Kenalan Yuk Sama Booktube Indonesia!

by - 12:50 PM


Pernah denger kata booktube?

Booktube adalah kategori video di Youtube yang fokus pada buku. Kenapa disebut booktube? Karena sebutan booktube sendiri berasal dari gabungan kata ‘book’ dan 'Youtube’. Orang yang membuat video buku disebut sebagai ‘booktuber’. Nggak jauh beda ya dengan book blogger dan book Twitter.

Video booktube ada macam-macam dan tidak hanya review buku loh. Ada book haul (membahas buku yang dibeli dalam periode tertentu), read-a-thon (reading marathon), bookshelf tour (menjelaskan isi rak buku dengan detail), dan banyak lagi.

Di Indonesia, ada komunitas khusus untuk booktuber, namanya Booktube Indonesia. Booktube Indonesia dibentuk oleh tiga booktuber dari tiga kota berbeda, Dhyn Hanarun (Bandung) , Maggie Chen (Tangerang), dan Tiffany (Surabaya) pada Juni 2016. 

Logo Booktube Indonesia versi 2016 karya Hanna Bella



Logo Booktube Indonesia versi 2020 karya Stefanny Natalia

Pada awalnya, Booktube Indonesia hanya menjadi tempat berkumpul sesama booktuber asal Indonesia. Kami membicarakan buku tentu saja, saling berbagi info bazar buku, tantangan membuat video, dan tak disadari mendapat teman baru. 

Semakin banyak orang masuk, nama Booktube Indonesia kemudian semakin dikenal orang. Tawaran kerjasama dan kesempatan untuk memperluas networking. Maka untuk mempermudah, sekitar tahun 2018, Booktube Indonesia akhirnya menjadi sebuah komunitas. Di tahun 2019, pengurusan resmi juga dibentuk untuk membantu kegiatan internal dan eksternal. 



Executive Director: Sophia Mega
General Affair: Ayom Wratsangka
Secretary: Esti Maryanti
Community Liason: Tsalitsa Aeni
Human Resources: Dena Trisieyuni
Social Media Officer: Dhyn Hanarun (lead) dan Nurul Hidayati
Creative Development: Stefanny Natalia (lead) dan Sherry
Marketing Development: Alivia Awin
Community Development: Rifqi Akbar (lead), M. Azwan, dan Khoirul Mutaqqin.

Sampai Januari 2020, anggota Booktube Indonesia sudah mencapai 73 anggota. Sekarang jumlahnya lebih banyak karena setiap minggu ada booktuber baru yang masuk.

Pengen gabung ke Booktube Indonesia juga? Syarat dan ketentuan bergabung Booktube Indonesia sederhana aja koq.
- Punya channel Youtube
- Sudah membuat minimal 3 video tentang buku (jenis video dan durasi bebas)
- Kirimkan link channel kamu lewat DM ke Instagram @booktubeid
- Setelah dicek dan sesuai, admin akan menginvite kamu ke group WhatsApp

Booktube Indonesia bisa ditemui di Instagram dan Facebook.

Booktube Indonesia tentunya punya channel Youtube sendiri yang berisi video kegiatan dan diskusi. Di channel Booktube Indonesia juga ada juga playlist berisi video booktube terbaru dan rekomendasi buku sesuai genre. Di sana, kamu bisa nemuin daftar lengkap para booktuber Indonesia.

Follow dan subscribe yuk buat dukung komunitas Booktube Indonesia dan para pencinta buku.

You May Also Like

0 comment(s)

Thanks for leave your comment :D