MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Monday, June 16, 2014

[Blog Tour Penerbit Haru] Simple Thinking about Blood Type


Halooooo! Sesuai dengan jadwal Blog Tour Penerbit Haru yang aku posting di sini, sekarang giliranku ngasih review buat buku Simple Thinking about Blood Type dan info-info menarik lainnya!

Park Dong Seon
262 halaman
Penerbit Haru, Desember 2013
Rp. 58.000,-
Available at OwlBookStore

Tahu nggak sih kalau orang bergolongan darah A itu orang-orang yang halus, tapi kaku dan taat pada peraturan? Atau tahukah kamu kalau golongan darah B itu orang-orang yang kreatif dan bebas?

Apa jadinya kalau mereka disatukan? Jangan-jangan, bisa terjadi pertengkaran!

Ternyata, selain perbedaan jenis kelamin, tempat tinggal, agama, dan kondisi ekonomi, golongan darah juga bisa menentukan perbedaan sifat kita, lho.

Meski sifat seseorang tidak bisa hanya dilihat dari golongan darahnya, semoga komik Simple Thinking about Blood Type ini bisa menghibur, sekaligus sedikit membantu kamu untuk memahami orang lain, ya!

Tau nggak, sebelum terpilih ikut blog tour ini, aku sama sekali nggak tertarik buat baca Simple Thinking about Blood Type. Aneh aja liat cover-nya, orang-orang aneh, atau mungkin lebih cocok disebut alien, menggunakan topeng bertuliskan golongan darahnya. Tapiii, banyak blog lain dan pembaca setia buku terbitan Haru yang suka dan menikmatinya. Penasaran lah aku! Lalu datangkan keberuntungan itu, aku dapet satu buku gratis dari penerbitnya dan kamu-kamu juga berkesempatan pula. Tungguin aja giveway-nya. Kalo sekarang, mending aku review dulu bukunya ya. Let’s review it! ;D


Simple Thinking about Blood Type adalah komik strip berwarna yang membahas kepribadian seseorang berdasarkan golongan darahnya. Di dalamnya terdapat empat bagian pembahasan. Bagian pertama, ‘Mengetahui Sifat Seseorang Melalui Golongan Darah’. Pembahasannya seputar golongan darah secara umum, karakter, daya tarik, tujuan hidup, kekurangan dan kelebihan, hal yang disukai dan tidak disukai, dan cara belajar golongan darah tersebut. Bagian kedua, ‘Hubungan Sosial Antargolongan Darah’. Pembahasannya seputar hubungan sosial antargolongan darah, apa yang terjadi jika golongan darah A dan B bertengkar dan hubungan dengan lingkungan sekitar. Bagian ketiga, ‘Cerita Seru Golongan Darah’. Pembahasannya tidak lagi tentang hal-hal teoritis golongan darah. Bagian ini malah lebih seperti contoh kasus. Apa yang dilakukan keempat golongan darah jika sedang merayu, saat mereka makan bersama, punya janji, menahan amarah, dan kebiasaan menyetir. Setelah itu, di bagian terakhir, ‘Diary Bergambar Si Cowok Gila’, tidak lagi membahas golongan darah. Diary ini isi cerita acak yang menggambarkan kehidupan sang penulis buku.

Setelah membaca habis Simple Thinking about Blood Type, aku mulai mengerti kenapa orang-orang menyukainya. Cerita empat golongan darah ini ternyata menarik. Pengetahuan tentang golongan darah disampaikan tidak terlalu berat dan gampang dimengerti karena disajikan dalam gambar-gambar yang lucu dan kocak. Bagian yang paling aku suka itu bagian ketiga, ‘Cerita Seru Golongan Darah’. Karena dalam cerita-cerita singkat, keempat golongan darah itu menunjukan ciri khasnya secara bersamaan, jadinya bikin ngakak. Contohnya di bawah ini. Masing-masing punya kebiasaan menyetir yang berbeda.



Dan apa yang terjadi kalau mereka berada di dalam mobil yang sama XD


Namun aku agak kaget begitu membaca karakter golongan darah A secara umum. Menurut buku ini, golongan darahku itu suka hidup teratur, taat pada peraturan, peduli dan perhatian terhadap sesama sabar dan baik hati. Oke lah, bagian itu cukup sesuai dengan diriku hehehe. Tapiii, kemudian dikatakan golongan darah A sulit beradaptasi dalam lingkungan sosial yang cepat berubah, sangat berhati-hati ketika memulai sesuatu yang baru, dan suka melakukan persiapan karena pesimistis terhadap masa depan.

HAH?

Ketiga hal itu pernah aku alami, tapi tidak selalu. Aku memang siap-siapnya agak lama, sibuk nyiapin barang bawaan, padahal cuma mau ke restoran Padang dan beli makan siang, hahaha. Tapi itu bukan berarti aku pesimis sama masa depan, kan? Kesannya koq kayak punya pikiran negatif terus. Lalu anehnya lagi, aku malah menemukan karakter yang aku banget di penjelasan golongan darah lain. Aku merasa punya pikiran terbuka seperti golongan darah B, idealis seperti golongan darah O dan tidak senang orang lain mencampuri urusan pribadinya seperti golongan darah AB. Loh, jadi golongan darah aku itu macam-macam, ya?

Tenang dulu, menurut wawancara singkat Penerbit Haru dan sang komikus, Park Dong Seon, kita jangan mempercayai semua cerita dalam buku ini karena buku ini bukan buku ilmiah. Dia sendiri bukan lulusan kedokteran, hanya lulusan sekolah desain visual. Cerita-cerita di dalam buku ini berdasarkan pengamatan orang-orang disekitarnya. Jadi anggap buku ini sebagai hiburan saja. Kalo ternyata karakter seseorang sesuai dengan apa yang diceritakan buku ini, bagus dong. Kalo nggak, ya jangan dijadiin masalah :)

Setelah merasa tenang dengan penjelasan itu, aku kembali menikmati cerita-cerita di dalamnya dengan tenang. Tap sambil tetep sambil mikir. Karena beberapa percakapan golongan darah itu ada yang membingungkan. Kadang ada hal-hal yang disesuaikan dengan budaya dan kebiasaan Indonesia. Mungkin agar lebih dimengerti. Kadang ada hal-hal yang cuma Korea yang punya. Jadi aku nggak dapetin apa lucunya. Kemudian, aku sampai ke bagian terakhir, ‘Diary Bergambar Si Cowok Gila’. Cerita-ceritanya kadang menarik tapi aku kurang suka dengan bagian ini. Habis, isinya melenceng jauh dari cerita tentang golongan darah :(

At last, walaupun cerita di dalamnya tidak selalu bisa dijadikan panduan, Simple Thinking about Blood Type ini menarik dan tetap memberi pengetahuan yang baru tentang golongan darah. Mungkin dengan mengetahui semua hal-hal itu, kita jadi tau kekurangan diri sendiri dan cara untuk memperbaikinya. Buat yang penasaran dan belum punya buku ini, tunggu giveaway dariku. Ada dua eksemplar buku untuk dua orang yang beruntung. Come back here next Monday ;)


P.S. Buku keduanya bakal diterbitkan Penerbit Haru di bulan Juli. Kalau ikut pre-order di OwlBookStore, kamu tidak hanya dapetin buku ini lebih dulu, tapi juga dapetin tanda tangan Park Dong Seon. Cepetan ya, jumlahnya terbatas ;)

6 comments:

  1. Aku juga A person kak!! Kita sama dong, hehe iya Kak, betul, aku juga ngerasa ada beberapa point tentang A yang beda sama aku pribadi. Tapi sisanya... Semua benar!Itulah Annisa, hahha... Aku jadi semakin berminat baca buku ini walau pun sudah sering baca melalui Google. Semoga aku cukup beruntung untuk memenangkan buku ini, baik di Giveaway Blog Tour, atau di Giveaway Birhtday Kakak...

    Aamiin

    ReplyDelete
  2. kalo abis baca review tentang Simple Thinking about Blood Type,kayaknya sifat yang menggambarkan karakter golongan darahku,"A",hampir bener semua.Aku ngerasain itu :D

    ReplyDelete
  3. Menurut saya goldar A berhati2 saat langkah awal itu kayaknya agak ragu gt deh kak. kayak aku misalnya awal SMK bingung mau ambil jurusan apapa. dan akhirnya saya milih Multimedia, tp pas agak mepet2 mulai pelajaran gt saya ragu, yakin nih ambil MM ? nanti klo susah gmna? emg bisa nanti? tapi pas diperjalanan jg ngejalanin biasa aja. klo susah beradaptasi dgn lingkugan baru, mungkin awalnya jg, saya agak merasa ih ni org ko gini, aku ngapain sih dsini, ya ampun dikira lucu apa? tp lama2 jg A jalanin dengan santai hehehe gt menurutku :D

    ReplyDelete
  4. Kalo menurutku, buku ini dijadikan hiburan semata ajaa, jgn lgsung pecaya..

    ReplyDelete
  5. setelah baca reviewnya golongan darahku merujuk ke karakter golongan darah O karena aku gk mau urusanku di campuri oleh orang lain :D tapi ada beberapa karakter dari goldar yg masuk karakterku juga sih ^^

    ReplyDelete
  6. Cocok buat nemenin nunggu adzan maghrib kayaknya :3 uhh di tegal belum ada :(((
    Goldra O ada benernya juga ada salahnya. Menarik ._.

    ReplyDelete

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...