5 Cara Dapetin Tiket Nonton Murah

by - 9:48 PM


Bagi diriku yang seneng banget nonton di bioskop, film-film yang bakal tayang di bulan Oktober ini semacam surga dunia! Gimana nggak, coba? Genre-nya bermacam-macam, baik film lokal atau Hollywood.

Ada Joker (tayang mulai 2 Oktober) musuh bebuyutan Batman, lalu Bebas (tayang 3 Oktober) yang merupakan remake film korea, Sunny, SIN (tayang 10 Oktober) yang diadaptasi dari novel Wattpad berjudul sama, dan dua film horor Indonesia, Perempuan Tanah Jahanam (17 Oktober) dan Love for Sale 2 (tayang 31 Oktober) hehehe.

Selain itu, ada festival film juga! German Cinema 2019 (1-6 Oktober) yang tiketnya GRATIS dan Korea Indonesia Film Festival (9-13 Oktober) yang hanya mungut biaya 15 ribu/filmnya. 


Selain pertanyaan, ‘film mana aja ya yang bakal aku tonton duluan, ya?’, pertanyaan selanjutnya yang harus dijawab adalah ‘mbak-mbak di ticket box nerima bayaran dalam bentuk daun jambu, nggak ya?’ alias ‘buat nonton semua itu, duitnya dari manaaaa?!’.

Calm down, ada lima cara dapetin tiket nonton murah yang bisa kamu lakuin.

Nonton Pas Weekdays
Semua tau harga tiket nonton di hari kerja alias weekdays itu lebih murah daripada akhir pekan alias weekend dan hari libur. Sebagai contoh, mari kita liat harga tiket nonton di CGV BEC (Bandung Electronic Center) Bandung.


Selisih harga tiket nonton weekdays dan weekend bisa sampai 5-15 ribu. Coba deh cek website bioskop langgananmu dan itung berapa ribu rupiah yang bisa kamu hemat.

Film-film baru juga biasanya mulai tayang di hari weekdays. Film Indonesia baru bakal tayang setiap hari Kamis, sedangkan film Hollywood, terutama judul-judul yang most anticipated, bahkan bisa tayang dari hari Rabu! 

Nonton di weekdays juga melindungi kamu dari spoiler karena kamu udah nonton duluan. Kamu malah bisa nge-spoiler-in temen-temen hahaha (SANGAT TIDAK DIANJURKAN!)

Tapi bagi budak korporat yang kerja dari Senin sampe Jumat dengan jam kerja 9-6, nontonnya cuma bisa pas malem. Kamu harus berjuang di tengah kemacetan dengan orang-orang lain yang pengen rebahan di rumah masing-masing. Tantangan lainnya adalah rasa lelah. Kursi bioskop yang nyaman, AC yang sejuk, dan didukung film yang bagian awalnya yang agak ngebosenin, bisa bikin mata kamu perlahan terpejam. 

Cari Bioskop Yang Harga Tiket Nonton Paling Murah
Di Bandung, bioskop XXI yang paling rame itu yang di CIWALK (Cihampelas Walk) dan TSM (Trans Studio Mall). Sedangkan untuk CGV, adanya di PVJ (Paris Van Java) dan BEC. Masing-masing bioskop itu berada di posisi startegis, pilihan judul film yang beragam, dan punya jumlah studio yang banyak nan modern, seperti teknologi Dolby Atmos. Nggak heran lah tiket nontonnya bisa di atas 50 ribu.

Padahal banyak bioskop XXI dan CGV lain yang tak kalah bagus dan harga tiket nontonnya lebih murah, bahkan bisa sampe setengah harga! Bioskop CGV yang sering aku kunjungi adalah CGV MIM (Metro Indah Mall). Sedangkan untuk XXI, ada di UBERTOS (Ujung Berung Town Square). Lokasinya memang ada di daerah pinggiran kota Bandung tapi lebih gampang dituju daripada harus ke pusat kota yang macet.


Tapi, karena lokasi dan fasilitas yang tidak seheboh bioskop di pusat kota, dua cabang bioskop ini sering ‘dilupakan’ dan dianggap ‘anak tiri’. CGV MIM masih nayangin film-film terbaru tapi bukan film asal Korea, India, atau juara festival luar negeri. XXI UBERTOS lebih parah. Bioskop ini biasanya nayangin film Hollowood dan lokal yang kurang populer atau jadi ‘tempat pembuangan terakhir’ untuk film yang udah tayang sekian minggu. Ketinggalan nonton Dua Garis Biru atau Dilan 1991? Buruan ke XXI UBERTOS sebelum hari Kamis.

Promo Buy 1 Get 1
Ini promo yang pasti ada di setiap penayangan minggu pertama film baru. Mau nonton film lokal atau internasional? Promo ini kemungkinan besar muncul. Punya kartu kredit bank tertentu atau aplikasi e-wallet? Promo ini jadi cara ampuh buat narik pengguna baru. Suka nonton ramean atau butuh dana ‘bantuan’ buat nge-date? Promo ini juara banget!


Tapi gimana kalo temen-temen nggak suka sama film pilihan kamu? Gimana kalo kamu orangnya kayak aku yang suka (dan hobi) nonton sendirian? Nggak mungkin kan pake promo ini dan ngebiarin kursi di sebelah kamu kosong. Mending beli 1 tiket aja dari awal.

Cek Promo Bank 
Selain promo Buy 1 Get 1, beberapa bank ngasih promo lain, tergantung produknya. Misalnya untuk tahapan Xpresi BCA, ada promo potongan 50% untuk tiket nonton di CGV tiap hari Sabtu. Kapan lagi bisa dapetin diskon tiket nonton pas weekend? Kalo temen atau pacarmu pake kartu yang sama, mereka juga bisa dapetin diskon. Lumayan banget, kan!


Tapi yang namanya diskon, pasti ada syarat dan ketentuannya. Kamu bisa nonton film paling update di hari Sabtu, tapi diskonnya cuma berlaku buat satu tiket nonton. Iya, kamu bisa dapetin diskon setengah harga, kamu harus beli tiketnya langsung ke bioskop, nggak bisa pake aplikasi booking online. Bagi aku yang ngabisin setengah hari Sabtu tiduran, agak berat buat bangun normal, siap-siap, dan beli tiket manual.

Cek Promo dari Acara Premiere
Demi narik orang sebanyak mungkin buat nonton filmnya (dan kemudian memamerkan jumlah penonton), production house membuat acara premiere dengan harga tiket nonton khusus alias super murah. Contohnya Falcon Pictures ngadain acara pemutaran film pertama Dilan 1991 di Bandungdengan tiket seharga 10 ribu saja! Promo ini ngegaet 800 penonton. Sedangkan untuk film Warkop DKI Reborn III, tiketnya lebih murahnya lagi, cuma 5 RIBU!! Tapi jumlah penonton sampe tulisan ini dibuat belum sampe 1 juta. Berbeda jauh dengan film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 dan Part 2.


Tapi, nggak semua production house atau semua judul bikin promo tiket murah kayak gini. Sejauh ini cuma Falcon Pictures kayaknya. Promo kayak gini juga masih jarang ‘ditiru’ PH lain. Jadi pilihanmu terbatas dan kemungkinan keciiiil dibandingkan promo film tiket nonton lain.

Itu dia lima cara dapetin tiket nonton murah. Aku sendiri udah nyoba empat dari lima cara di atas. Cara favoritku itu yang nomor 2 (karena aku nggak suka spoiler) dan 4 (karena aku suka nonton sendirian). Kalo kamu pernah nyoba salah satu atau punya cara lain? Kasih tau aku lewat kolom komentar di bawah, ya.

Dan perlu diingat, makin banyak judul film yang pengen kamu tonton, makin keras perjuangan kamu untuk dapetin promo tiket murah. Mungkin lebih baik kita kerja lebih keras biar penghasilan semakin banyak dan tinggi sehingga nggak perlu pusingin cara dapetin tiket murah :)

You May Also Like

0 comment(s)

Thanks for leave your comment :D