MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Friday, November 15, 2013

Keegan's Matchmaking

Ragatnia Clara
200 Halaman
Plotpoint, Juli 2013 (cetakan pertama)
Rp. 34.000,-

Keegan bukannya tidak senang membantu menyiapkan pernikahan kakaknya. Tapi, pernikahan itu sepertinya justru membuat perhatian semua orang tertuju padanya, yang masih juga belum punya pacar. Kalau dia secantik Kak Ivone, sih, pacaran soal gampang, pikir Keegan. Keegan memang selalu merasa dirinya biasa-biasa saja. Tidak cantik seperti Tara, anggun seperti Kak Ivone, atau menawan seperti Mama. Itu sebabnya, bahkan saat memasuki usia keduapuluhnya, ia masih memilih untuk sendiri saja. Nggak susah. Lebih gampang. Tapi, saat ini, jadi jomblo tidak terasa mudah. Semua orang serasa menerornya.

Do I really need a boyfriend so my mother will be happy knowing that her own daughter is somewhat normal? pikir Keegan.

Lalu tiba tawaran kerja dari Prof Gregory. Bagi Keegan tawaran itu seperti tempat suaka di antara kegaduhan ini. Tapi, mana Keegan tahu kalau ternyata tawaran kerja itu punya maksud tersembunyi? Mana Keegan tahu kalau menerima tawaran kerja itu akan menjerumuskannya ke dalam perjodohan konyol dengan manusia menyebalkan bernama Revan ini?

Seperti kamu bisa tebak, ini cerita tentang cinta. Tapi, cinta bukan hal yang bisa ditebak. Ia sesuatu yang baru akan datang saat diberi kesempatan.

Di hari terakhir bulan September, aku menang Lucky HotPot dari reading challenge Hotter Potter. Sebagai pemenang, aku dapet hadiah buku pilihan sendiri senilai delapan puluh ribu lewat toko buku online. Aku menghabiskan waktu cukup lama browsing di laman Pengen Buku. Kebetulan banyak novel yang aku incar. Tapi karena keterbatasan besarnya hadiah, aku cuma bisa dapet satu judul. Ahh, gak rame atuh kalo coba dapet satu mah. Aku harus dapet dua! Lalu aku liat-liat novel lain, menjumlahkan harganya dan akhirnya milih Keegan’s Matchmaking dan Runaway Ran. Untuk Keegan’s Matchmaking, aku tertarik dengan covernya dan judulnya yang mirip dengan nama tokoh dari Perahu Kertas, eh itu mah Keenan ya? Pokoknya aku penasaran :p

Keegan’s Matchmaking menceritakan seorang mahasiswi jurusan Ekonomi tingkat tiga, Keegan Parasayu. Gadis berusia dua puluh tahun ini mempunyai kakak tiri, Ivone, yang sebentar lagi akan menikah. Selain sibuk ikut mempersiapkan hari besar dan mendapat banyak pertanyaan tentang statusnya sendiri, Keegan mendapat tawaran proyek dari Prof. Gregory. Tapi tak disangka, dosen favoritnya itu terang-terangan mengenalkannya kepada cucunya, Revan Reynold. Cowok yang sedang menyusun tugas akhir itu cukup tampan dan baik. Namun setiap mereka bertemu, ada saja yang mereka ributkan. Padahal mereka belum resmi pacaran, mereka malah asalnya tidak tertarik dengan acara perjodohan ini. Keegan masih mau bertemu dengan Revan karena dia ingin menghargai permintaan dosennya. Sedangkan Revan bertahan karena . . sepertinya dia sudah mulai menaruh rasa suka dan ingin mengenal Keegan lebih lanjut.

“Cinta, meski dua karakter berbeda bisa membuat gaya tarik-menarik. Di situ letak indahnya cinta.” – halaman 81

Keegan’s Matchmaking itu ternyata sederhana tapi so sweeeeet. Pada awalnya, aku agak kesusahan mengikuti jalannya cerita. Belum lagi ada banyak baca yang salah, entah kelebihan spasi, tanda strip yang tidak pada tempatnya. Lalu aku dihadapkan dengan banyak banget deskripsi yang tidak penting (Keegan dan Revan kebanyakan ‘tersenyum’ dan ‘terdiam’), agak membingungkan (‘toko buku di dalam mal’ di halaman 40-41) bahkan kurang di eksplor. Hasilnya, aku ngerasa bosan. Apalagi aku masih bingung kenapa Keegan sama sekali tidak tertarik, kebayang-bayang, kesemsem, kepikiran dengan perjodohannya dengan Revan. Kalo aku sih ya, ada temen, saudara atau bakhkan dosen yang ngejodohin aku sama seorang cowok, ya paling nggak aku nolak dulu (harga diri maaan), tapi selanjutnya aku bakal seneng dan memberinya kesempatan (ketauan nih, jomblo ngenes!). Sedangkan Keegan . . apa yang membuatnya menolak cowok yang ‘sukarela’ ribet-ribet menciptakan chemistry diantara mereka? Pernah disakiti sama mantan pacar atau trauma? Tapi katanya, Keegan belum pernah pacaran ya. Whaaaat? Pantesan aja mamanya ribut soal jodoh -.-


Untungnya nih ya, untungnya ukuran dan jenis hurufnya sangat nyaman dibaca. Ilustrasinya juga cantik. Kelebihan aneh tersebut bikin aku membaca terus sampe akhir. Aku juga penasaran kenapa Keegan bisa se’datar’ ini dalam urusan percintaan. Aku memikirkan beberapa teori dan menunggu salah satu dari mereka muncul di halaman selanjutnya. Halaman terus bergulir, aku pun akhirnya menemukan bagaimana kedua orang itu menyelesaikan masalah mereka. Walau tidak satupun teori aku yang benar, ada beberapa bagian yang bikin aku ketawa dan geregetan sendiri. Salah satunya adalah saat Keegan dan Revan membuat sesi ‘lo nanya, gue jawab. gue nanya, lo jawab’ dengan jatah bohong tiga kali. That’s so funny and super cute :3

Walaupun, banyak kekurangan dan bagian yang bikin kening aku mengerut, aku bisa menikmati Keegan’s Matchmaking. Aku juga sempet kaget begitu menyadari tokoh Revan bikin senyum-senyum sendiri (ah, kamu aja yang ganjen kali, dhyn :p). Hal-hal yang kecil dan kesederhanaannya membuat ceritanya menarik dan memorable. Why don’t you read it too? :D

2 comments:

  1. Wah, aku kok baru tau ya buku PlotPoint yang ini. Suka buku-buku terbitan dari PlotPoint, sejauh ini belum ada yang mengecewakan; Pintu Harmonika, Siwon Six, Sisi Delapan, Blue Romance, dan lain-lain.
    Poin lebih dari PlotPoint selain mengangkat tema yang gak biasa, covernya terlihat 'beda' ;)

    ReplyDelete
  2. Sudah lama sekali rasanya sejak terakhir kali saya membaca novel dengan genre remaja. Seringnya, saya membaca novel dengan genre metropop atau malah genre teenlit dengan tokoh berumur belasan. Saya jarang membaca novel yang berumur 19-22 tahun. Terlebih lagi genre remaja terbitan PlotPoint. Jadi seneng rasanya baca review-mu ini. Mungkin novel Keegan's Matchmaking ini harus saya coba supaya bisa tahu seperti apa 'rasanya' novel PlotPoint.

    ReplyDelete

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...