MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Tuesday, September 2, 2014

Rahasia Menulis Kreatif

Raditya Dika
182 Halaman
Self-Publishing, Agustus 2014
Rp. 49.000,-

Ebook ini dibagi menjadi tiga kategori:

1) Persiapan Penulisan
Berisi bab-bab tentang mencari ide, lalu menyusun struktur sebelum menulis. Gue akan memakai contoh-contoh karya gue untuk dibedah dan ditelusuri teknik yang gue pakai sewaktu menciptakan karya tersebut.

2) Dasar-Dasar Menulis Kreatif
berisi bab-bab yang membahas pemakaian teknik penulisan yang baik, dari mulai pemakaian metafora yang efektif sampai dengan menyusun dialog yang menarik. Gue akan memakai karya gue dan karya penulis lain untuk kita bedah bersama.

3) Setelah penulisan
Berisi caranya
editing, memoles naskah kamu menjadi lebih baik. Lalu gue akan membagi pengalaman gue sebagai mantan pemimpin redaksi penerbit bagaimana cara menembus penerbit. Ada juga cara agar kamu bisa menembus production house. Gue akhiri dengan tulisan bagaimana sih rasanya hidup sebagai penulis.

Kabar tentang ebook Rahasia Menulis Kreatif ini aku baca langsung dari blog-nya RadityaDika, seminggu sebelum mulai dijual untuk umum. Buku tentang kepenulisan selalu menarik minatku. Nah, ini makin menarik karena Raditya Dika, yang lekat dengan buku dan film komedi, yang menulis dan bentuknya ebook. Kayak gimana, ya, isinya? Let’s review it now :)

Ebook Rahasia Menulis Kreatif dibagi menjadi tiga bagian dan bonus cerita. Di bagian pertama, ‘Persiapan Sebelum Menulis’, membahas cara mengali ide, mengubahnya menjadi premise, menciptakan karakter dari sisi luar dan dalam, dan struktur tiga babak yang dijelaskan dengan rinci. Di bagian kedua, ‘Dasar-Dasar Menulis Kreatif’, meliputi point of view, first lines, showing and telling, metafora, voice and penambahan unsur komedi dalam tulisan. Di bagian ketiga, ‘Setelah Penulisan’, menjelaskan tentang editing naskah, cara menembus penerbit dan production house dan menjual serta mempromosikan buku yang  terbit tersebut. Lalu ebook ini diakhiri dengan cerita singkat tentang hidup Raditya Dika sebagai penulis.




Rahasia Menulis Kreatif ini sangat berbeda dengan buku tips dan trik menulis yang kubaca sebelumnya. Jika buku lain menjelaskan satu persatu unsur eksentrik dan intrinsik dalam novel dan menyuruh kita meramunya sendiri, di sini kita dibimbing untuk meramunya bersama-sama. Contohnya di bagian penjelasan tentang struktur tiga babak yang ada di bagian pertama. Pertama-tama penulis memperlihatkan plot point atau titik di mana cerita berada di setiap babaknya. Lalu setiap plot point itu dijelaskan lengkap dengan contoh dari berbagai genre cerita, buku/film yang populer dan tentunya beberapa karya Radit yang sudah dikenal di khayalak umum. Hal ini sangat memudahkan calon penulis untuk langsung membayangkan cerita apa yang mereka ingin tulis dan bisa langsung mempraktekannya dengan menyusun daftar sesuai contoh yang ada. Aku pribadi langsung mencocokan ide yang aku punya ke dalam plot point tersebut. Jika ada yang kurang dan tidak sesuai, aku langsung tau ceritanya kurang rapi dan bisa mencari ide lain untuk membuatnya lebih baik.

Sebenarnya masih ada penjelasan tentang unsur dasar seperti point of view dan showing and telling, namun penulis memberikan sentuhan lain. Penjelasan showing and telling dan bagaimana cara penggunaannya di sini lebih kumengerti dari penjelasan di buku lain. Mungkin karena contohnya yang bermacam-macam dan gaya bahasa dan penulisannya begitu nyaman dibaca. Dan banyak pula pengetahuan baru yang aku dapatkan dari ebook inimisalnya mengenai struktur tiga babak tadi, lalu voice dan bagaimana cara mendapatkannya. Semua penjelasan dan contoh yang diberikan mudah diserap dan dimengerti. Oh, iya, proses penulisan di sini tidak hanya membahas novel fiksi, tapi juga meliputi penulisan skenario film. Mirip-mirip ternyata. Lumayan untuk pengetahuan umum ;D

"Saya selalu menganjurkan bagi orang-orang yang baru mulai menulis jangan mencoba untuk menulis lebih keren dari yang lainnya, tapi menulislah lebih beda dari yang lain." – halaman 128

Di halaman awal, penulis mengungkapkan bahwa ini adalah buku ini akan berbeda dengan buku-buku sebelumnya yang berunsur komedi. Aku merasakan hal yang demikian. Tapi di bagian pertengahan menuju akhir, saat penulis memberikan contoh, ada saja yang bisa membuatku tertawa atau paling tidak tersenyum-senyum. Di sana penulis terasa memang sengaja untuk menunjukan sesuatu yang lucu dan khas karyanya yang lain. Kemudian sangat disayangkan penulis tidak memberikan contoh yang baik tentang editing. Masih banyak kata yang salah ketik, titik koma yang hilang, kata bahasa asing yang tidak dicetak miring dan sedikit kesalahan di bagian layout. Ini membuatku bertanya-tanya, bagaimana proses penulisan dan menyutingan ebook ini? Pertanyaan lainnya adalah kenapa buku ini hanya tersedia dalam bentuk elektronik. Dalam satu minggu setelah buku ini dirilis, aku menemukan website yang menyediakan tautan gratis untuk mengunduh ebook ini dan membaca banyak tweet memprotes, mengeluh, dan menolak formatnya. Ada juga yang bertanya kemungkinan ebook ini dicetak layaknya buku biasa sampai mengumumkan diri dengan berani meminta pdf-nya dengan imbalan pulsa. Untuk ukuran ebook dan jumlah halamannya yang sedikit, harga yang ditawarkan agak mahal. Sepertinya jika dicetak biasa, harganya tidak akan jauh. Tapi begitu beres membacanya, aku tidak merasa rugi sama sekali dan sangat bersyukur bisa membelinya.

At last, Rahasia Menulis Kreatif ini wajib banget dibeli sama calon penulis. Isi, cara penjelasan dan contoh-contohnya berbeda dengan buku lain. Pastinya akan bikin ilmu kepenulisan kamu lebih kaya dan lebih percaya diri lagi untuk menulis karya sendiri. Grab it fast before September19th. Recommended! :D


UPDATE 6 Januari 2016

Halo,

Aku ikut sedih dan kecewa jika kamu adalah salah satu penggemar Raditya Dika yang tidak sempat memesan ebook ini. Dengan minat yang sangat besar dari pembacanya, aku selalu berharap penulis bisa membuka pemesanan lagi, bahkan menerbitkannya dalam bentuk cetak sehingga lebih mudah didapatkan.

Sampai salah satu hal itu terwujud, tolong jangan memintaku untuk menjual atau membagikan ebook yang kupunya. Sudah banyak email, tweet, bahkan SMS yang kuterima soal permintaan itu. Aku berusaha menolak dengan halus, tapi belakangan pesan-pesan itu sengaja kuabaikan. Maaf.

Kalau kalian menginginkan ebook ini, hubungilah penulisnya. Siapa tahu dengan melihat antusias kalian, penulis mau membuka pemesanan lagi. Kalau kalian mencari dan membutuhkan buku panduan menulis, aku sarankan untuk membaca Draf 1 karya Winna Efendi atau Creative Writing karya A.S. Laksana. Walaupun buku-buku itu punya gaya tulisan dan berasal dari penulis yang berbeda, aku bisa pastikan ketiganya punya tujuan yang sama, membantu kalian menjadi penulis hebat.

Terima kasih.

Dhyn Hanarun

3 comments:

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...