The Hunger Games: Mockingjay Part 1

by - 9:51 PM

Genre:
Drama/Action
Director:
Francis Lawrence
Cast:
Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Woody Harrelson, Elizabeth Banks, Julianne Moore, Philip Seymour Hoffman, Stanley Tucci, Donald Sutherland, Natalie Dorner, Sam Claflin dan Jena Malone


Setelah diselamatkan oleh, Katniss Everdeen, beberapa peserta dan sebagian warga Distrik 12 menyesuaikan diri dengan kehidupan di Distrik 13 yang berada di bawah tanah. Oleh Presiden Distrik 13, Alma Coin, Katniss diminta untuk menjadi lambang pemberontakan mereka. Katniss tidak setuju sebelum dia melihat Peeta diwawancarai di Capitol TV. Setiap wawancara, Peeta terlihat semakin kurus dan tersiksa. Tim khusus lalu dipersiapkan untuk merekam aksi Katniss sebagai Mockingjay. Dia mengunjungi Distrik-Distrik yang hancur dan kacau, merekamnya sebagai propaganda kemudian disisipkan di acara Capitol TV untuk membalas program Peeta.



Walaupun pemberontakan Katniss dan Distrik 13 di The Hunger Games: Mockingjay Part 1 ini sangat menarik, aku merasa secara keseluruhan ceritanya tidak ada puncak konflik alias agak datar gitu. Kalau saja ceritanya tidak dibagi menjadi dua film, mungkin tidak akan seperti itu. Film ini jadi terasa sebagai ‘pemanasan’. Di sisi lain, film ini mengekplorasi detail kehidupan baru Katniss dan orang terdekatnya di Distrik 13 dengan cukup baik. Di bagian akhirnya, aku sedikit tertipu saat layar tiba-tiba gelap. Aku kira itu akhir filmnya, yang aku pikir bagus karena sangat ngegantung dan bikin penasaran. Tapi ternyata ada adegan lagi -.-


Untuk bagian tokoh-tokohnya, aku menyesalkan kekosongan suara Katniss sebagai narator. Selama nonton film adaptasi seri The Hunger Games, aku selalu merasa berjarak dengan Katniss. Kalau saja dia menarasikan keadaan dan hal-hal lainnya, aku rasa penonton akan lebih bisa simpati dan dekat dengannya. Tapi saat Katniss berkunjung ke Distrik-Distrik, sedikit bertarung dan memberikan pidato singkat di depan kobaran api, aku tergugah dan agak berkaca-kaca. Gilaaaa! Untuk Peeta yang diperankan oleh Josh Hutcherson, penampilannya hanya sedikit di sini. Jadi aku nggak bisa komentar banyak selain betapa miripnya penampilan dia dengan vampir. Make up artist-nya oke! Tokoh dan aktris yang menarik perhatianku malah Natalie Dorner yang berperan sebagai Cressida yang lengkap dengan tato uniknya dan Jena Malone sebagai Johanna yang muncul di bagian akhir.

Book vs Movie
Aku tidak terlalu suka dengan buku ketiga dari seri The Hunger Games ini. Jadi banyak bagian yang aku lupakan dan aku tidak terlalu komplen dengan visualnya di film adaptasinya. Hanya saja aku membayangkan Distrik 13 itu sangat mengerikan dan serba terbatas, tidak seperti gambaran di filmnya yang bersih, rapi dan lapang. Hanya itu saja sih yang aku ingat dari bukunya. Mungkin di film keduanya nanti aku bisa lebih banyak ‘protes’ ;p


At last, abaikan saja kedataran konflik The Hunger Games: Mockingjay Part 1 dan nikmati saja Distrik 13 dan anggap sebagai sebuah persiapan untuk berperang di film keduanya nanti. Oh, my favorite scene? Katniss syuting untuk ‘iklan’ perjuangan melawan Capitol. Hasilnya jadi mirip video game ;p

You May Also Like

0 comment(s)

Thanks for leave your comment :D