Self Reading Challenge – Books to Movies 2014

by - 7:20 PM

Aku lupa sejak kapan aku punya kebiasaan dan ketertarikan ini, yang jelas buku yang diadaptasi ke layar lebar selalu ‘bersinar’ lebih terang di mataku. Begitu pula yang terjadi pada film adaptasinya. Tidak peduli novel atau filmnya lebih dulu, aku akan mengusahakan diri untuk bisa menikmatinya. Dan seperti yang sudah diketahui secara umum, perdebatan buku dan film adaptasinya selalu muncul. Aku seringkali kecewa saat melihat isi film adaptasi itu tidak sesuai ‘dengan imajinasiku’ saat membaca bukunya. Tapi tak jarang juga, aku menikmati filmnya dan kurang suka dengan bukunya. Yang mengejutkan, aku bisa menyukai cerita di buku dan filmnya dan tidak mengacuhkan segala perbedaan yang ada. Makanya, setiap ada kabar buku diadaptasi ke film, aku berusaha berpikir positif dan optimis. Aku juga tidak menyerah untuk mencoba membaca dan menontonnya.

Sepanjang tahun 2014 ini, banyak judul film adaptasi tayang, baik dari dalam dan luar negeri. Ini tentunya sangat menarik buatku. Sehingga aku memacu diri untuk membaca dan menonton filmnya. Lalu aku sadar kebiasaan ini punya semacam pola atau kategori yang terbagi tiga. Satu, aku sudah baca bukunya minimal setahun sebelum filmnya tayang. Dua, aku membaca dan menonton filmnya/menonton film dan membaca bukunya di tahun yang sama. Tiga, aku menonton filmnya minimal setahun sebelum aku akhirnya membaca bukunya. Kemudian aku menjadikan ini sebagai reading challenge yang aku berikan untuk diriku sendiri. Kusebut sebagai ‘self reading challenge’ (semoga nama ini make sense dan artinya sesuai dengan apa yang kumaksud, ya). Nah, berikut adalah laporannya yang disertai pendapat pribadiku. Kalian bisa klik tulisan ‘read’ atau ‘watched’ untuk menuju review post-nya :D

1. Read the Books then Watched the Movies

- Divergent
Read in May 2013 | Watched in March 2014
And I prefer . . the book!

- Marmut Merah Jambu
Read in June 2011 | Watched in May 2014
And I prefer . . the book!

- The Fault in Our Stars
Read in July 2013 | Watched in June 2014
And I prefer . . both!

- The Great Gatsby
Read in August 2012 | Watched in September 2014
And I prefer . . the movie!

- The Hunger Games: Mockingjay
Read in January 2013 | Watched in November 2014 (Part I)
And I prefer . . err, I dunno.

2. Read and Watched Them in Same Year

- Vampire Academy
Watched in February 2014 | Read in February 2014
And I prefer . . the movie!

- You Are the Apple of My Eye
Watched in March 2014 | Read in March 2014
And I prefer . . the movie!

- 3600 Detik
Watched in April 2014 | Read in April 2014
And I prefer . . err, I dunno.

- The Lucky One
Watched in July 2014 | Read in July 2014
And I prefer . . the book!

- The Last Song
Watched in July 2014 | Read in August 2014
And I prefer . . the book!

- The Maze Runner
Watched in September 2014 | Read in September 2014
And I prefer . . both!

- Remember When
Read in September 2014 | Watched in October 2014
And I prefer . . the book!

- The Best of Me
Read in October 2014 | Watched in October 2014
And I prefer . . err, I dunno.

3. Watched the Movies then Read the Books

- One for the Money
Watched in 2012 | Re-watched in August 2014 | Read in August 2014
And I prefer . . the book!

- The Notebook
Watched in 2008 | Re-watched in October 2014 | Read in October 2014
And I prefer . . the movie!

Karena namanya self reading challenge, aku tidak memaksakan diri untuk mencapai jumlah target tertentu. Aku ingin menikmatinya sebagai kebiasaan saja. Aku tidak mau merasa terbebani seperti saat aku berusaha menyelesaikan reading challenge biasa. Aku ingin terus bersemangat setiap mendengar kabar buku-buku tertentu diangkat ke layar lebar dan saat film tersebut akhirnya tayang di bioskop Indonesia (atau muncul di forum internet, hehehe) ;p Di tahun 2015 mendatang, sudah banyak buku dan film adaptasi yang aku incar, seperti Fifty Shades of Grey, Insurgent, Paper Towns, The Scorch Trials, dan Mockingjay Part II. Nanti aku bikin video khusus di channel Youtube-ku di sini.

Untuk kalian yang punya kebiasaan sepertiku, membaca buku dan menonton film adaptasinya, gimana pendapat kalian dengan buku dan film yang kalian nikmati tahun 2014 ini? Tulis di kotak komentar di bawah, ya. Untuk yang hanya baca buku atau menonton film, coba menikmati cerita tersebut di media yang lain. Rasakan sensasi di mana kalian tahu persis apa yang akan terjadi sekaligus dikejutkan dengan ‘imajinasi’ sang sutradara filmnya, hahahaha. Good day, y’all :D

You May Also Like

0 comment(s)

Thanks for leave your comment :D