MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Saturday, September 6, 2014

Remember When

Winna Efendi
260 Halaman
GagasMedia, Maret 2011
Rp. 43.000,-

Apa pun yang kau katakan, bagaimanapun kau menolaknya, cinta akan tetap berada di sana, menunggumu mengakui keberadaannya. 

Bagi kita, senja selalu sempurna; bukankah sia-sia jika menggenapkan warnanya? Seperti kisahmu, kau dan dia, juga kisahku, aku dan lelakiku. Tak ada bagian yang perlu kita ubah. Tak ada sela yang harus kita isi. Bukankah takdir kita sudah jelas? 

Lalu, saat kau berkata, "Aku mencintaimu", aku merasa senja tak lagi membawa cerita bahagia. Mungkinkah kata-katamu itu ambigu? Atau, aku saja yang menganggapnya terlalu saru? 

"Aku mencintaimu," katamu. Mengertikah kau apa artinya? Mengertikah kau kalau kita tak pernah bisa berada dalam cerita yang sama, dengan senja yang sewarna? 
Takdir kita sudah jelas. Kau, aku, tahu itu.

Ada beberapa dorongan yang membuatku memutuskan untuk membaca Remember When. Satu, novel yang dulu terbit dengan judul Kenangan Abu-Abu ini diangkat ke layar lebar, mengikuti jejak Refrain dan akan disusul oleh Melbourne: Rewind tahun depan. Sudah jadi kebiasaanku untuk membaca novel yang akan atau sudah difilmkan. Karena, entah kenapa, novel itu jadi terlihat menarik dan menggoda. Dua, aku mengikuti Winna Efendi’s Books Reading Challenge. Novel ini tentunya harus dibaca untuk memenuhi tantangan tersebut. Sambil menyelam, minum air, hehehe. Now, let’s review it :)

Freya dan Anggia bersahabat sejak kelas 1 SMA dan berpacaran dengan sepasang sahabat, Moses dan Adrian. Mereka berempat jadi berteman satu sama lain dan sering melewatkan waktu bersama. Hubungan mereka masing-masing sudah berlangsung selama dua tahun. Anggia dan Adrian masih menjadi pasangan favorit karena keduanya mempunyai fisik menarik dan sama-sama populer di sekolah. Sedangkan Freya mulai merasa jenuh dengan Moses yang berputar pada hal itu-itu saja. Dia agak iri dengan hubungan Anggia dan Adrian yang naik turun dan terlihat lebih berwarna.

Suatu hari, Adrian mendapatkan kabar buruk tentang keluarganya. Anggia sedang mengikuti kegiataan OSIS di luar kota bersama Moses sehingga tidak langsung datang. Dia meminta Freya untuk menemani Adrian untuk sementara. Freya memenuhinya dan menemukan dirinya mempunyai banyak kesamaan dengan Adrian. Hari-hari berikutnya dia tidak bisa menahan diri untuk tidak mencuri pandang kepadanya. Adrian, yang masih merasa sedih dan terluka, mulai menjauh dari Anggia dan merasakan kenyamanan dari Freya.

"Kita jadi takut merasakan bahagia karena kalau terlalu bahagia, suatu saat semua itu bisa hilang dan menjadikan kita hampa."

Aku tak percaya Remember When ini adalah novel pertama Winna Efendi. Karena aku bisa merasakan betul gaya menulis Winna yang begitu mengalir, pas dan bikin aku mikir, ‘ini Winna banget’. Ceritanya sih sederhana, jatuh cinta kepada pacar sahabat, tapi ceritanya tetap menarik, tak tertebak, dan ‘dalem’ banget. Oh, iya, ada beberapa hal yang dilakukan para karakter yang khas banget dengan perilaku remaja yang mudah penasaran, seperti merokok dan kegiatan seks. Tapi aku nggak merasa semuanya berlebihan dan terlihat menurunkan nilai para karakter. Aku melihatnya sebagai sesuatu yang realitis dan apa adanya. Aku malah jadi kagum banget dengan cara penyampaiannya. Wow!

Walaupun begitu, aku agak kurang suka dengan POV-nya yang terlalu banyak. Memang sih bikin aku tau setiap peristiwa dan pikiran setiap karakter dan bikin super greget. Tapi semua itu bikin ceritanya punya terlalu banyak informasi yang tidak terlalu penting dan tambah bikin galau hihihi. Penjelasan tentang latar belakang setiap karakter juga munculnya di bagian tengah, tidak di bagian awal. Jadi aku berusaha memahami karakter itu sekali lagi dan mengubah presepsi awalku sebelumnya.

At last, Remember When ini sebuah debut yang mengagumkan dari Winna Efendi. Novel ini punya cerita yang menarik dan patut dibaca. Komplainku itu atas sepertinya semata-mata karena novel ini bikin aku galau and I hate it hehehehe. Jangan lupa nonton film adaptasinya tanggal 16 Oktober nanti, ya. Recommended! :D

1 comment:

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...