3 Kegiatan Buat Kamu Yang Nggak Bisa Ke Big Bad Wolf Jakarta 2020

by - 2:28 PM


Big Bad Wolf atau BBW adalah bazzar buku import dari Malaysia. Nawarin diskon 60% - 80%, berlangsung 11 hari, buka 24 jam! Selain buku import, biasanya buku bahasa Indonesia juga dijual di sana karena ada sponsor penerbit Indonesia. 

BBW pertama di taun 2020 ini diadain di Jakarta alias ICE BSD, Tangerang dari 6 – 16 Maret 2020. Ah~ pengen banget ke BBW lagi tapi nggak bisa kalo bulan ini. Kamu juga mungkin begitu. Tenang, aku punya 3 kegiatan biar nggak ngerasa ketinggalan acara BBW ini.

#1 – PAKE JASTIP

Jastip atau Jasa Titip udah jadi hal umum di Big Bad Wolf atau bazzar lainnya. Intinya kamu minta seseorang untuk nyariin dan beliin suatu barang, di sini barangnya itu buku, dan kamu ngasih fee buat jasanya itu.

Fee-nya biasanya mulai 5-7 ribu per buku. Ada juga yang ngitung dari seberapa tebal atau mahal buku yang kamu pesan. Sebelum atau pas pesen, kamu perlu deposit sejumlah uang dulu. Kamu tinggal transfer lagi kalo harga bukunya lebih dari deposit atau dikembalikan jika ada sisa atau buku yang kamu cari nggak ketemu. Deposit ini juga untuk ngeliatin seberapa serius kamu mesen dan ngehindari pemesan yang hit and run. 

Di Instagram banyak banget yang akun khusus jastip BBW, bahkan sampe diiklan. Aku udah dapet iklan jastip BBW 2-3 kali gitu di ig story. 

Walaupun ada fee-nya dan ongkir, yang bisa cukup lumayan kalo kamu pesen banyak buku, kata aku sih pake jastip lebih murah daripada dateng langsung. Muterin gedung dan nyari buku sendiri itu capek banget.

Tapi inget, tetep selektif dan hati-hati ya milih mau pake jastip yang mana pun. 

#2 – DATENG KE BAZZAR BUKU DI KOTA KAMU

Selain BBW, masih banyak acara bazzar buku, book sale, cuci gudang, dan pameran buku lainnya. Mungkin bukunya bukan buku import, tapi sama-sama murah, deket pula. 

Kalo di Bandung, ada acara Jajan Buku Sawaregna (JBS) Togamas yang berlangsung online dan offline, Buka Gudang Gramedia Merdeka, terus April nanti ada Liga Buku Bandung. 

Kalau bazzar di kota lain, aku kurang tau tuh. Kamu mungkin bisa cek sosmed penerbit atau Gramedia di kota kamu untuk nyari tau ada atau bakal ada bazzar gak di kota kamu. 

#3 – BACA BUKU TBR DULU

Ada berapa banyak buku yang kamu beli tapi belum dibaca sampe sekarang?

Aku bukannya ngelarang kamu beli buku baru. Aku juga suka dan tetep beli buku baru padahal ada sekitar 80 buku yang belum dibaca di rak buku ini. Banyak yang masih diplastikin malah.

Daripada beli buku baru dan ujung-ujungnya numpuk lagi, gimana kalo kamu baca dulu buku yang udah kamu beli? 

Soalnya kadang alasan kamu beli buku di bazzar buku murah kayak BBW ini bukan karena kamu butuh atau memang pengen baca buku tersebut. Tapi lebih kebawa euforia bazzar. Orang lain beli, kamu jadi ikutan beli. Orang lain beli puluhan buku, kamu jadi kalap.

Aku ngalamin itu pas dateng ke BBW Jakarta 2018, BBW pertama aku! Aku mikir, aku udah jauh-jauh nih dateng dari luar kota, tapi masa sih nggak beli apa-apa? Jadilah aku beli buku-buku yang nama penulisnya aku belum pernah denger sebelumnya. 

Eh, untuk yang udah sering ke BBW, ada tips khusus buat kamu, yaitu . . .

#3.5 – BACA BUKU YANG DIBELI DI BBW SEBELUMNYA

Aku bahkan punya baris khusus untuk buku-buku yang kubeli di BBW. Sebagian besar belum dibaca. Kayaknya kamu dan pengunjung BBW yang lain juga. Jadi, mari baca yang ini dulu.


Big Bad Wolf ini emang sangat menggoda buat kamu yang koleksi atau nyari buku import murah. Kecewa juga pastinya kalo nggak bisa atau belum bisa dateng kali ini. Tapi percayalah, bazzar buku di Indonesia itu buaanyak banget dan semoga BBW ngadain di kota-kota lain, selain Jakarta.

Sejauh ini, BBW diadain di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, disusul kota-kota seperti Bandung, Balikpapan, dan lainnya. Aku pasti koar-koar kalo ada infonya. 

Buat yang bakal dateng langsung, selamat bersenang-senang. Semoga dapetin buku-buku yang kalian pengen. Jangan kalap, oke? :D

You May Also Like

0 comment(s)

Thanks for leave your comment :D