MY LATEST VIDEO ON YOUTUBE



Read the story of this booktuber here ;D

Tuesday, September 29, 2015

Fallen – Terkutuk

Lauren Kate
440 Halaman
PT. Gramedia Pustaka Utama, Juli 2011
Rp. 60.000,-

Entah mengapa, Luce Price merasa pernah sangat mengenal Daniel Grigori.

Cowok misterius dan dingin itu menarik perhatian Luce begitu mereka bertemu pada hari pertama di sekolah berasrama Sword & Cross. Di tempat yang melarang ponsel, dihuni anak-anak bermasalah, dan penuh kamera pengawas tersebut, rasanya cuma cowok itu yang menyenangkan.

Tetapi, Daniel tidak mau berurusan dengan Luce – ia terang-terangan menunjukkan keengganannya. Sementara Luce tertarik padanya bagai ngengat terhadap api. Ia merasa harus tahu apa yang begitu ingin dirahasiakan Daniel … meskipun dengan taruhan nyawa.

Aku sudah lama tertarik untuk membaca Fallen – Terkutuk. Lihat cover-nya yang cantik itu. Lalu pengangkatan cerita tersebut ke layar lebar makin membuatku penasaran dengan ceritanya. Well, film adaptasinya ternyata diundur sampai tahun depan. Kecewa sih, tapi jadi tersedia banyak waktu untuk melupakan cerita di buku dan lebih fokus ke cerita di filmnya nanti. Now, let’s review it! :D

"Percayalah padaku jika aku memberitahumu bahwa jatuh cinta pada Daniel adalah ide yang sangat, sangat buruk." – halaman 100

Semenjak kecil, Lucinda ‘Luce’ Price bisa melihat bayangan-bayangan misterius di sekitarnya. Tidak jelas apa atau kenapa bayangan itu ada di dekatnya. Tetapi bayangan itu membuatnya cemas. Lalu kejadian mengerikan terjadi saat dia sedang bersama teman laki-laki. Kejadian itu membuatnya diinterogasi polisi, diberi obat-obatan, dan akhirnya pindah sekolah. Sekolah barunya, Sword & Cross, adalah sekolah berasrama untuk remaja nakal. Berbagai larangan diberlakukan, kamera pengintai dipasang di mana-mana, dan siswa paling bermasalah memakai gelang khusus. Luce masih bisa melihat bayangan-bayangan itu. Tetapi dia masih punya banyak hal untuk dihadapi di hari pertamanya. Dari bertemu siswa baru lain, Gabrielle ‘Gabbe’ Givens, Cameron ‘Cam’ Briel, dan Todd Hammond, mendapat tur singkat dari Arriane Alter, dan bertemu Daniel Grigori yang begitu familiar.

Luce tidak bisa berhenti memikirkan pemuda itu. Dia mencoba menanyakannya langsung kepada Daniel dan langsung mendapatkan jawaban menyakitkan. Dia tidak menyerah sampai sana. Dibantu oleh Penn yang biasa mengurus administrasi sekolah, Luce mencari tahu riwayat kehidupan Daniel.  Di sisi lain, Cam menarik perhatian Luce juga. Laki-laki itu lebih ramah dan lembut dari Daniel. Dia mengundang Luce datang ke pesta di kamarnya. Luce memenuhinya dengan pikiran akan bertemu Daniel. Di sana dia memang bertemu Daniel. Namun pemuda itu menyelinap pergi dan berbicara empat mata dengan Gabbe. Luce tak menyangka anak baru itu punya hubungan istimewa dengan Daniel.

"Cowok itu sangat hangat sekaligus dingin. Mungkin Daniel juga punya perasaan yang sama terhadapnya – walaupun, jika didesak, Luce akan berkeras bahwa sikap aneh Luce hanyalah balasan sikap aneh Daniel." – halaman 280

Cerita dalam Fallen – Terkutuk begitu membosankan di awal tapi penuh twist yang mengejutkan di akhir. Dari total 400 halaman, 300 halaman pertama diisi dengan proses adaptasi Luce di Sword & Cross dan obsesi tanpa alasannya kepada Daniel. Semuanya dibahas dari bangun, makan, kelas-kelasnya, pesta dan kegiatan lainnya sehingga cerita bergerak begitu lambat. Di halaman 180an, Luce akhirnya sampai di akhir pekan, minggu pertamanya di sana. Tidak bisa kupercaya! Tapi aku berhasil bertahan ke bagian yang cukup seru karena kehidupan baru Luce ini cukup menarik. Sisi gelap Sword & Cross  membawa suasana tersendiri. Lalu aku terlanjur penasaran dengan sikap dan ucapan ganjil para siswa dan fakta bahwa nama tokoh yang misterius itu adalah Daniel. Ckck, obsesi baruku yang aneh. Mungkin aku sama seperti Luce :p

Di 100 halaman terakhir, berbagai penjelasan dan kejadian seru akhirnya muncul. Petunjuk-petunjuk ganjil di 300 halaman sebelumnya jadi masuk akal dan menghasilkan twist yang tak terduga. Tapi ada jawaban sudah aku ketahui cukup lama, bahkan tanpa harus baca ratusan halaman. Latar belakang Daniel yang memusingkan itu ada di sinopsis buku versi bahasa Inggris. Bingung jadinya. Kalau informasi itu begitu penting, kenapa hal itu bisa ditulis begitu gampang di sinopsis? Kalau pun hal itu tidak benar-benar jadi spoiler karena banyak hal lain yang tersembunyi, kenapa tidak dibuka di pertengahan cerita?

Pertanyaan-pertanyaan lain juga muncul, bahkan setelah Daniel mengungkapkan banyak hal tentang dirinya dan rasa familiar yang selalu Luce rasakan. Kenapa mereka dikutuk? Bagaimana kutukan itu bekerja? Kenapa Daniel dan orang-orang lain sepertinya bisa berkumpul di satu tempat? Saat Luce datang, kenapa mereka tidak melakukan sesuatu padahal mereka bisa memprediksi apa yang akan terjadi? Dan banyak hal lainnya. Namun, aku tetap senang dengan bagian akhir itu. Kejadiannya memang muncul bersamaan dan berakhir begitu cepat. Tapi semuanya di luar dugaanku. Semua itu membayar rasa lelahku setelah mengikuti ketidakjelasan di 300 halaman pertama.

Book vs Movie Adaptation

Berita novel ini diangkat ke layar lebar sudah aku dengar dari akhir 2014. Saat itu wajar saja jika jadwal tayangnya masih belum pasti. Tapi 2015 berjalan begitu cepat dan masih belum ada kabar terbaru selain foto ketiga tokoh utama dalam pakaian serba hitam. Di halaman Wikipedianya, filmnya dijadwalkan untuk musim gugur. Kemudian saat musim gugur itu datang, belum ada kejelasan lagi dan tertuliskan filmnya didorong ke tahun 2016. Semoga tahun depan semuanya lebih jelas. Aku penasaran dengan cara film mengvisualisasikan 300 halaman yang ‘kosong’ itu.

At last, Fallen – Terkutuk menampilkan cerita cinta segitiga dengan aura yang sedikit berbeda dan tokoh-tokoh yang misterius tapi menggoda. Bagian awalnya memang tidak terjadi apa-apa, tapi rentetan kejutan di bagian akhir dijamin akan memuaskan rasa ingin tahumu yang sudah tertumpuk dari halaman pertama. Banyak pertanyaan yang terjawab dan lebih banyak lagi pertanyaan muncul. Aku harus cepat-cepat baca sekuelnya, Torment, dan berharap film adaptasinya cepat mendapat jadwal pasti ;)

No comments:

Post a Comment

Thanks for leave your comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...