi dengan angka yang kamu suka dan save! Setelah selesai membaca buku di 2019, jangan lupa masukan ke Goodreads dan tandai tahunnya dengan 2019. Dengan cara itu buku tersebut akan dihitung ke dalam reading challenge-mu. 


Goodreads Indonesia adalah komunitas pembaca aktif yang bergiat di situs http://goodreads.com  dan juga offline. Komunitas ini membuat Tantangan Membaca tiap tahunnya, tak terkecuali tahun 2019.


Tantangan Membaca 2019 tidak fokus pada jumlah buku, tetapi jenis/genre buku yang dibaca. Tiap bulan memiliki tantangan yang berbeda. Laporan hasil baca bukunya biasanya dibagi lewat Twitter dan mention akun Goodreads Indonesia yaitu @bacaituseru. Goodreads Indonesia juga dapat ditemui di Instagram (@bacaituseru) dan Goodreads (tentu saja ;p)

Jika kamu rajin mengikuti Tantangan Membaca 2019, di akhir tahun kamu sudah membaca minimal 12 buku :D


Fiksi Metropop/Ijul/Minjul adalah pembaca dan pencinta novel metropop terbitan Gramedia dan novel romantis lainnya. Walaupun dirinya adalah seorang laki-laki, Twitter, Instagram, dan blog Fiksi Metropop rutin dan konsisten membahas cerita fiksi penuh cinta.

Di tahun 2019, Fiksi Metropop mengadakan sebuah tantangan membaca khusus untuk novel-novel berlabel Metropop (tentu saja :p).



Dibandingkan dengan dua tantangan membaca di atas, tantangan membaca Fiksi Metropop ini punya tantangan yang lebih spesifik dan syarat-syarat lain. Tapi tidak ada ruginya koq buat ikutan, apalagi ada grand prize di akhir tahun nanti hihihi


Sherry dari akun Instagram @booksandtealibrary membuat #2019ReadWithMe, sebuah acara baca buku TBR (To Be Read) dengan tema yang sudah ditentukan tiap bulannya. Tiap bulannya, Sherry memposting story template yang harus kamu isi untuk bisa ikutan. Untuk bulan Januari, temanya adalah Fantasy/Dystopian/Science Fiction.



Walaupun tantangan membaca ini berlaku di Instagram, Sherry sendiri akan mereview yang dia baca di channel Youtubenya nanti.

Nah, itu dia 4 tantangan membaca yang bisa kamu ikuti di tahun 2019. Aku sendiri sudah pasti ikut Goodreads Reading Challenge tahun ini. Untuk tantangan membaca lainnya, mungkin aku ikutan kalo buku yang sedang kubaca cocok dengan syarat-syaratnya.

Mari baca buku lebih banyak di 2019!

No comments:

Post a Comment

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...