10 Perbedaan Gossip Girl Indonesia dan Gossip Girl Amerika Serikat

by - 3:52 PM


Udah denger kan ada serial Gossip Girl Indonesia?

Serial yang tayang di GoPlay setiap hari Jumat mulai 14 Februari 2020 itu adalah remake serial Gossip Girl asal Amerika Serikat yang tayang dari 2007 sampai 2012. Gossip Girl AS sendiri merupakan adaptasi buku Gossip Girl karya Cecily von Ziegesar. Hmm, adaptasi dari adaptasi yang mengadaptasi buku? Count me in!

Begitu berita Gossip Girl Indonesia ini keluar, banyak pecinta Gossip Girl AS yang menyuarakan protesnya. Mulai dari pertanyaan kenapa nggak bikin serial yang original beneran sampai perubahan nama karakternya yang maksa.


Aku juga bingung kenapa mereka nggak bikin serial yang baru aja, tapi nggak masalah sama nama-namanya di-Indonesia-kan. Kamu juga pasti protes kalo ‘Serena’ diganti jadi ‘Shireen’ atau ‘Blair’ jadi ‘Clara’ (ini jauh banget), kan. Terus rasanya nggak afdol aja protes tanpa nonton episode pertamanya, so I watched the first episode.


Setelah nonton episode pertamanya, aku menemukan bahwa cerita Gossip Girl Indonesia ini ngikutin banget cerita Gossip Girl asli. Di video behind the scene, Nia Dinata, sang showrunner, sendiri mengakui bahwa dia dan writer lain adalah associate writer karena menggunakan source material yang dibuat Warner Bros Television. Tapi ya, New York City dan Jakarta itu kan jauuuh banget. Gaya hidup yang mewah mungkin bisa menyamai, tapi dari segi budaya dan masyarakatnya ada perbedaan. Gossip Girl Indonesia juga sepertinya melihat itu dan membuat banyak perubahan di episode pertamanya.

Nah, ini nih 10 perbedaan Gossip Girl Indonesia dengan Gossip Girl AS yang aku temukan. SPOILER ALERT!!


1. Begitu Gossip Girl ngabarin Serena balik ke Jakarta, Blair langsung nyuruh 2 anak buahnya buat nyari informasi flight yang baru landing 2 jam yang lalu. Blair pengen tau sebenernya Serena ngilang ke mana setaun kemaren. Sedangkan di Gossip Girl AS, Blair pura-pura tau Serena akan pulang. Mereka kan BBF, masa nggak tau kabar masing-masing. Di sini Blair masih nyembunyiin rasa kesal dan marah sekaligus bingung dengan hilangnya Serena.

2. Blair ngasih wewenang ke Ella, ibunya buat ngatur Back to School party agar mamanya tidak kepikiran sama suaminya/ayah Blair yang pergi ninggalin mereka. Hmmm, di Gossip Girl asli, ibu Blair, Eleanor, nggak begitu peduli tuh sama party-party-nya Blair, let alone ikut campur buat mikirin dekorasi dan makanannya. Mending suruh Dorota aja lah.

3. Jenny dapet undangan ke pesta Blair lewat giveaway di Instagram. Aaah, kenapa mereka nggak ngeliatin Jenny yang jago hand lettering dan DIY di serial ini? Yap, soalnya Jenny di GG AS berhasil dapet undangan karena dia sendiri yang BIKIN undangannya. Untungnya selanjutnya Jenny Indonesia diceritain ngejahit dress-nya sendiri.


4. Pas Serena ngajak Blair buat hangout di The Gunawarman, Blair ceritanya ada janji buat facial. Padahal di GG AS, Blair ada janji sama Nate buat bring their relationship to the next level. Uh oh, apakah alur ceritanya diubah untuk menghilangkan ‘keseriusan’ hubungan dua sejoli ini?

5. Nathan dateng ke rumah Blair buat ceritain langsung soal affair-nya sama Serena. Karena di nomor 4 tadi, Blair dan Nathan nggak ada rencana ketemu. Beda saja Blair dan Nate. Tapi di sini baik Nathan dan Nate sama-sama ngerasa bersalah dan akhirnya ngaku.

6. Blair ngeganti lokasi Back to School party dari The Gunawarman, tempat keluarga Darsono tinggal, ke Hotel Monopoli. Kalo di versi AS, Blair bikin party di tempat lain, jadi nggak repot-repot ngeganti venue.


7. Serena nelpon ponselnya yang hilang dan diangkat sama Danny. Mereka janjian buat ketemuan deh. Sedangkan Serena versi AS yang nggak pusing-pusing nyari ponselnya. Dan untungnya Dan cukup berani dateng ke hotel tempat Serena tinggal. Mereka ketemu di sana deh.

8. Di depan Lily Darsono, Danny ngaku udah ngajak jalan Serena, makanya dia nggak bisa ke Blair’s party. Hmm, padahal di GG AS, Serena yang ngebohong soal ‘first date’-nya sama Dan, bukan sebaliknya. 

9. Serena dan Danny datang ke pembukaan art exhibition bukan konser musik. Mereka tetep ketemu ayah Danny, Dicky Hakim, sih (plus makan sop ceker). Tapi sepertinya ini agak mengganggu sejarah ibu Serena dan ayah Danny yang ketemu dan dekat karena musik. 


10. Serena ‘pamitan’ ke Blair setelah crashing her party. Serena versi Indonesia sangat sopan, ya. Blair kebetulan ada di pintu keluar juga sih. Di versi AS, Serena langsung keluar aja dan pulang bareng Danny dan Jenny. 

10 perbedaan Gossip Girl versi Indonesia dan Amerika Serikat di episode pertama ini nggak begitu banyak dan keliatan nggak signifikan. Tapi ada beberapa poin yang sepertinya bakal mempengaruhi plot cerita di episode-episode selanjutnya. Aku juga sedikit berharap GG versi Indonesia bisa nawarin sesuatu yang baru. Eh, tapi nanti diprotes lagi sama penggemar GG asli. Waah, nggak ada ujungnya ya hahaha.

Belum bisa nonton Gossip Girl Indonesia? Ini adalah playlist Gossip Girl season 1 episode 1 yang bisa ngasih gambaran ceritanya seperti apa :D


Sumber foto:
Instagram @goplayindonesia
Instagram @gossipgirlindo
IMDb - Gossip Girl - Pilot
Pinterest - eTriggerz.com

You May Also Like

0 comment(s)

Thanks for leave your comment :D